Pengertian B2B Telemarketing serta Fungsinya untuk Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 04 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock

"B2B Telemarketing adalah proses pemasaran untuk menjual produk atau layanan kepada sesama perusahaan."

Telemarketing merupakan proses penjualan atau promosi terhadap produk dan jasa yang perusahaan tawarkan kepada calon pelanggan yang memiliki potensi untuk menggunakan produk mereka. Dalam menghubungi calon pelanggan ini, biasanya terdapat daftar nama orang atau perusahaan yang mempunyai potensi untuk menjadi pelanggan tetap. Salah satu jenis dari telemarketing ini adalah B2B Telemarketing. Hadirnya B2B (Business to Business) ini memudahkan perusahaan Anda menghubungi perusahaan lain dalam menggunakan produk yang Anda tawarkan. Karena dalam menjalankan operasional perusahaan sehari-hari, tidak mungkin perusahan tersebut tidak menggunakan produk dan jasa dari perusahaan lain. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai B2B Telemarketing yang perlu kalian ketahui

Apa Itu B2B Telemarketing?

B2B telemarketing adalah proses pemasaran atau penjualan produk dan layanan yang dilakukan melalui panggilan telepon dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Tujuan utama dari B2B telemarketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, memperluas basis pelanggan, dan memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan potensial atau yang sudah ada. B2B telemarketing dapat melibatkan berbagai jenis panggilan, seperti panggilan pemasaran, panggilan penjualan, panggilan follow-up, dan panggilan layanan pelanggan.

Contoh dari penerapan B2B Telemarketing ini misalkan perusahaan ABCD menawarkan produk dan jasanya kepada perusahaan EFGH. perusahaan ABCD akan menghubungi perusahaan EFGH melalui telepon untuk memberikan product knowledge dan mempromosikan produk atau layanan yang mereka memiliki hingga mereka tertarik.

Baca Juga: Mengenal Telemarketing: Pengertian, Tujuan dan Peran

Dalam menerapkan jenis telemarketing ini, Anda harus memiliki target yang jelas dalam setiap promosi yang Anda tawarkan. Pastikan bahwa target perusahaan yang Anda tuju telah sesuai dengan rencana pemasaran yang telah tim Anda ciptakan.

B2B Marketing memiliki manfaat yaitu mampu mengetahui apakah prospek perusahaan yang Anda tuju sudah tepat atau belum. Selain itu B2B Telemarketing juga dapat menciptakan hubungan yang baik dengan klien sehingga goals dari B2B Telemarketing akan terbentuk.

Fungsi B2B Telemarketing

Dalam implementasinya untuk perusahaan, B2B Telemarketing memiliki fungsi sebagai berikut: 

  • Meningkatkan penjualan

B2B telemarketing mampu memberikan peningkatan penjualan terhadap bisnis perusahaan. Anda dapat menawarkan produk atau layanan secara khusus dan menawarkannya kepada pelanggan yang memiliki potensial

  • Membangun relasi dengan pebisnis lainnya

Dengan melakukan B2B telemarketing, Anda dapat membangun hubungan antar sesama penisnis dengan mudah. Sehingga hal ini mampu memperkuat kepercayaan dan loyalitas antar bisnis

  • Memperkenalkan produk dan layanan yang bisnis Anda miliki

B2b Telemarketing juga berguna untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon pelanggan potensial. Hal ini akan membuat product knowledge perusahaan Anda diketahui oleh perusahaan lain sehingga membuat mereka tertarik untuk menggunakan produk atau layanan Anda.

  • Meningkatkan efisiensi pemasaran produk

Dengan menerapkan B2B Telemarketing Anda dapat menghbungi pelanggan secara langsung tanpa harus bertemu langsung. Hal ini memberikan keuntungan berupa pengurangan terhadap biaya dan waktu yang dapat dialihkan untuk pekerjaan yang lebih penting.

Strategi Meningkatkan B2B Telemarketing

Agar B2B Marketing dapat berjalan secara optimal, perlu penerapan strategi yang tepat agar efisiensinya dapat terjamin. Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan: 

  • Menargetkan calon pelanggan secara tepat

Sebelum menghubungi perusahaan, ada baiknya Anda melakukan research terlebih dahulu terkait dengan profil, industri, dan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan agar target penawaran produk Anda memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut sehingga tepat sasaran.

  • Menciptakan skrip panggilan yang tepat dan efektif

Agar hasil panggilan telepon Anda dapat sesuai dengan harapan, buatlah skrip yang mampu membantu menjawab pertanyaan pelanggan Anda. Pastikan skrip yang Anda buat memuat informasi mengenai produk atau layanan beserta manfaatnya.

Baca Juga: 7 Strategi Telemarketing untuk Meningkatkan Penjualan

  • Melatih kemampuan komunikasi dan keterampilan bicara

Agar pelanggan potensial tertarik dengan penawaran Anda, pastikan untuk melatih kemampuan komunikasi Anda agar lebih percaya diri dalam menawarkan produk dan jasa. Pelajari berbagai metode komunikasi dengan klien sampai menemukan metode yang tepat. Ketahuilah target perusahaan yang Anda tuju sehingga nantinya Anda mampu menyesuaikan gaya bicara dengan baik.

  • Follow-Up calon pelanggan untuk menjaga komunikasi

Untuk menjaga potensial pelanggan produk yang Anda tawarkan, pastikan bahwa Anda melakukan follow up kepada perusahaan yang Anda tuju. Hal ini akan membuat Anda mengetahui seberapa besar minat mereka untuk menggunakan produk Anda. dalam tindakan follow up ini Anda juga harus memastikan bahwa waktu menelpon tidak mengganggu jam kerja dan dilakukan secara sopan.

Terapkan Sociomile dari Ivosights untuk Mengoptimalkan B2B Telemarketing Perusahaan Anda

Setelah membaca penjelasan mengenai B2B Telemarketing di atas, kini Anda telah mengetahui bagaimana fungsi dan strategi dari jenis telemarketing ini secara lebih dalam. Untuk mengoptimalkan B2B Telemarketing dalam perusahaan Anda, gunakanlah Sociomile dari Ivosights untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara maksimal. Penggunaan Sociomile mampu membuat perusahaan Anda berkomunikasi dengan pelanggan melalui satu dashboard yang sama dan tidak perlu menggunakan platform yang berbeda. Anda juga dapat mengkustomisasi sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami