4 Tips Optimalisasi Strategi Marketing Bisnismu

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 16 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Strategi marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Strategi marketing. Shutterstock.

"Strategi marketing bisa membantu perusahaan menentukan bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada target audiens"

Strategi marketing diperlukan untuk membantu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan bisnisnya melalui kegiatan pemasaran yang efektif. Dengan strategi marketing yang tepat, perusahaan atau organisasi bisa menentukan target audiensnya, menentukan kebutuhan dan keinginan audiens tersebut, serta mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tersebut.

Strategi marketing juga bisa membantu perusahaan atau organisasi menentukan bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada target audiens, serta membantu menentukan bagaimana cara terbaik untuk mengelola sumber daya pemasaran yang tersedia. Dengan demikian, strategi marketing bisa membantu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan pemasaran dengan efisien dan efektif.

Selain itu, strategi marketing juga bisa membantu perusahaan atau organisasi mengantisipasi pesaing dan menangkap peluang pasar yang ada. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan target audiens, serta menganalisa situasi pasar yang ada, perusahaan atau organisasi bisa mengembangkan strategi marketing yang sesuai untuk meningkatkan daya saingnya.

Dengan demikian, strategi marketing bisa membantu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien, serta membantu meningkatkan daya saing di pasar yang semakin ketat.

Untuk itu kita bisa mengerti bahwa strategi marketing memang diperlukan setiap perusahaan yang ingin mengekspansi bisnisnya. Lalu, bagaimanakah caranya kita memaksimalkan strategi marketing? Pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara dan tips optimalisasi strategi marketing yang perlu kamu ketahui!

4 Tips Mengoptimalisasi Strategi Marketing

  • Tentukan Goal Marketing

Untuk menentukan goal marketing, pertama-tama kamu perlu menentukan tujuan bisnis kamu. Tujuan bisnis ini bisa berupa meningkatkan pendapatan, meningkatkan brand awareness (ketahuan), atau meningkatkan loyalitas pelanggan. Setelah kamu menentukan tujuan bisnis, kamu bisa menentukan goal marketing yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Barangkali kamu masih bingung untuk mulai menentuka goal marketing-mu. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menentukan goal marketing:

  1. Tentukan target audience: Pertama-tama, tentukan siapa yang menjadi target audiens kamu. Ini bisa berupa demografis seperti usia, jenis kelamin, atau lokasi geografis.
  2. Tentukan tujuan bisnis: Setelah kamu menentukan target audiens, tentukan tujuan bisnismu. Apakah Anda ingin meningkatkan pendapatan, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan loyalitas pelanggan?
  3. Buat goal marketing yang spesifik: Setelah kamu menentukan tujuan bisnis, selanjutnya buat goal marketing yang spesifik. Misalnya, jika tujuanmu adalah meningkatkan pendapatan, goal marketing yang bisa kamu tetapkan adalah meningkatkan jumlah transaksi online sebesar 20% dalam satu bulan.
  4. Buat goal marketing yang terukur: Pastikan goal marketing yang kamu tetapkan bisa diukur dengan jelas. Misalnya, jika tujuan kamu adalah meningkatkan brand awareness, kamu bisa menentukan goal marketing seperti meningkatkan jumlah pengikut di media sosial sebesar 50% dalam satu bulan.
  5. Buat goal marketing yang realistis: Pastikan goal marketing yang kamu tetapkan realistis dan dapat dicapai. Jangan terlalu ambisius atau terlalu rendah.
  6. Tentukan strategi marketing: Setelah kamu menetapkan goal marketing, selanjutnya tentukan strategi marketing yang akan kamu gunakan untuk mencapai goal tersebut. Misalnya, kamu bisa menggunakan iklan online, email marketing, atau sosial media untuk mencapai goal marketing tersebut.
  7. Monitor dan evaluasi: Setelah kamu melakukan strategi marketing, jangan lupa untuk memonitor dan mengevaluasi hasilnya. Ini akan membantu kamu mengetahui apakah goal marketing yang kamu tetapkan tercapai atau tidak, dan juga memberikan masukan untuk menyesuaikan strategi marketing di masa mendatang.
  • Pahami Fitur Digital Monitoring

Kini fitur digital monitoring sudah tersedia di internet. Dengan memahami fitur digital monitoring, kamu bisa merasakan manfaat yang bisa membantu strategi marketing-mu lebih maju. Contohnya fitur Most Influential Author dan Most Active Author bisa membantu kamu mengidentifikasi calon influencer dan menganalisis topik pembicaraan positif ataupun negatif pada brand kamu.

Digital monitoring sendiri adalah proses pemantauan dan analisis terhadap data online yang berkaitan dengan brand, produk, atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan atau organisasi. Digital monitoring bisa dilakukan melalui berbagai macam media, seperti media sosial, forum online, atau situs web. Tentunya hal ini adalah bagian yang sangat penting untuk kamu pertimbangkan demi optimalisasi strategi marketing yang baik.

  • Identifikasi Trend Digital

Memantau trending topic atau trend digital adalah hal yang penting untuk dilakukan. Selain bisa mengoptimalisasi strategi marketing-mu, kamu juga bisa menambah wawasan mengenai teknologi pemasaran terbaru yang memungkinkan kamu untuk mudah bersaing dengan bisnis lainnya. Setiap brand yang mengikuti trend digital akan lebih berpeluang besar mengkomunikasikan produknya ke khalayak ramai.

  • Pantau Kompetisi Brand

Melihat kompetisi adalah investasi untuk rencana strategi marketing ke depan. Dengan memantau kompetisi brand, kamu akan lebih mengetahui seberapa berpengaruh kompetitor di sekutar. Cara memantau kompetisi brand adalah dengan mempelajari kampanye marketing mereka, menentukan topik yang bisa brand kamu gunakan untuk mengalihkan audiens kompetitor ke brand kamu.

Konsultasikan Optimalisasi Strategi Marketing di Ivosights

Itu dia tips optimalisasi strategi marketing yang bisa kamu ketahui. Selain berlimpah manfaat, kamu juga bisa berinvestasi jangka panjang jika memiliki strategi marketing yang matang. Di antara kesulitan pebisnis adalah memantau aktivitas digital yang sangat luas.

Bersama Ivosights kamu akan mendapatkan layanan termudah untuk bantu kamu mengembangkan bisnis. Ripple10 bisa membantu kamu menjadi platform monitoring percakapan digital yang tentunya datanya akan sangat berguna untuk kamu menganalisis banyak hal dari sana. Hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami