Pengaruh WhatsApp Verified dalam Membentuk Persepsi Konsumen Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 21 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstrock

"Baca artikel ini untuk mengetahui bagaimana WhatsApp verified dapat membantu membentuk persepsi positif terkait bisnis di mata konsumen."

Dalam era digital saat ini, kepercayaan dan kredibilitas menjadi faktor kunci dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu bisnis. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah melalui penggunaan akun WhatsApp Verified. Tanda centang hijau yang disematkan pada akun bisnis tidak hanya menandakan keaslian dan otoritas, tetapi juga memberikan kesan profesional yang kuat. WhatsApp Verified menjadi alat penting bagi perusahaan untuk membangun reputasi yang lebih baik, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan pada akhirnya, mendorong loyalitas serta kepuasan pelanggan. Artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana status verifikasi WhatsApp dapat memengaruhi persepsi konsumen dan memberikan wawasan tentang manfaat strategis yang dapat diperoleh bisnis melalui verifikasi ini.

Apa itu WhatsApp Verified?

WhatsApp verified merupakan akun WhatsApp Business yang sudah mendapatkan centang hijau dan terverifikasi secara resmi oleh Meta. Verifikasi ini sangat bermanfaat bagi bisnis untuk membedakan bisnis resmi dan tidak resmi. Sehingga, pelanggan dapat melakukan transaksi dan menjalin interaksi tanpa hambatan.

Membentuk Persepsi Konsumen dengan WhatsApp Verified 

Menggunakan WhatsApp verified sebagai media berkomunikasi pelanggan dan brand dapat membentu persepsi positif di mata konsumen. Hal ini disebabkan oleh beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:

  • Kredibilitas dan Kepercayaan

Akun WhatsApp verified untuk bisnis menunjukkan keaslian dari bisnis tersebut. Verifikasi ini pada akhirnya dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan di mata konsumen. Ketika pelanggan menemukan akun WhatsApp verified, pelanggan dapat lebih percaya diri untuk berinteraksi tanpa perlu takut dengan potensi penipuan.

  • Profesionalisme

WhatsApp verified membantu perusahaan menambahkan aspek profesionalisme di mata pelanggan. Hal ini membedakan akun terverifikasi dan akun tidak resmi, yang membuat perusahaan dapat dianggap menjalani operasional bisnis secara lebih aktual.

  • Keamanan

Akun WhatsApp verified dapat memberikan rasa aman tambahan bagi konsumen. Oleh karena itu, konsumen dapat melakukan transaksi dan memberikan informasi pribadi dengan tenang dan tanpa keraguan sedikit pun.

  • Jaminan Layanan Pelanggan

Penggunaan WhatsApp verified dapat membantu perusahaan menjamin bahwa layanan pelanggan dapat ditangani dengan cepat dan profesional. Hal ini disebabkan oleh proses pengajuan verifikasi yang memakan waktu lama. Sehingga, apabila WhatsApp sudah berhasil terverifikasi, akun sudah dipastikan dapat diandalkan untuk menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, menyelesaikan masalah, dan menangani permintaan dengan cepat dan profesional.

  • Reputasi Brand

Memiliki akun WhatsApp verified dapat mempengaruhi reputasi brand di mata publik, terutama konsumennya. Verifikasi tersebut dapat menandakan bisnis sudah berdiri dengan kokoh dan konsisten, memiliki reputasi yang baik, dan berkomitmen mempertahankan eksistensinya. Sehingga, persepsi konsumen dan loyalitas brand akan meningkat.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Bisnis yang Aman: WhatsApp Verified Pondasinya 

Cara Mengajukan WhatsApp Verified

  • Mendaftarkan Bisnis di WhatsApp Business API

Anda dapat mendaftarkan bisnis di WhatsApp Business API melalui Meta atau dengan bantuan Penyedia Layanan WhatsApp Business.

  • Menyediakan Dokumen Pendukung

Setelah mendapatkan akun API, Anda bisa mengunggah dokumen seperti izin usaha, bukti alamat bisnis, akta pendirian perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP, serta dokumen lainnya.

  • Verifikasi Akun Bisnis Facebook

Berikutnya, Anda harus melakukan verifikasi akun API WhatsApp Business melalui pengaturan di Facebook. Akses pengaturan bisnis, pilih WhatsApp Accounts > Settings > WhatsApp Manager, kemudian klik verifikasi bisnis untuk melanjutkan proses.

  • Melengkapi Informasi Bisnis 

Setelah melakukan verifikasi, Anda dapat melengkapi informasi bisnis pada akun WhatsApp, seperti nama usaha, alamat lengkap, dan detail kontak perusahaan atau institusi terkait.

  • Menunggu Persetujuan Verifikasi Akun

Setelah semua persyaratan dipenuhi, Anda harus menunggu sekitar 5 sampai 7 hari kerja. Jika permohonan disetujui, tanda centang hijau atau verifikasi akun akan muncul secara otomatis di akun WhatsApp Business Anda.

Baca Juga: Peran WhatsApp Verified dalam Menjaga Integritas Informasi Bisnis 

Ivosights: Partner Resmi WhatsApp yang Dapat Membantu Anda Mengajukan WhatsApp Verified dengan Mudah!

Apabila Anda tertarik memiliki akun WhatsApp verified, Anda dapat mendaftarkannya melalui Ivosights. Ivosights adalah WhatsApp Business Solution Provider dan mitra resmi API WhatsApp Business di Indonesia, yang menawarkan perhitungan jelas dan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Proses registrasi API WhatsApp Business di Ivosights membutuhkan waktu 5-7 hari kerja, dan 2-3 hari kerja tambahan untuk pendaftaran nomor serta nama tampilan resmi WhatsApp Business. API WhatsApp Business yang ditawarkan oleh Ivosights dilengkapi dengan dasbor yang komprehensif untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk memulai langkah pertama menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami