6 Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 15 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer satisfaction. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer satisfaction. Shutterstock.

"Customer satisfaction merupakan reaksi yang dimunculkan oleh pelanggan terkait dengan produk atau jasa, apakah itu positif atau negatif terhadap perusahaan"

Ketika Anda atau perusahaan menjalankan bisnis suatu produk dan jasa, hal yang paling diutamakan adalah kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan atau customer satisfaction merupakan reaksi yang dimunculkan oleh pelanggan terkait dengan produk atau jasa, apakah itu positif atau negatif terhadap perusahaan. Hal inilah yang akan menentukan reputasi dan keberlangsungan perusahaan. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi customer satisfaction.

#1 Kualitas Produk

Setiap pelanggan, pasti ingin mendapatkan produk yang dibelinya berkualitas baik. Tak hanya itu, pelanggan juga berharap mendapatkan pelayanan optimal saat memesan produk tersebut. Apabila pelanggan mendapatkan kualitas produk dan pelayanan yang baik, tentunya pelanggan akan merasa puas dan kemungkinan besar bisa menjadi pelanggan yang loyal kepada merek produk dari perusahaan Anda. Namun sebaliknya, mereka akan kecewa saat mendapatkan pelayanan buruk dan kualitas produk buruk.

#2 Pelayanan

Pelayanan yang baik tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Percuma jika kualitas produk yang dijual sangat baik namun pelayanan yang diberikan buruk, pasti pelanggan akan merasa tidak puas dan kecewa dengan pelayanan Anda. Semua orang pasti sangat mengharapkan mendapatkan pelayanan terbaik dari perusahaan selama proses transaksi berjalan. Pelanggan ingin mendapatkan jawaban dan diperhatikan ketika ingin menanyakan suatu produk ataupun saat ada masalah. Maka dari itu, pelayanan merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam customer satisfaction.

#3 Kenyamanan dan Kemudahan Saat Bertransaksi

Faktor yang ketiga yaitu adanya kenyamanan dan kemudahan saat melakukan transaksi. Ini merupakan faktor yang penting dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan, terutama ketika pelanggan melakukan pembelian secara online. Ketika pelanggan mencari barang yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka pelanggan pun berharap proses pencarian dan pembayaran pun dapat berjalan dengan lancar, praktis, dan cepat.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan saat melakukan pembelian secara online yaitu kecepatan sistem web, user interface yang mudah dimengerti dan menarik, kemudahan sistem pembayaran, dan kelengkapan dari deskripsi produk.

#4 Stok

Faktor keempat yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan stok atau ketersediaan produk dan jasa. Pelanggan akan merasa puas jika produk yang mereka inginkan itu tersedia stoknya. Hal ini juga akan mempermudah pelanggan karena mereka tidak perlu repot-repot mencari produk yang diinginkannya itu di tempat lain.

#5 Harga yang Bersahabat

Faktor yang kelima yaitu harga produk yang bersaing atau bersahabat di pasaran. Pelanggan akan bersedia membeli suatu produk yang mahal harganya apabila produk yang dibelinya itu sesuai dengan jumlah uang yang dibayarkan. Akan tetapi, pelanggan pastinya akan lebih senang jika mendapatkan potongan harga atau promosi lainnya.

#6 Teknologi

Faktor yang keenam atau terakhir yaitu teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak perusahaan yang melakukan penjualan melalui digital marketing. Begitupun dengan pelanggan, mereka berharap dengan kemajuan teknologi semakin mudah bertransaksi, baik itu melalui website, email, media sosial ataupun lainnya.

Itu dia enam faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Pasalnya, kepuasan pelanggan menjadi salah satu indikator bagi keberhasilan bisnis. Sociomile siap membantu Anda mengoptimalkan pelayanan pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami