7 Tantangan Mendapatkan WhatsApp Verified Bisnis dan Cara Mengatasinya

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 28 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified.

"Telusuri artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi tantangan dan permasalahan ketika berusaha mendapatkan WhatsApp verified."

Mendapatkan status WhatsApp Verified Bisnis adalah langkah penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda. Status ini menunjukkan bahwa WhatsApp telah mengautentikasi bisnis Anda sebagai entitas yang sah, memberikan badge verifikasi hijau yang mudah dikenali. Namun, proses untuk mendapatkan verifikasi ini tidak selalu mudah dan dapat menghadirkan berbagai tantangan. Artikel ini akan membahas tujuh tantangan utama yang sering dihadapi perusahaan dalam mendapatkan status WhatsApp Verified Bisnis, serta memberikan panduan praktis tentang cara mengatasinya.

Mengenal WhatsApp Verified

WhatsApp verified adalah akun WhatsApp Business yang telah mendapatkan verifikasi resmi dari Meta. Proses verifikasi ini memudahkan pelanggan untuk membedakan akun resmi dari yang palsu, memastikan interaksi yang lancar dan bebas hambatan. Namun, tidak semua bisnis bisa memperoleh verifikasi resmi pada akun mereka. Bisnis perlu mendaftar ke WhatsApp Business API, yang berbeda dari akun WhatsApp Business biasa. API (Application Programming Interface) ini memungkinkan integrasi dengan platform lain seperti CRM (Customer Relationship Management) atau alat pemantauan digital. Akun WhatsApp Business API didesain untuk bisnis dengan skala menengah hingga besar, serta memerlukan legalitas bisnis yang valid.

Baca Juga: Simak Tantangan dan Peluang Bisnis dengan Akun WhatsApp Verified 

Tantangan Mendapatkan WhatsApp Verified dan Cara Mengatasinya

  • Kepatuhan pada Kebijakan WhatsApp

Tantangan yang kerapkali perlu dihadapi pebisnis adalah memastikan bisnis terus mematuhi kebijakan dan pedoman resmi dari WhatsApp. Untuk mengatasi hal ini, bisnis dapat membaca dan memastikan seluruh pedoman sudah terpenuhi sebelum akhirnya mengajukan. Apabila Anda bekerja sama dengan WhatsApp business solution provider, Anda dapat terus memastikan komunikasi terjalin melalui mitra tersebut. Simak penjelasan terkait kebijakan di sini WhatsApp Commerce Policy.

  • Proses Verifikasi Bisnis

Proses mendapatkan WhatsApp verified bukanlah proses yang instan, mudah, dan memakan waktu yang sebentar. Untuk mengatasinya, Anda perlu menyiapkan berbagai dokumen, bukti pendaftaran, dan identifikasi bisnis lebih awal. Anda juga perlu memastikan informasi yang diberikan akurat dan konsisten. 

  • Persyaratan Nomor Telepon

Tantangan lainnya adalah persyaratan nomor telepon pada WhatsApp verified. WhatsApp hanya memperbolehkan bisnis untuk menggunakan nomor yang belum pernah terhubung dengan akun WhatsApp manapun. Sehingga, sebelum mengajukan WhatsApp verified, Anda perlu memastikan nomor telepon yang digunakan tidak tertaut ke akun lain.

  • Persetujuan Nama Tampilan Bisnis

Hambatan yang kerapkali terjadi adalah nama tampilan bisnis yang tidak sesuai dengan panduman nama WhatsApp. Solusinya adalah Anda perlu memastikan nama tampilan WhatsApp sesuai dan merepresentasikan bisnis dengan jelas, tidak menyesatkan, dan sesuai dengan panduman nama tampilan WhatsApp verified.

  • Waktu Tunggu Mendapatkan WhatsApp Verified

Mendapatkan WhatsApp verified dapat menghabiskan waktu yang cukup lama. Terutama apabila tingginya permintaan dan tinjauan internal yang terjadi di WhatsApp resmi. Sehingga, Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan menindak lanjuti atau melakukan follow up pada pihak WhatsApp. Apabila Anda bekerja sama dengan WhatsApp business solution provider, Anda dapat menjalin komunikasi dengan konsisten bersama mitra untuk mengatasi permasalahan ini.

  • Penyedia Pihak Ketiga WhatsApp Business API

Beberapa pihak ketiga WhatsApp Business API atau WhatsApp Business solution provider dapat menambah kerumitan dalam proses mengajukan WhatsApp verified. Sehingga, Anda perlu memastikan WhatsApp Business solution provider memiliki reputasi baik dengan rekam jejak yang sudah terbukti. Anda juga perlu memastikan sudah memberikan dukungan yang memadai selama proses verifikasi terhadap mitra tersebut.

  • Masalah Teknis WhatsApp Business API

Masalah teknis kerapkali muncul dalam proses persiapan pengajuan WhatsApp verified. Sehingga, Anda dapat mengatasinya dengan bekerja sama bersama tim teknis atau WhatsApp Business solution provider untuk menyelesaikan masalah dengan segera. Anda juga perlu memastikan persyaratan teknis sudah terpenuhi sebelum memulai proses verifikasi.

Baca Juga: WhatsApp Verified dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan 

WhatsApp Business API dari Ivosights: Pemasangan WhatsApp Verified Tanpa Hambatan!

Ingin mendapatkan status WhatsApp Verified Bisnis tanpa ribet? Ivosights hadir untuk memberikan solusi terbaik dengan layanan WhatsApp Business API yang lengkap dan mudah digunakan. Kami membantu Anda melalui setiap langkah proses verifikasi, memastikan semua persyaratan terpenuhi dan prosedur dijalankan dengan tepat. Hubungi Ivosights sekarang untuk konsultasi gratis dan mulailah perjalanan menuju status WhatsApp Verified Bisnis yang akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami