Bagaimana Cara Memilih CRM untuk Bisnis? Ini Tipsnya

Sociomile | Kamis, 01 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

Customer merupakan pihak penting dalam proses bisnis. Membuat hubungan baik dengan customer merupakan hal wajib bagi siapapun yang punya suatu bisnis. Di era marketing online seperti sekarang, salah satu caranya adalah dengan menggunakan strategi customer relationship management. Seperti namanya, Customer Relationship Management (CRM) adalah kegiatan yang bertujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan dalam suatu bisnis.

CRM amat penting bagi bisnis sebab menjadi strategi untuk membuat pelanggan agar membeli produk kembali, serta meningkatkan loyalitas mereka. Seperti yang kita ketahui, ketika membicarakan bisnis, terdapat istilah “Customer is a King”. Maka penting untuk membuat mereka loyal akan brand yang kita punya. Salah satu strategi melakukannya adalah dengan memanfaatkan Customer Relationship Management atau lebih umum dikenal dengan CRM.

Ada banyak tools/software milik pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan CRM. Namun, terkadang sulit bagi suatu perusahaan untuk memilih tools CRM yang pas dengan bisnis mereka. Artikel ini akan membahas tips memilih tools/software CRM. Berikut adalah 6 hal diantaranya. Simak terus artikel ini yah.

#1 Tentukan Goal Anda

Tips memilih CRM yang pertama adalah menentukan goal. Ini adalah hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tools CRM. Amat penting untuk Anda tahu apa tujuan yang ingin diselesaikan sebelum memilih tools CRM. Memang, mengindentifikasi tujuan dalam bisnis bisa sangat rumit dan melelahkan, sebab ada banyak hal yang perlu diselesaikan.

Meski begitu, mengetahui apa tujuanmu bisa memudahkanmu memilih CRM. Pilihlah tools/softwre yang memiliki fitur-fitur yang relevan dengan goalmu. Tujuan dalam bisnis misalnya, apakah untuk meningkatkan profit, menarik leads, atau membangun komunikasi dengan pelanggan. Tentukan tujuanmu dahulu.

#2 Pahami Soal Implementasi

Pilihlah layanan CRM yang memiliki fitur-fitur lengkap namun mudah untuk dipahami. Seperti yang punya tampilan user interface yang jelas dan tidak membingunkan, atau yang mempunyai dashboard interaktif. Penting untuk memilih CRM yang mempunyai tools yang bisa diakses lewat berbagai device, baik itu komputer, PC, hingga HP.

Mengetahui bahwa saat ini orang lebih banyak mencari sesuatu dalam internet melalui smartphone, penting untuk tools CRM agar mobile friendly. Ini adalah tips memilih CRM kedua.

#3 Pikirkan Soal Adaptasi

Ketika menggunakan suatu tools baru, setiap orang pasti membutuhkan adaptasi. Ini adalah faktor ketiga yang penting untuk Anda pertimbangkan. Ketahui bahwa anggota team sales yang anda miliki mungkin akan membutuhkan waktu untuk mempelajari berbagai tools/fitur dari CRM yang Anda pilih. Perhatikan juga kemungkinan lain yang bisa terjadi, misalnya Anda mungkin perlu untuk mengundang orang luar untuk memberikan pembelajaran tentang cara menggunakan software/tools CRM.

#4 Lakukan Uji Coba

Mayoritas layanan CRM memiliki demo yang bisa Anda coba. Demo menjadi pertimbangan keempat sekaligus hal yang wajib Anda coba. Manfatkan kesempatan ini untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing layanan CRM.

Pelajarilah dengan detail fitur-fiturnya. Fitur-fitur yang umum dimiliki oleh software CRM antara lain adalah mengirim email otomatis, tracking leads, lead management, hingga reporting & analysis. Cobalah diskusikan dengan kolega apakah software CRM ini sesuai dengan yang dibutuhkan suatu bisnis atau perusahaan. Melakukan demo juga akan memberikan Anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan sebuah tools/software CRM dengan yang lainnya.

#5 Kompatibel dengan Software Lain yang Kamu Gunakan

Tips memilih CRM yang keempat adalah melakukan uji coba. Ini adalah poin yang perlu dipertimbangkan selanjutnya ketika memilih tools CRM. Untuk yang bergerak di bidang digital marketing, penting untuk memilih tools CRM yang sudah terdapat fitur integrasi semua channel marketing. Fitur ini memungkinkan kita untuk menghandle bermacam-macam kegiatan sosial media lewat satu aplikasi.

#6 Fitur Reporting

Yang terakhir adalah fitur reporting. Reporting mampu menunjukan kepada Anda mana saja area dalam camapaign, atau strategi CRM yang membeutuhkan peningkatan dan yang sudah bagus. Anda mungkin berpikir bila strategi yang digunakan sudah efektif dan maksmimal, namun data menunjukan kenyataan sebaliknya. Itulah penting mempunya software/tools yang memiliki fitur reporting yang baik dan mudah dipahami.

Setelah mengetahui tips memilih tools CRM, saatnya Anda untuk menentukan pilihan. Ivosight Sociomile merupakan layanan yang tepat bagi Anda yang ingin menggunakan CRM untuk meningkatkan bisnis. Sociomile merupakan sistem Contact Center untuk membantu brand dalam melakukan interaksi pelanggan dari beragam kanal secara efektif dan efisien tanpa perlu membuka platform berbeda satu persatu. Sociomile punya beberapa keunggulan menarik dibanding tools CRM lainnya, seperti workflow yang bisa dikustomisasi, baik dasboard, flow ticket, hingga reporting.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.