Mengenal 5 Jenis Pernyataan Auditor pada Annual Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Pernyataan auditor dapat menambah keyakinan pelanggan terhadap perusahaan karena pernyataan dari auditor terjamin kebenarannya secara peraturan & norma keuangan"

Salah satu komponen yang harus ada pada annual report adalah laporan keuangan. Untuk meningkatkan kredibilitasnya, pernyataan auditor biasanya dibutuhkan. Pernyataan auditor dapat menambah keyakinan pelanggan terhadap perusahaan karena pernyataan-pernyataa dari auditor terjamin kebenarannya secara peraturan dan norma keuangan. Bahkan beberapa konsumen ingin langsung lompat ke bagian pernyataan auditor untuk langsung menilai perusahaan secara umum.

Pada artikel ini kamu akan mempelajari jenis pernyataan-pernyataan auditor yang biasanya akan dimunculkan pada annual report. Untuk memastikan kepuasan pelanggan melihat annual report perusahaanmu, yakinkan kamu mendapat pernyataan terbaik dari auditormu. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis pernyataan audit, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari audit sendiri.

Pengertian Audit dan Auditor

Auditor adalah orang yang bertugas untuk mempertanggungjawabkan kinerja perusahaan kepada stakeholder. Annual report yang berisi laporan keuangan perlu diaudit oleh akuntan publik atau auditor. Bahkan untuk perusahaan yang go public, audit laporan keuangan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan.

Audit sendiri merupakan suatu proses sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti yang berhubungan dengan asersi tentang tindakan dan kejadian ekonomi secara objektif untuk menentukan tingkat kepatuhan asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Adapun hasil dari audit yakni berupa opini dari auditor atas laporan keuangan yang diperiksa. Pernyataan audit inilah yang mengungkapkan apakah laporan keuangan wajar atau tidak.

Jenis-Jenis Pernyataan Auditor pada Annual Report

Setelah mengenal pentingnya peran audit dan auditor pada annual report perusahaan, kini kamu harus mengetahui jenis-jenis pernyataan auditor pada annual report untuk memastikan annual report kamu sudah mendapatkan pernyataan terbaik dari para auditor. Berikut ini adalah jenis pernyataan auditor pada annual report:

  • Pernyataan Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion)

Pernyataan wajar tanpa pengecualian diberikan oleh auditor jika auditor tidak menemukan kesalahan yang material secara keseluruhan dari annual report dan laporan keuangan dibuat sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku (SAK). Dengan kata lain, laporan keuangan akan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian jika memenuhi kondisi seperti berikut:

  1. Laporan keuangan lengkap
  2. Bukti audit yang dibutuhkan lengkap
  3. Ketiga standar umum telah diikuti sepenuhnya dalam perikatan kerja
  4. Laporan keuangan disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku dan konsisten
  5. Tidak terdapat ketidakpastian yang cukup berarti mengenai perkembangan di masa depan (going concern)

Pernyataan wajar tanpa pengecualian dapat dimodifikasi menjadi pernyataan wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan (modified unqualified opinion) ketika auditor harus menambah suatu paragraf penjelasan dalam laporan auditnya. Keadaan yang membuat modifikasi ini, apabila terjadi seperti:

  1. Ada keraguan dari auditor atas konsep going concern perusahaan/entitas.
  2. Kurang konsisten perusahaan dalam menerapkan prinsip atau standar akuntansi yang digunakan.
  3. Auditor ingin menekankan suatu hal.
  • Pernyataan Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion)

Auditor akan menyatakan pernyataan wajar dengan pengecualian ketika:

  1. Auditor setelah memperoleh bukti yang cukup dan tepat menyimpulkan bahwa kesalahan penyajian, baik secara individual maupun secara agregasi adalah material tetapi tidak pervasif terhadap laporan keuangan, atau,
  2. Auditor tidak memperoleh bukti yang cukup dan tepat yang mendasari opini audit, tetapi auditor menyimpulkan bahwa pengaruh kesalahan penyajian yang tidak terdeteksi yang mungkin timbul terhadap laporan keuangan, jika ada, dapat menjadi material tetapi tidak pervasif.
  3. Pernyataan Wajar Tanpa Pengecualian dengan Paragraf Penjelasan (Modified Unqualified Opinion)

Jenis pernyataan yang satu ini diberikan oleh auditor atas dasar keadaan tertentu yang tidak memiliki dampak secara langsung terhadap pendapat wajar. Perbedaan dari jenis pernyataan ini terletak pada paragraf penjelasan yang diberikan oleh auditor terkait dengan keadaan tertentu yang telah dinyatakan sebelumnya. Beberapa jenis keadaan yang dapat memicu modified unqualified opinion adalah:

  1. Sebagian dari pendapat auditor ditarik dari pendapat auditor independen lainnya
  2. Tidak tersedianya aturan yang jelas terkait dengan laporan keuangan sehingga berpotensi dianggap menyimpang dari SAK (Standar Akuntansi Keuangan)
  3. Adanya pengaruh ketidakpastian peristiwa masa yang akan datang dan hasilnya tidak dapat diperkirakan
  • Pernyataan Tidak Wajar (Adverse Opinion)

Audit harus menyatakan pernyataan tidak wajar ketika auditor setelah melakukan pemeriksaan memperoleh bukti yang cukup dan tepat kemudian menyimpulkan bahwa ada kesalahan penyajian. Baik secara individual maupun secara agregasi adalah material dan pervasif terhadap laporan keuangan. Pervasif sendiri diartikan sebagai kesalahan yang akan membawa dampak kemana-mana atau mendalam.

  • Pernyataan Tidak Menyatakan Pendapat (Disclaimer of Opinion)

Opini tidak menyatakan pendapat diberikan auditor ketika auditor tidak memperoleh bukti yang cukup dan tepat untuk mendasari pernyataan audit, dan auditor tidak menyimpulkan bahwa pengaruh kesalahan penyajian material yang tidak terdeteksi yang mungkin timbul terhadap laporan keuangan, jika ada, dapat bersifat material dan pervasif.

Nah, itu dia jenis-jenis pernyataan audit yang biasanya muncul pada annual report perusahaan. Melakukan audit terhadap annual report dapat memberikan manfaat yang banyak untuk bisnis atau perusahaan, seperti meningkatkan kredibilitas perusahaan, meningkatkan transparansi, dan efisien. Untuk itu, kamu perlu membuat annual report dengan tepat, baik, dan benar sehingga dapat memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dari auditor!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami