Bagaimana Cara Mendapatkan Verifikasi WhatsApp Green Tick?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Green Tick. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Green Tick. Shutterstrock

"Temukan langkah-langkah praktis untuk mendapatkan verifikasi WhatsApp Green Tick dan memastikan pesan Anda terkirim dan diterima dengan sukses."

Kini, kemajuan teknologi menjadi salah satu aspek penunjang kehidupan manusia. Salah satunya untuk kepentingan berbisnis. Para pengusaha memerlukan aplikasi penunjang komunikasi untuk berinteraksi dengan pelanggan. Akan tetapi, terdapat beberapa kasus penipuan atau keberadaan akun palsu yang mengatasnamakan bisnis tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pengusaha dapat mendaftarkan akun bisnis yang sudah terverifikasi. Salah satunya adalah WhatsApp green tick.

Apa itu WhatsApp Green Tick?

WhatsApp Green Tick biasanya merujuk pada tanda centang hijau yang muncul di samping pesan yang telah dikirim dalam aplikasi WhatsApp. Tanda centang hijau menunjukkan bahwa pesan telah berhasil terkirim ke server WhatsApp dan telah diterima oleh ponsel penerima. Dengan demikian, pesan yang memiliki tanda centang hijau menandakan bahwa pesan tersebut telah berhasil dikirimkan ke penerima dan sudah terbaca.

Syarat dan Ketentuan Terdaftar di WhatsApp Business API

Apabila Anda berminat untuk mendaftar pada WhatsApp Business API, berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi:

  • Legalitas Bisnis

Pelaku bisnis perlu memiliki legalitas CV atau PT. CV di sini mengacu pada Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT mengacu pada perseroan terbatas.

  • Kepemilikan Situs Web dan E-Mail

Perusahaan wajib memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti [email protected].

  • ID Facebook Business Manager

Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. 

  • Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bisnis yang dimiliki sudah sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy.

  • Menghubungi WhatsApp Business Solution Provider

Setelah memastikan seluruh syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Solution Provider atau partner resmi WhatsApp yang dapat membantu memberikan asistensi teknis dan operasional bisnis. 

Baca Juga: Meningkatkan Responsivitas E-commerce dengan WhatsApp Green Tick

Apa Saja Keuntungan dari Memiliki WhatsApp Green Tick?

Keuntungan utama dari mendapatkan WhatsApp Green Tick adalah sebagai berikut:

  • Konfirmasi Pengiriman

Anda dapat yakin bahwa pesan Anda telah berhasil terkirim ke server WhatsApp dan telah diterima oleh ponsel penerima. Ini memberi Anda keyakinan bahwa pesan Anda telah mencapai tujuan dengan sukses.

  • Pemantauan Status Pesan

Dengan melihat tanda centang hijau, Anda dapat memantau status pesan Anda dengan mudah. Anda akan tahu apakah pesan telah dikirimkan dan diterima oleh penerima, serta apakah pesan tersebut sudah terbaca.

  • Komunikasi Efektif

Dengan mengetahui bahwa pesan Anda telah terkirim dan diterima, Anda dapat memastikan bahwa komunikasi Anda berjalan dengan lancar. Anda tidak perlu khawatir apakah pesan Anda telah sampai atau tidak.

  • Memahami Tingkat Respon

Jika pesan Anda telah terkirim dan diterima tetapi tidak dibalas, Anda dapat memperoleh wawasan tentang tingkat respon dari penerima. Ini dapat membantu Anda mengevaluasi efektivitas komunikasi Anda dan mengambil tindakan yang tepat jika diperlukan.

Cara Mendapatkan Verifikasi WhatsApp Green Tick

Setelah terdaftar pada WhatsApp Business API, Anda dapat mengajukan WhatsApp green tick pada Meta. Tahapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Lengkapi Dokumen Persyaratan

Pelaku bisnis perlu melengkapi berbagai macam dokumen, seperti lisensi bisnis, bukti alamat tempat bisnis, akta perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP, dan dokumen lain yang dapat menjamin kredibilitas bisnis.

  • Verifikasi Akun Bisnis Facebook

Anda dapat memverifikasi akun WhatsApp Business API melalui facebook. Anda dapat membuka pengaturan bisnis, klik WhatsApp Accounts > Settings > WhatsApp Manager. Selanjutnya, Anda dapat langsung mengklik verifikasi bisnis.

  • Isi Informasi Bisnis

Selanjutnya, Anda dapat melengkapi informasi bisnis. Seperti nama bisnis, alamat lengkap, serta detail kontak perusahaan, bisnis, atau institusi terkait.

  • Menunggu Persetujuan

Proses peninjauan dapat menghabiskan waktu sekitar 5 hingga 7 hari kerja. Jika permohonan berhasil, WhatsApp green tick akan muncul secara otomatis di akun WhatsApp Business Anda.

Baca Juga: Inovasi Komunikasi: WhatsApp Green Tick dalam Industri Teknologi 

Tertarik Mendapatkan Verifikasi WhatsApp Green Tick? Ivosights Solusinya!

Apabila Anda tertarik memiliki akun WhatsApp green tick, Anda dapat mendaftarkannya melalui Ivosights. Ivosights merupakan WhatsApp Business Solution Provider atau partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia yang memiliki perhitungan yang jelas dan sangat menguntungkan bisnis Anda. Registrasi WhatsApp Business API di Ivosights memakan waktu 5-7 hari kerja dan 2-3 hari kerja untuk mendaftarkan nomor dan display name WhatsApp Business Official. WhatsApp Business API yang disediakan Ivosights terdiri dari dasbor yang lengkap untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami