5 Cara Maksimalkan Teknik Closing

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 28 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Teknik closing adalah cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan akhir dari penawaran. Jenis closing bervariatif, tak ada aturan khusus menggunakan teknik mana."

Bagi orang-orang yang tidak berhubungan dengan dunia sales mungkin sedikit asing dengan istilah closing. Sesuai dengan pengertiannya, closing berarti menutup. Dalam dunia sales istilah closing memiliki arti penutupan sebuah transaksi penjualan. Dengan kata lain, akhir dari proses penawaran yang dilakukan sales kepada pelanggan yang sedang diprospek.

Sedangkan teknik closing adalah cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan akhir dari penawaran. Saat ini, jenis closing cukup bervariatif dan tidak ada aturan khusus seorang sales harus menggunakan teknik closing jenis mana. Pasalnya, masing-masing teknik akan lebih efektif jika digunakan untuk memprospek konsumen dengan kriteria khusus yang sesuai. Berikut ini beberapa cara memaksimalkan teknik closing.

#1 Fokus pada pelanggan

Banyak agen lebih fokus pada penjualan produk atau jasa. Langkah ini kerap menyebabkan penolakan dari pelanggan. Mengapa demikian? Langkah ini tidak salah, namun terkadang tidak selalu berdampak positif. Pasalnya, pelanggan itu terdiri dari beberapa tipe, bisa saja yang sedang Anda hubungi termasuk dalam tipe pelanggan yang ingin diperhatikan. Jika mendapatkan pelanggan tipe seperti itu, bersikaplah ramah tanpa perlu memaksa mereka. Seorang telemarketer harus bisa melihat dari sudut pandang pelanggan.

#2 Mengetahui produk dan jasa sesuai kebutuhan pelanggan

Jangan menggunakan bahasa yang tidak mudah dimengerti pelanggan. Pastikan calon pelanggan Anda memahami bahasa atau istilah yang digunakan untuk menjelaskan keuntungan-keuntungan yang akan mereka peroleh. Untuk itu, penting untuk Anda mengenali siapa pelanggan Anda.

#3 Analisis pelanggan sebelum memulai pembicaraan

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa penting untuk Anda mengenali siapa pelanggan Anda. Pasalnya, akan sangat sulit untuk Anda mengetahui keinginan mereka dengan relevansi ke produk yang di jual jika tidak mengetahui pelanggan tersebut. Anda bisa membuat sebuah forum tanya jawab ataupun katalog secara terpisah yang berisi tentang deskripsi dari produk yang Anda jual.

#4 Temukan Banyak Cara untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Salah satu tingkat kesuksesan dan pencapaian tertinggi pada perusahaan yaitu memiliki banyak pelanggan dan reputasi yang baik. Pelanggan tersebut akan menjadi penasihat terpercaya terhadap produk atau jasa yang telah mereka beli sebelumnya. Mereka juga merupakan sumber daya yang sangat berharga yang membuat perusahaan atau bisnis dapat berjalan. Anda juga bisa menggunakan koneksi atau pengetahuan secara detail terkait seseorang pelanggan. Hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan yang akan datang.

#5 Sesuaikan Tingkat Persaingan

Seusiakan tingkat persaingan dengan kekuatan yang Anda miliki. Hal ini akan menjadikan strategi yang menguntungkan. Jangan pernah takut untuk bertanya apakah pelanggan produk atau jasa dari produsen lain. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan acuan untuk mengukur tingkat persaingan Anda juga bisa menggunakan keunggulan apa yang perusahaan Anda punya dari perusahaan lain. Anda juga bisa gunakan pengetahuan kompetitor bisnis Anda untuk melihat bagaimana perusahaan tersebut kerjanya. Hal itu juga bisa Anda pelajari untuk meningkatkan efisiensi produk atau jasa Anda.

Itulah upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan teknik closing dalam penjualan. Upaya-upaya tersebut bisa Anda lakukan seperti Fokus pada pelanggan, mengetahui produk, analisis pelanggan, menemukan banyak cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan menyesuaikan tingkat persaingan dengan kompetitor. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam ilmu Telemarketing ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami