Tingkatkan Keamanan Komunikasi Bisnis dengan WhatsApp Verified

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 05 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstock.

"Temukan cara meningkatkan keamanan komunikasi bisnis Anda dengan fitur WhatsApp Verified. Pelajari lebih lanjut tentang manfaatnya dan implementasinya di sini!"

Dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang, keamanan komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Terutama di era digital saat ini, di mana banyak interaksi bisnis terjadi melalui platform online. Salah satu alat komunikasi yang paling populer adalah WhatsApp, dengan jutaan pengguna aktif setiap hari. Namun, dengan kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data, perusahaan sering kali mencari cara untuk memastikan bahwa komunikasi mereka melalui WhatsApp tetap aman dan terpercaya. Di sinilah konsep WhatsApp Verified masuk. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang apa itu WhatsApp Verified dan bagaimana fitur ini dapat membantu perusahaan meningkatkan keamanan komunikasi bisnis mereka. Dengan memahami dan menerapkan WhatsApp Verified, perusahaan dapat memperkuat perlindungan data mereka dan membangun kepercayaan pelanggan yang lebih besar.

Apa itu WhatsApp Verified?

WhatsApp Verified merupakan WhatsApp Business yang sudah terverifikasi oleh pihak Meta dengan keberadaan centang hijau sebagai pembeda dari akun WhatsApp pada umumnya. Verifikasi ini disematkan untuk membantu masyarakat membedakan akun resmi bisnis dan akun yang bukan resmi. Dengan verifikasi tersebut, pihak Meta sudah mengkonfirmasi kredibilitas akun tersebut. Tidak semua jenis bisnis bisa mendapatkan verifikasi centang hijau ini. Melainkan, hanya bisnis yang menggunakan fasilitas WhatsApp Business API saja. WhatsApp Business API merupakan platform yang disediakan untuk memudahkan operasional bisnis. Seperti berkomunikasi dengan pelanggan dan menyederhanakan proses transaksi. Terdapat dua jenis platform WhatsApp Business: WhatsApp Business standar untuk bisnis kecil dan WhatsApp Business API untuk bisnis dengan skala menengah dan besar. API (Application Programming Interface) mengacu pada kemungkinan suatu aplikasi untuk dapat diintegrasikan pada aplikasi lainnya.

Baca Juga: Meningkatkan Transparansi Pemerintahan dengan WhatsApp Verified 

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Verified

Penggunaan WhatsApp Verified sebagai alat berkomunikasi bisnis memberikan cukup banyak keuntungan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Akun WhatsApp Verified menandakan keaslian dari suatu bisnis. Kini, sudah marak terjadinya penipuan mengatasnamakan pihak tertentu. Sehingga, pelanggan perlu berhati-hati dalam bertransaksi. Oleh karena itu, penting bagi suatu bisnis untuk memprioritaskan kredibilitas akun dengan mendaftar sebagai WhatsApp Verified. Hal ini bertujuan untuk mengusung sistem transaksi tanpa hambatan dan penuh dengan kepercayaan. 

  • Meningkatkan Customer Engagement

Kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan yang meningkat akan membuat pelanggan tidak ragu untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan brand. Oleh karena itu, penggunaan WhatsApp Verified berpengaruh tingkatkan customer engagement.

  • Akses Pada Fitur dan Tools Penunjang Lainnya

Dibandingkan dengan WhatsApp Business standar, WhatsApp Business API memiliki berbagai macam fitur dan tools penunjang operasional bisnis yang istimewa. Salah satunya adalah fitur WhatsApp Blast atau fitur pengiriman pesan secara massal. Perusahaan dapat memanfaatkan fitur-fitur eksklusif yang hanya muncul pada WhatsApp Business API ini untuk menunjang efisiensi komunikasi antar pelanggan dan brand

  • Meningkatkan Visibilitas Merk

Tanda centang hijau pada akun WhatsApp Verified menandakan simbol merk yang dapat dikenali masyarakat. Sehingga, meningkatkan visibilitas dan menjadikan akun WhatsApp Verified tersebut menonjol di antara pengguna lain. Oleh karena itu, pelanggan akan lebih mudah untuk menghubungi akun asli dari bisnis tersebut.

  • Melindungi dari Peniruan

Kasus penipuan yang merugikan pelanggan kini sudah marak terjadi di dunia maya. Berbondong-bondong orang melakukan peniruan atas akun-akun bisnis untuk mencapai keuntungan. Akan tetapi, apabila perusahaan menggunakan WhatsApp Verified dibanding akun WhatsApp standar, kasus ini dapat dicegah sejak dini. 

  • Keselarasan dengan Kebijakan WhatsApp

WhatsApp Verified membantu akun untuk tetap selaras dan mematuhi kebijakan dan pedoman resmi dari WhatsApp. Sehingga, mengurangi risiko penangguhan akun atau penghentian akun karena pelanggaran.

  • Membuka Akses pada Data dan Analisis

WhatsApp Business API menyediakan laporan dan analisis yang jelas untuk para pelaku bisnis. Pada reporting dashboard, perusahaan dapat mengetahui distribusi pesan WhatsApp. Dimulai dari status pengiriman pesan (sent, delivered, read, failed), hingga performa kampanye WhatsApp secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Kesempatan Penjualan Produk

Kepercayaan dan loyalitas yang dapat terus dijaga dapat berpengaruh pada penjualan produk dan layanan. Pelanggan yang merasa nyaman dengan customer service yang disediakan WhatsApp Verified tidak akan mudah untuk berpaling pada brand lainnya. Sehingga, kesempatan untuk meningkatkan penjualan produk akan terus terbuka lebar.

Apa Saja Persyaratan untuk Mendaftar WhatsApp Verified?

Untuk dapat memiliki akun WhatsApp Verified, Anda perlu mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business API. Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dilengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • Legalitas Bisnis

WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini: Find your business ID

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Persyaratan selanjutnya, jenis bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider. Salah satunya adalah Ivosights, partner resmi layanan WhatsApp Business API di Indonesia.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Bisnis yang Aman: WhatsApp Verified Pondasinya 

Tertarik Menggunakan WhatsApp Verified? Segera Hubungi Ivosights!

Jika Anda berminat menggunakan WhatsApp Verified, Ivosights adalah pilihan yang tepat! Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API di Indonesia, Ivosights telah terbukti unggul dalam menyediakan layanan yang andal dan berkualitas tinggi. Dengan fasilitas dan fitur yang lengkap, Ivosights dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. WhatsApp Business API dari Ivosights tidak hanya menawarkan dasbor yang lengkap untuk pengiriman pesan, tetapi juga memberikan akses ke laporan yang detail, WhatsApp broadcast, dan integrasi dengan sistem CRM yang memudahkan pelaporan. Jangan ragu untuk menghubungi Ivosights sekarang untuk memulai langkah pertama menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami