Apa Itu Database Pelanggan dan Cara Mengelolanya

Sociomation


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Database. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Database. Shutterstock.

"Database pelanggan adalah kumpulan data yang berharga dari bisnis. Data ini dapat digunakan untuk menjalankan kampanye penjualan dan pemasaran"

Database pelanggan merupakan salah satu asset penting dalam bisnis, lho! Dengan database ini data yang tertera akan disusun secara rapih dan valid. Database pelanggan merupakan kumpulan informasi lengkap yang terdiri dari data pelanggan, dengan mencangkup nama lengkap, email, alamat, kontak dan masih banyak lagi yang disimpan dalam satu sistem atau media penyimpanan.

Database pelanggan ini bisa di definiskan sebagai kumpulan data yang sangat berharga dari bisnis Anda sehingga Anda bisa menggabungkan informasi penting untuk menjalankan kampanye penjualan dan pemasaran berbasis hasil dengan alur kerja otomatis dan pengalaman pelanggan yang dioptimalkan lagi.

Data base pelanggan ini akan membantu perusahaan dalam mengelola catatan tak terhingga dari informasi kontak untuk memutuskan tindakan masa depan dari masing-masing pemilik, karena data ini akan membantu mereka memahami perilaku konsumen dan merancang produk mereka sesuai dengan kebutuhan itu.

Yang disertakan dalam database pelanggan ialah:

Berdasarkan produk atau layanan lainnya dari perusahaan atau bisnis Anda, rincian pelanggan yang Anda butuhkan mungkin juga berbeda. Semua detail dari smeua pelanggan perusahaan inilah yang membuat database pelanggan. Berikut data-data yang harus ada dalam database pelanggan:

  1. Data terkait informasi pribadi pelanggan, yaitu nama, jabatan, alamat, email, dan usia
  2. Tanggal kapan saja pelanggan melakukan kontak komunikasi dengan Anda dan apa yang dia diskusikan
  3. Sumber prospek dan skor prospeknya
  4. Pesanan apa saja yang dibuat pelanggan dan berapa banyak pesanan yang telah pelanggan lakukan
  5. Data kapan terakhir kali pelanggan mengunjungi situs web

Manfaat Menggunakan Database Pelanggan

Dari yang sudah kita pahami diatas, maka database pelanggan ini penting untuk pertumbuhan bisnis Anda. Pemasaran dan penjualan dapat ditingkatkan banyak dengan bantuan dari database ini. Berikut inilah beberapa manfaat dari menggunakan database pelanggan:

  • Sederhana

Dari rapihnya struktur data ini disimpan dalam database membuat jauh lebih membanu dan terlihat lebih rapih dan sederhana. Ini akan menjadi proses yang mudah dan cepat untuk mengambil data apa aja yang Anda butuhkan dan inginkan.

  • Target Pelanggan Jelas

Datebase yang sudah terstruktur lebih rapih ini akan terpelihara dengan baik dan dapat mengidentifikasi perilaku belanja, faktor usia, dan lokasi, dan lain-lain. Hal ini membuat Anda dengan mudah dan jelas menentukan target pelanggan yang sperti apa yang tepat dengan Anda butuhkan.

  • Meningkatkan Kualitas Leads

Dengan mengumpulkan database ini pelanggan yang berkualita tinggi dapat meningkatkan manajemen prospek Anda. Selain itu, database Anda sudah tersegmentasi sehingga dapat memudahkan Anda mengetahui bagaimana cara penanganan tiap prospek atau calon pelanggan.

Pembagaian segmentasi dalam database ini akan Anda dapatkan untuk meningkatkan penjualan. Ini dikarenakan Anda mampu untuk membandingan kumpulan-kumpulan data yang berbeda-beda sehingga Anda bisa mengevaluasi hasil dari proses penanganan database pelanggan Anda berdasarkan segmentasi tersebut.

  • Analisa yang Tepat

Manfaat selanjutnya dari database pelanggan ialah Anda dapat membuat analisis yang akurat. Dengan database pelanggan ini Anda dapat dengan mudah menganalisis pelanggan Anda dalam berbagai hal. Inilah yang akan menjadi salah satu yang menentukan target pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda.

Dengan keakuratan database pelanggan ini akan mempermudah bisnis Anda menentukan cara promosi atau pemasaran yang tepat sesuai dengan data yang ada. Dalam membuat analisis dan laporan database palenggan Anda kita aka lebih mudah dan praktis.

  • Memberikan Layanan Terbaik

Salah satu manfaat dari database yaitu, Anda akan menjalin hubungan yang lenih kaut lagi dengan para pelanggan. Karena Anda telah memiliki informasi, berupa data diri pelanggan, kontak, perilaku pembelian, umpan balik, dan ulasan yang diberikan para pelanggan. Dengan demikian, memungkinkan bisnis untuk mengambil pendekatan yang lebih personal lagi dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Sehingga terjadi hubungan yang baik antara pelanggan dengan Anda.

  • Memudahkan Manahemen Omni-channel

Sebelumnya sudah dibahas terkait omni-channel, pendekatan omni-channel ini telah dilakukan oleh berbagai macam sektor bisnis. Dengan omni-channel ni Anda dapat mengintergrasikan seluruh channel dalam satu platform saja, dan disinilah peranan database pelanggan diperlukan. Database pelanggan yang jelas, ringkas, dan valid serta memiliki riwayat pelanggan yang jelas, ringkas, akurat. Dengan begitu, potensi penjualan bisnis pun akan meningkat.

  • Privasi dan Keamanan Data

Infromasi data diri pelanggan diautentikasi. Hanya pengguna berwenang saja yang akan mengakses data sesuai dengan fitur keamanan database. Ada berbagai jenis tingkatan dimana pengguna tertentu dapat melihat data. Semua pengguna tidak diperbolehkan mengakses data sehingga menjaga keamanan dan privasi data pelanggan.

Dengan inilah, banyak sekali tekanan pada teknik dan aplikasi statistic untuk mengembangkan berbagai model dan membuat prediksi, data ialah suatu keharusan untuk membantu meningkatkan berbagai operasi dalam bisnis dan membuat keputusan yang benar.

Memelihara database pelanggan dapat menjadi alat yang berguna untuk memanfaatkan berbagai metode pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Ini membantu memprediksi berbagai hasil keputusan dan probabilitas, membuat proses pengambilan keputusan jauh lebih mudah.

Sebagai merk, Anda mungkin telah melakukan beragam kegiatan baik online maupun offline untuk mengumpulkan data pelanggan. Masalahnya adalah, apakah Anda sudah mengolah data tersebut untuk meningkatkan laba perusahaan?

Re-engage database pelanggan di Sociomation Ivosights akan membantu Anda mendapatkan kembali prospek potensial penjualan dari pelanggan lama. Karena Anda sudah mengetahui apa yang mereka minati, ini memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi komunikasi dengan mereka. Studi menunjukkan bahwa peningkatan 5% dalam retensi pelanggan dapat meningkatkan laba perusahaan sebesar 25% hingga 95%.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami