Begini Cara Kerja SIP Trunk, Ampuh Tingkatkan Fleksibilitas Komunikasi

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 13 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - SIP Trunk. Shutterstock.

"SIP Trunk, sebuah layanan telekomunikasi yang menggunakan teknologi session initiation protocol untuk menghubungkan jaringan telepon tradisional ke internet"

Pernahkah kamu menggunakan jasa atau layanan suatu perusahaan telekomunikasi kemudian merasa disulitkan dengan akses teleponnya yang masih memerlukan pulsa? Hal ini tentunya adalah suatu kelemahan yang harus diperhatikan banyak perusahaan. Mengingat kemajuan teknologi sudah melebar hingga ke ranah bisnis di mana pelanggan jadi menuntut kepraktisan dan kemudahan dalam sentuhan jari.

Kini SIP Trunk bisa menjadi jawaban dan solusi dari segala permasalahan tersebut, lho! Segala kelebihan yang ditawarkan dari teknologi ini memberikan keuntungan bagi perusahaan dan pelanggan. Berdasarkan pengalaman pelanggan, perusahaan yang tidak menggunakan SIP Trunk lebih banyak menyulitkan pelanggan.

Tanpa SIP Trunk, perusahaan akan kesulitan mengintegrasikan sistem teleponnya dengan aplikasi komunikasi lain seperti email dan pesan instan. Selain itu, perusahaan juga akan kesulitan dalam menghemat biaya panggilan telepon dengan menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan dan menerima panggilan telepon. Tanpa SIP Trunk, perusahaan hanya dapat berkomunikasi melalui jaringan telepon publik yang lebih mahal dan kurang fleksibel dibandingkan dengan menggunakan jaringan internet. Dengan demikian, tanpa adanya SIP Trunk, maka perusahaan akan kehilangan efisiensi komunikasi dengan pelanggan.

Itu adalah beberapa kerugian yang didapat dari segi perusahaan yang tidak memiliki SIP Trunk. Sebenarnya dari sedikit penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa SIP Trunk adalah teknologi yang memiliki urgensi besar untuk dimiliki seluruh perusahaan berbasis teknologi. Akan tetapi, belum semua perusahaan memiliki teknologi ini. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memahami cara kerja SIP Trunk dan bingung di mana bisa mendapatkannya.

Nah, pada artikel ini kamu akan mempelajari cara kerja SIP Trunk untuk memudahkanmu mempertimbangkan penggunaan teknologi SIP Trunk pada perusahaanmu. Untuk kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikel ini dan simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Tujuan SIP Trunk

SIP Trunk adalah sebuah layanan telekomunikasi yang menggunakan teknologi SIP (Session Initiation Protocol) untuk menghubungkan jaringan telepon tradisional (PBX) ke internet. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses layanan telekomunikasi melalui internet dengan cara yang lebih efisien dan biaya yang lebih rendah daripada menggunakan jaringan telepon tradisional.

Tujuan dari SIP Trunk adalah untuk memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengakses layanan telepon publik melalui jaringan internet mereka sendiri, sehingga mereka dapat menghemat biaya telepon dan meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan komunikasi mereka. SIP Trunk juga dapat memungkinkan perusahaan untuk menggunakan layanan telekonferensi dan layanan telepon IP lainnya.

  • Menghemat biaya telepon: Dengan menggunakan SIP Trunk, perusahaan dapat mengakses layanan telepon publik melalui jaringan internet mereka sendiri, sehingga mereka tidak perlu lagi membeli koneksi telepon tradisional yang mahal.
  • Meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan komunikasi: SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk menggunakan layanan telekonferensi dan layanan telepon IP lainnya, sehingga mereka dapat terhubung dengan lebih banyak orang secara bersamaan. Selain itu, perusahaan juga dapat mengubah atau menambah kapasitas koneksi telepon mereka dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan.
  • Menghubungkan perangkat telepon perusahaan dapat terhubung ke jaringan telepon publik, sehingga mereka dapat melakukan panggilan ke dan dari luar perusahaan dengan mudah.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas: SIP Trunk memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja dengan menggunakan perangkat telepon IP, sehingga mereka dapat terhubung dengan perusahaan dan klien dengan lebih cepat dan mudah. Ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan.

Cara Kerja SIP Trunk yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah memahami pengertian dan tujuan dari SIP Trunk, kini kamu harus memahami cara kerjanya agar bisa lebih menggali pemahaman yang lebih dalam terkait kelebihannya. Berikut ini adalah cara kerja SIP Trunk yang wajib kamu ketahui!

Pada dasarnya, SIP Trunk bekerja dengan cara yang sederhana. Pertama, PBX di perusahaan terhubung ke internet melalui router. Kemudian, PBX akan mengirimkan permintaan panggilan melalui internet menggunakan protokol SIP. Setelah itu, permintaan panggilan akan diteruskan ke provider SIP Trunk yang akan mengirimkan permintaan tersebut ke jaringan telepon tradisional. Provider SIP Trunk akan menghubungkan panggilan tersebut ke nomor tujuan yang ditentukan, dan panggilan akan terhubung. Dengan demikian, SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk mengakses layanan telekomunikasi melalui internet.

Sederhananya, SIP Trunking bekerja dengan menghubungkan jaringan telepon perusahaan ke jaringan internet. Ketika seseorang ingin melakukan panggilan telepon ke perusahaan yang menggunakan SIP trunking, panggilan tersebut akan diteruskan dari jaringan telepon publik ke jaringan internet menggunakan protokol SIP (Session Initiation Protocol). Protokol SIP ini akan mengatur bagaimana panggilan tersebut diteruskan ke perusahaan yang dituju melalui jaringan internet. Setelah sampai di perusahaan yang dituju, panggilan tersebut akan diubah kembali ke sinyal suara dan diteruskan ke telepon yang diminta. Dengan demikian, SIP Trunk memungkinkan perusahaan untuk mengirim dan menerima panggilan telepon melalui jaringan internet.

Bagaimana Caranya Memiliki SIP Trunk?

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari tujuan dan cara kerja SIP Trunk. Kini bisnis digitalmu bisa menggunakan SIP Trunk dengan mudah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu bekerjasama dengan perusahaan teknologi terdepan untuk membantumu memiliki sistem SIP Trunk pada platform bisnismu. Bersama Ivosights kamu akan mendapatkan teknologi yang dapat membantu memajukan bisnismu! Segera hubungi Ivosights untuk informasi mengenai SIP Trunk lebih lanjut!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami