Perkuat Bisnis dengan Social Listening!

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 12 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Social listening. Shutterstock.

"Social listening memang sangat dibutuhkan oleh bisnis. Yuk, simak penjelasannya disini"

Social listening memungkinkan Anda membangun pemahaman yang kuat tentang bagaimana pelanggan dan calon pelanggan berpikir tentang Anda dengan menganalisis apa yang mereka katakan di saluran sosial. Anda juga dapat mempelajari pendapat mereka tentang kompetisi tersebut. Ini adalah riset pasar luar biasa yang tersedia secara real-time, selama Anda tahu cara mengaksesnya. Lebih lanjut, bisnis akan dengan sangat mudah menemukan titik temu masalah yang mereka sedang hadapi di kalangan konsumen sehingga bisa terselesaikan dengan baik. Simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Social Listening

Social listening adalah praktik memantau saluran media sosial untuk menyebutkan merek Anda, merek pesaing, dan kata kunci terkait. Melalui social listening, Anda dapat melacak setiap penyebutan merek Anda di media sosial secara real-time. Ini akan memberi Anda wawasan berharga tentang bagaimana perasaan pelanggan tentang produk atau layanan Anda, apa kelemahan mereka, dan apa yang ingin mereka lihat dari Anda di masa mendatang.

Tetapi, social listening bukan hanya tentang melacak penyebutan merek dagang atau bisnis yang Anda miliki. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk melacak merek pesaing, tren konten, dan analisis sentimen pada topik yang terkait dengan bisnis Anda. Teknologi ini dapat digunakan untuk menginformasikan segalanya mulai dari pemasaran dan strategi produk hingga layanan dan dukungan pelanggan, membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas dan berdasarkan data yang akan berdampak positif pada keuntungan bisnis Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Social Listening Tools yang Tepat Untuk Perusahaan Anda

Manfaat Social Listening

  • Temukan Wawasan Konsumen Utama & Tren Pasar

Media sosial adalah platform unik tempat orang berbagi hal-hal yang biasanya tidak mereka lakukan dalam skenario tatap muka. Internet adalah ruang yang memberi orang rasa anonimitas yang aneh meskipun pada kenyataannya, itu jauh dari kasusnya. Salah satu manfaat social listening, jika digabungkan dengan analisis sentimen, adalah memungkinkan Anda memahami apa yang membuat pelanggan mengklik, apa yang mendorong loyalitas merek mereka, dan perubahan apa yang ingin mereka lihat di seluruh merek Anda. Anda dapat memanfaatkan saluran media sosial Anda untuk terlibat langsung dengan pelanggan Anda dan menemukan informasi yang Anda butuhkan.

  • Merancang Kampanye Bertarget

Pentingnya social listening meresap di sepanjang siklus pemasaran, tetapi yang paling penting, saat mengembangkan kampanye yang ditargetkan. Mendengarkan secara sosial memungkinkan Anda mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai pelanggan dari kelompok usia tertentu, wilayah, kelompok pendapatan, ukuran keluarga, dan sebagainya. Semua, tanpa bergantung pada survei atau forum ulasan. Karena social listening memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren, Anda akan dapat memasukkannya ke dalam kampanye iklan dan pemasaran Anda yang mungkin menyertakan iklan TV, iklan radio, atau kontes online.

  • Lacak Kesadaran dan Reputasi Merek

Salah satu manfaat lain dari social listening adalah kenyataan bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk terus memantau reputasi merek Anda. Analitik teks dan analisis konten video memungkinkan Anda mengukur sentimen sosial di seluruh merek Anda dan memberi Anda pandangan holistik tentang kesehatan merek Anda. Baik itu video ulasan produk di YouTube atau di TikTok, analisis konten video memungkinkan Anda mengukur emosi konsumen dari platform video semudah alat analisis sentimen biasa memungkinkan Anda mengukurnya dari komentar, survei, atau meninjau blog dan forum.

Baca Juga: 5 Alasan Anda Harus Peduli dengan Social Listening

  • Menyusun Ide Baru

Social listening dapat membantu Anda menemukan ide produk baru berdasarkan tren yang Anda lihat dalam sentimen seputar produk Anda yang sudah ada. Pentingnya social listening terletak pada kenyataan bahwa itu seperti percakapan berkelanjutan yang dapat Anda lakukan seputar apa yang ingin dilihat dan dialami pelanggan Anda dalam produk dan layanan Anda. Itu mengenali dan mengekstrak entitas dan topik yang disebutkan di semua percakapan dari tagar, penyebutan sosial, posting dan komentar. 

Yuk, Andalkan Ivosights untuk Social Listening yang Baik untuk Bisnis!

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Di Ivosights, Anda akan dengan mudah mendapatkan layanan terbaik untuk social media listening, lho! Kami menyediakan platform digital listening untuk memonitor perkembangan bisnis Anda di berbagai macam sosial media, termasuk YouTube, forum, hingga news portal. Ripple10 dari Ivosights merupakan a-real time platform untuk mendengarkan percakapan, sentimen, engagement terhadap audiens untuk perkembangan bisnis yang lebih maju dan memadai. Tunggu apalagi? Hubungi call center Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami