Produk yang Cocok untuk Blast Marketing

Sociomation


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Blast Marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Blast Marketing. Shutterstock.

"Produk yang cocok untuk blast marketing adalah produk yang dapat dijual dalam jumlah besar dan memerlukan sedikit penjelasan atau edukasi bagi konsumen"

Blast marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan iklan secara massal ke sejumlah besar calon konsumen dalam waktu yang relatif singkat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan secara cepat. Produk yang cocok untuk blast marketing adalah produk yang dapat dijual dalam jumlah besar dan memerlukan sedikit penjelasan atau edukasi bagi konsumen. Dalam artikel berikut, Ivosights akan mengajak Anda untuk mengenal produk-produk apa saja yang cocok menggunakan blast marketing sebagai strategi pemasaran.

Pentingnya Memilih Produk yang Cocok untuk Blast Marketing

Pentingnya memilih produk yang cocok untuk blast marketing adalah untuk memastikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan dapat mencapai target pasar dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Blast marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan iklan secara massal ke sejumlah besar calon konsumen dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, produk yang cocok untuk strategi blast marketing biasanya tidak memerlukan penjelasan atau edukasi yang rumit sehingga dapat dengan mudah diterima oleh konsumen.

Dalam memilih produk yang cocok untuk blast marketing, Anda perlu mempertimbangkan karakteristik produk dan pasar yang dituju. Produk yang cocok biasanya memiliki target pasar yang luas dan mudah dipahami oleh konsumen, serta memiliki daya tarik visual yang kuat. Dengan demikian, pesan iklan dapat menarik perhatian pelanggan potensial dan meningkatkan minat untuk membeli produk.

Jika Anda memilih produk yang kurang cocok untuk blast marketing, strategi pemasaran yang dilakukan mungkin tidak efektif dan tidak mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih produk yang sesuai dengan karakteristik blast marketing agar strategi pemasaran  dapat sukses dan berkelanjutan.

Baca Juga: Blasting: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Produk yang Cocok Untuk Blast Marketing

Beberapa jenis produk yang cocok untuk blast marketing dan alasannya antara lain:

  1. Makanan Ringan - Makanan ringan seperti keripik, coklat, atau permen adalah produk yang mudah dibeli secara impulsif dan tidak memerlukan penjelasan atau edukasi khusus untuk dikonsumsi.
  2. Minuman - Minuman seperti air mineral, teh, atau minuman bersoda adalah produk yang umum dan dapat menarik perhatian dengan mudah karena daya tarik visual yang kuat.
  3. Produk Kecantikan - Produk kecantikan seperti lipstik, maskara, atau sabun mandi adalah produk yang mudah dipahami dan mempunyai banyak konsumen.
  4. Produk Kesehatan - Produk kesehatan seperti vitamin, suplemen, atau obat-obatan ringan adalah produk yang dapat dibeli secara impulsif dan memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan dengan cepat.

Alasan mengapa produk-produk diatas cocok untuk blast marketing adalah karena mereka dapat menarik perhatian pelanggan potensial dengan mudah dan dapat dibeli secara impulsif atau spontan. Namun, perlu diingat bahwa blast marketing harus diikuti dengan strategi pemasaran yang lebih terfokus dan berkelanjutan untuk membangun dan mempertahankan brand awareness yang kuat serta membangun kepercayaan konsumen.

Sebab, blast marketing tidak selalu menjadi strategi pemasaran yang paling efektif dalam jangka panjang. Blast marketing lebih cocok sebagai strategi pendukung untuk meningkatkan penjualan dengan cepat, namun strategi pemasaran yang lebih terfokus dan berkelanjutan akan lebih efektif dalam jangka panjang. Produk-produk yang telah dipromosikan melalui blast marketing perlu diikuti dengan strategi pemasaran yang lebih terfokus dan berkelanjutan untuk membangun dan mempertahankan brand awareness yang kuat serta membangun kepercayaan konsumen.

Dalam rangka menjalankan strategi blast marketing, Anda dapat memanfaatkan berbagai media seperti iklan TV, iklan radio, iklan digital, email marketing, atau influencer. Sebelum meluncurkan kampanye blast marketing, Anda perlu memahami target pasar bisnis Anda dan menentukan pesan iklan yang tepat agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh konsumen.

Baca Juga: Ini Cara Melakukan Blasting yang Efektif, Anti Spam! Wajib Tahu!

Ingin Menerapkan Blast Marketing di Bisnis Anda?

Ayo mulai kelola dan manfaatkan database pelanggan dengan platform pengiriman pesan secara otomatis, berbasis skenario multi-channel pertama di Indonesia dari Ivosights. Melalui platform Sociomation, Anda dapat melakukan re-engage database pelanggan, ini membantu Anda mendapatkan kembali prospek potensial penjualan dari pelanggan lama. Karena Anda sudah mengetahui apa yang mereka minati, ini memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi komunikasi dengan pelanggan sehingga mereka merasa dihargai.

Melalui Sociomation dari Ivosights, Anda dapat mengirim pesan otomatis ke database pelanggan, berbasis skenario pengiriman. Anda dapat merancang skenario pengiriman pesan dengan menentukan alur kanal pengiriman pesan yang akan digunakan, serta kustomisasi pesan ke pelanggan. Lakukan perancangan skenario dengan mudah dan jalankan skenario kapan saja.

Sociomation akan memastikan pesan terkirim ke pelanggan melalui berbagai percobaan kanal pengiriman otomatis seperti yang telah diskenariokan sebelumnya. Beragam kanal pengiriman pesan diantaranya, Email, SMS, Twitter, Telegram, dan WhatsApp.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami