Apa Itu Ocean Framework

Command Center Provider


Penulis : Administrator - Selasa, 27 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - OCEAN Framework. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - OCEAN Framework. Shutterstock.

"Ocean mewakili domain perilaku manusia yang luas dan menjelaskan perbedaan dalam kepribadian dan pengambilan keputusan."

Lima ciri kepribadian besar, sering disebut sebagai OCEAN, dan kadang-kadang CANOE, adalah: Keterbukaan, Kesadaran, Ekstroversi, Keramahan, dan Neurotisisme. Kelima sifat ini mewakili domain perilaku manusia yang luas dan menjelaskan perbedaan dalam kepribadian dan pengambilan keputusan.

Saat ini, model tersebut digunakan oleh praktisi SDM untuk mengevaluasi calon karyawan dan pemasar untuk memahami audiens produk mereka. Sejarah dan perkembangan sifat-sifat itu panjang dan bukannya tanpa tantangan yang berarti. Faktanya, upaya paling awal yang diketahui untuk membangun taksonomi perilaku manusia dimulai pada akhir 1800-an. Antara penyelidikan pertama dan 1940-an, taksonomi disempurnakan dari lebih dari 4.000 sifat menjadi 171 dan akhirnya 5.

Namun, wacana psikologis dan sosiologis selama dua dekade berikutnya akan mempertanyakan validitas setiap upaya untuk menghubungkan kepribadian dengan perilaku. Buku Personality and Assessment yang berpengaruh, yang ditulis oleh Walter Mischel, melangkah lebih jauh dengan menyarankan bahwa hanya ada korelasi 0,3 antara kepribadian dan perilaku. Mischel berpendapat bahwa variabel situasional memiliki dampak yang jauh lebih besar pada tindakan daripada pra-disposisi.

Pada 1990-an, telah diterima secara luas bahwa faktor situasional dan kepribadian memengaruhi perilaku saat ini. Baru-baru ini pada tahun 2016, penelitian dan penyempurnaan ocean framework telah berlangsung, menunjukkan betapa berpengaruhnya itu – bahkan hingga hari ini.

Apa Itu Ocean Framework?

Ocen Framework didasarkan pada teknologi mutakhir Microsoft. Melengkapi rangkaian fungsionalitas komprehensif yang ada, ocean framework memberi perusahaan kemampuan untuk menciptakan solusi khusus untuk memecahkan masalah kompleks dengan menerapkan plug-in perangkat lunak.

Developers dapat berfokus pada inovasi daripada infrastruktur, untuk menciptakan dan menerapkan kemampuan baru di seluruh spektrum disiplin E&P yang tak tertandingi. Apa yang dulunya membutuhkan waktu berbulan-bulan atau berminggu-minggu untuk berkembang, sekarang dapat memakan waktu hanya beberapa hari atau jam.

  • Openness To Experience. Kadang-kadang disebut intelek atau imajinasi, ini mewakili kemauan untuk mencoba hal-hal baru dan berpikir di luar kotak. Sifat termasuk wawasan, orisinalitas dan rasa ingin tahu.
  • Conscientiousness. Keinginan untuk berhati-hati, rajin dan mengatur kepuasan segera dengan disiplin diri. Sifat termasuk ambisi, disiplin, konsistensi dan keandalan.
  • Extroversion. Suatu keadaan di mana seorang individu menarik energi dari orang lain dan mencari koneksi atau interaksi sosial, sebagai lawan dari kesendirian (introversi). Ciri-cirinya termasuk ramah, energik, dan percaya diri.
  • Agreeableness Ukuran bagaimana seorang individu berinteraksi dengan orang lain, ditandai dengan tingkat kasih sayang dan kerjasama. Sifat termasuk kebijaksanaan, kebaikan dan kesetiaan.
  • Neuroticism. Kecenderungan ke arah sifat-sifat kepribadian negatif, ketidakstabilan emosional dan pemikiran yang merusak diri sendiri. Sifat termasuk pesimisme, kecemasan, rasa tidak aman dan ketakutan.

Untuk Apa Ocean Framework Ini?

Ocean framework paling baik dianggap sebagai serangkaian skala yang saling berhubungan. Setiap orang akan duduk di suatu tempat di setiap skala, tetapi tes yang menggunakan ocean framework bertujuan untuk menentukan sejauh mana seorang individu menunjukkan ciri-ciri yang tercakup oleh masing-masing domain.

Banyak organisasi menggunakan skor karyawan untuk menentukan kecocokan budaya, selain membangun tim yang memiliki ciri kepribadian yang serupa atau saling melengkapi. Beberapa bahkan mengambil langkah lebih jauh dengan memberikan ringkasan hasil dan saran kepada staf tentang cara terbaik untuk berkomunikasi dengan karyawan dengan tipe kepribadian yang berbeda.

Di luar departemen SDM, pemasar adalah pengguna ocean framework yang paling sering. Seringkali dikombinasikan dengan demografis atau faktor penargetan lainnya, model ini digunakan untuk membantu memahami audiens dan apa yang mungkin menarik bagi mereka berdasarkan kesamaan dalam profil kepribadian mereka.

Banyak yang telah ditulis tentang himpunan bagian dari tipe kepribadian yang dapat ditargetkan oleh pemasar, selain strategi untuk melakukannya.

Kesimpulan

Nah itulah ocean framework yang harus kamu ketahui. Pastinya dengan implementasi tersebut. Amda bisa lebih lancar dalam memilih SDM yang terpercaya dan terbaik untuk perusahaan Anda. Command Center dari Ivosights adalah salah satu tools yang dapat Anda gunakan untuk implementasi ocean framework. Karena dengan hal tersebut Anda juga akan mendapatkan keefektifan dalam mengelola SDM terbaik untuk perusahaan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami