7 Alasan Mengapa Wordcloud Analysis Penting bagi Institusi Pemerintah

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 07 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Wordcloud analysis. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Wordcloud analysis. Shutterstock.

"Tak hanya untuk bidang industri, wordcloud analysis bisa digunakan untuk institusi pemerintah dalam mencari topik apa yang sering dibicarakan publik terkait mereka"

Memahami apa saja yang dibicarakan masyarakat adalah hal yang sangat penting dilakukan, tak hanya untuk bisnis, namun juga bagi institusi pemerintah. Mengetahui apa saja yang dibicarakan oleh publik dapat dilakukan dengan menggunakan wordcloud analysis, sebuah fitur yang ada dalam digital listening tools. Sebelum mengetahui apa saja alasan mengapa institusi wajib melakukan wordcloud analysis, ada baiknya Anda kenali dahulu apa wordcloud analysis itu sendiri.

Kenali Apa Itu Wordcloud Analysis?

Wordcloud analysis merupakan sebuah teknik pemrosesan bahasa alami yang digunakan untuk menganalisis sejumlah besar teks dan menampilkan kata kunci yang paling sering muncul dalam bentuk wordcloud atau awan kata. 

Dalam wordcloud analysis, kata kunci yang muncul akan ditampilkan dengan ukuran huruf lebih besar, sementara kata-kata yang kurang umum cenderung lebih kecil. Dengan begitu, Anda mendapatkan sebuah gambaran visual tentang kata kunci dalam teks dan membantu memahami inti dari apa yang dibicarakan dalam teks.

Alasan Mengapa Lakukan Wordcloud Analysis Penting bagi Institusi Pemerintah

Inilah tujuh alasan mengapa lakukan wordcloud analysis penting bagi pihak institusi pemerintah:

  • Mengidentifikasi Isu-isu Utama dengan Cepat

Isu-isu yang dipublikasikan oleh masyarakat dalam dunia digital sering berkembang dengan cepat. Sebagai seorang pihak institusi pemerintah, Anda dapat menggunakan wordcloud analysis untuk mengidentifikasi isu-isu utama yang sedang dibicarakan di antara masyarakat. Dengan begitu, institusi pemerintah juga dapat merespons hal ini dengan cepat dan efektif.

  • Memahami Sentimen Publik

Wordcloud analysis tidak hanya membantu mengidentifikasi kata-kata kunci tertentu, tetapi membantu Anda untuk memahami sentimen publik. Dengan begitu, pihak institusi pemerintah dapat menilai apakah masyarakat memberikan opini bersifat positif, negatif, atau netral terhadap kebijakan atau program tertentu.

  • Mengukur Efektivitas Kampanye dan Program

Institusi pemerintah bertugas untuk meluncurkan berbagai program dan kebijakan terkait untuk diberlakukan di masyarakat. Kesuksesan dari program dan kebijakan ini dapat diketahui dengan menggunakan wordcloud analysis. Pemerintah juga langsung bisa menindaklanjuti jika ada perbaikan program maupun keputusan yang diperlukan.

Baca juga: Pantau Opini Publik atas Kebijakan Institusi Lewat Digital Listening Tools

  • Mendukung Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Pengambilan keputusan dengan baik memerlukan data yang akurat. Oleh karena itu, pihak institusi pemerintah dapat menggunakan wordcloud analysis yang mampu memberikan data secara akurat. Dengan ini, pemerintah dapat merancang kebijakan dan program yang lebih baik.

  • Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat

Menggunakan wordcloud analysis dan merespons setiap isu yang dibicarakan oleh masyarakat dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat antara pemerintah dan masyarakat.

  • Menangani Krisis dengan Cepat

Ketika sebuah isu yang krisis muncul, wordcloud analysis dapat membantu pemerintah untuk mendeteksi kemunculan isu-isu darurat dengan cepat sehingga dapat meresponsnya dengan tindakan yang sesuai.

  • Mengoptimalkan Anggaran dan Sumber Daya

Terakhir, wordcloud analysis juga dapat membantu pemerintah untuk mengoptimalkan alokasi anggaran dan sumber daya yang harusnya dikeluarkan. Dengan memahami kebutuhan dan prioritas masyarakat, institusi dapat mengalokasikan sumber daya mereka dengan lebih efisien.

Apa Saja Kegunaaan Wordcloud Analysis untuk Membantu Institusi Pemerintah?

Berikut adalah enam kegunaan utama wordcloud analysis untuk membantu institusi pemerintah:

  • Mengidentifikasi Tren Panjang Jangka

Tidak hanya mengidentifikasi isu-isu terkini, wordcloud analysis juga mampu melacak tren jangka panjang yang terjadi dalam masyarakat. Dengan menganalisis data berupa tren beberapa tahun ke belakang, pemerintah dapat mengidentifikasi apabila terjadi perubahan preferensi atau keprihatinan masyarakat. Hal ini akan mendorong institusi untuk melakukan restrukturisasi kebijakan jangka panjang.

  • Meningkatkan Layanan Publik

Dalam upaya meningkatkan layanan publik, pemerintah dapat menggunakan wordcloud analysis untuk menganalisis umpan balik dan keluhan masyarakat yang relevan. Dengan memahami keluhan yang sering muncul, institusi pemerintah dapat memprioritaskan perbaikan layanan tertentu dan merespons masalah-masalah yang lebih relevan.

  • Memahami Kebutuhan Regional

Wordcloud analysis dapat digunakan untuk menganalisis data digital penduduk dari berbagai wilayah atau daerah untuk memahami apa saja yang menjadi kebutuhan mereka. Dengan begitu, pemerintah pusat dan daerah dapat memahami perbedaan kebutuhan dan preferensi setempat. Kebijakan dan program yang mereka buat dapat disesuai dengan masing-masing wilayah.

  • Menyusun Laporan Tren Periodik

Kemudian, wordcloud analysis mampu membantu penyusunan laporan tren periodik yang memuat data terkait perubahan kata-kata kunci yang sering muncul dalam atau umpan balik masyarakat. Laporan ini dapat digunakan sebagai pembantu untuk merencanakan keputusan strategis pemerintah.

  • Mengidentifikasi Prioritas Rakyat

Wordcloud analysis juga membantu institusi pemerintah untuk mengidentifikasi prioritas rakyat dengan menganalisis kata-kata kunci yang sering digunakan dalam surat, petisi, atau masukan dari masyarakat.

  • Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas

Dengan adanya wordcloud analysis, transparansi pemerintah menjadi terlihat jelas. Pemerintah juga memastikan bahwa informasi penting disajikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat. Dengan begini, tingkat kepercayaan dan akuntabilitas institusi pemerintah akan naik.

Baca juga: 7 Cara Lakukan Wordcloud Analysis dalam Middle Report

Panduan Institusi Pemerintah dalam Menggunakan Wordcloud Analysis

Berikut adalah beberapa langkah-langkah pemandu institusi pemerintah dalam menggunakan wordcloud analysis:

  • Kumpulkan Data Teks

Pertama-tama, kumpulkan data teks yang ingin dianalisis oleh institusi. Data ini bisa berupa laporan, dokumen kebijakan, atau teks dari sumber berita dan media sosial.

  • Gunakan Alat Wordcloud Analysis

Ada banyak alat wordcloud analysis yang tersedia secara online, termasuk dalam digital listening tools. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian, unggahlah data-data teks ke alat pilihan Anda tersebut.

  • Analisis Wordcloud

Setelah data diunggah, alat akan menghasilkan visualisasi wordcloud. Perhatikan kata-kata kunci yang paling sering muncul dan seberapa besar ukuran visual kata-kata tersebut dalam wordcloud. Semakin besar ukurannya, 

  • Interpretasi Hasil

Interpretasikan hasil yang didapatkan dari wordcloud analysis. Apa saja tema atau isu utama yang terungkap? Lalu, apakah ada juga kata-kata yang mencolok yang perlu diperhatikan oleh institusi?

  • Tindakan Selanjutnya

Berdasarkan hasil analisis, buatlah rencana tindakan selanjutnya yang harus dilakukan oleh pemerintah. Mungkin saja, perlu dirumuskan sebuah kebijakan baru, optimalisasikan pesan komunikasi, atau prioritaskan isu tertentu.

Dapatkan Wordcloud Analysis dalam Digital Listening Tools milik Ivosights

Itulah tujuh alasan mengapa institusi pemerintah harus menggunakan wordcloud analysis sebagai teknologi pendukung. Alat ini efektif membantu pemerintah untuk memahami bagaimana pandangan, sentimen, dan isu-isu penting untuk masyarakat. Selain memahami kegunaannya, Anda sebagai pihak institusi pemerintah juga harus menerapkan langkah-langkah dalam menggunakan wordcloud analysis.

Wordcloud analysis dapat ditemukan sebagai sebuah fitur yang ada pada digital listening tools. Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa mempercayakan Ivosights sebagai penyedia digital listening tools andalan bernama Ripple10. Tools ini memuat sejumlah fitur berguna seperti sociograph keyword yang memudahkan Anda untuk melacak kata kunci apa saja yang sering muncul dalam pembicaraan digital publik terkait institusi pemerintah. Laporan akhir yang ditampilkan oleh Ripple10 ini juga berbentuk visual sehingga mudah dipahami, termasuk juga hasil analisis keyword yang berbentuk wordcloud. Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan hasil wordcloud analysis yang diperoleh, segera hubungi tim kami sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami