5 Badan Institusi Pemerintah Yang Menggunakan WhatsApp Centang Hijau

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 27 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"Ternyata tidak hanya perusahaan dan bisnis yang memakai whatsapp centang hijau, banyak institusi yang memakainya juga, simak disini!"

Pentingnya kecepatan dalam pertukaran informasi menjadi prioritas pemerintah di berbagai negara, terutama di Indonesia yang sudah memanfaatkan platform media sosial untuk merawat komunikasi dengan masyarakat melalui konten dan sosialisasi. Platform yang mudah dan digunakan oleh khalayak adalah WhatsApp, yang tidak hanya memungkinkan komunikasi instan lewat telepon dan chat, tetapi juga menawarkan fitur verifikasi, seperti WhatsApp Centang Hijau, untuk menegaskan keaslian akun dan kredibilitas. Dalam artikel ini, kami akan merangkum lima badan institusi pemerintah yang menggunakan WhatsApp centang hijau untuk memfasilitasi komunikasi dengan masyarakat.

Baca Juga: Simak Jenis Bisnis Tidak Bisa WA Verified

Apa Itu WhatsApp Centang Hijau?

WhatsApp Centang Hijau adalah lencana yang dirancang untuk membantu pengguna WhatsApp membedakan antara akun merek asli dan akun palsu. Lencana ini menunjukkan bahwa akun bisnis diverifikasi oleh WhatsApp dan akun tersebut adalah milik merek yang diklaimnya. Lencana ini sangat penting untuk merek populer yang rentan ditiru. WhatsApp sangat teliti dalam menentukan bisnis mana yang mendapatkan tanda centang hijau ini. Oleh karena itu, mereka biasanya memberikannya kepada merek-merek terkenal seperti Adidas, Coca-Cola, dan banyak lagi.

Institusi yang Wajib WhatsApp Centang Hijau

       1. Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan dalam banyak negara telah memanfaatkan WhatsApp sebagai alat untuk memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat. Dengan WhatsApp centang hijau, Kementerian Kesehatan dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa informasi yang mereka terima berasal dari sumber yang sah dan dapat dipercaya. Hal ini sangat penting terutama dalam situasi darurat kesehatan seperti pandemi, di mana akses cepat dan akurat terhadap informasi dapat menyelamatkan nyawa. Anda dapat mengunjungi dan mengecek akun WhatsApp Kemenkes RI di Nomor 081110500567.

       2. Kepolisian

Institusi kepolisian sering menggunakan WhatsApp sebagai saluran komunikasi dengan masyarakat untuk memberikan informasi terkait keamanan, pencegahan kejahatan, dan instruksi darurat. Dengan centang hijau di akun resmi mereka, kepolisian memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa pesan yang mereka terima berasal dari lembaga penegak hukum yang sah. Ini membantu dalam membangun kepercayaan dan memfasilitasi kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan. Kepolisian Republik Indonesia juga memfasilitasi nomor telepon pengaduan lewat WhatsApp Centang Hijau yaitu WA Yanduan. Anda dapat menghubunginya melalui nomor 0812-1010-6700.

       3. Departemen Pelayanan Publik

Departemen Pelayanan Publik sering menjadi ujung tombak dalam menyediakan layanan pemerintah kepada masyarakat. Dengan menggunakan WhatsApp centang hijau, departemen ini dapat memberikan layanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat dengan memberikan jaminan bahwa informasi dan bantuan yang mereka terima berasal dari sumber yang sah. Hal ini membantu mempercepat proses penyelesaian masalah dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Badan pelayanan di Indonesia juga beberapa yang sudah WhatsApp Centang Hijau, salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat menghubunginya lewat nomor 0813-8007-0175. 

       4. Kementerian Pendidikan

Kementerian Pendidikan menggunakan WhatsApp sebagai salah satu saluran komunikasi untuk memberikan informasi terkait pendidikan kepada masyarakat, termasuk jadwal ujian, pengumuman sekolah, dan program pendidikan. Dengan centang hijau di akun resmi mereka, kementerian ini memberikan keyakinan kepada orang tua dan siswa bahwa pesan yang mereka terima berasal dari sumber yang sah dan dapat dipercaya. Hal ini membantu dalam menyebarkan informasi pendidikan yang penting dengan cepat dan akurat. Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Riset Indonesia memiliki SELI atau Sistem Elektronik Layanan Infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur di lingkungan kerja kementerian lewat nomor 0813-1569-8315. Namun, nomor tersebut tidak diperuntukan pengaduan oleh masyarakat. Masyarakat bisa mencoba menghubungi lewat kontak lain seperti e-mail, instagram, dan call center nya. Anda juga dapat mengikuti saluran publik kemendikbudristek di WhatsApp untuk update informasi terbaru.

         5. Kantor Pemerintahan Lokal

Kantor pemerintahan lokal, seperti kantor walikota atau dewan kota, sering menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat terkait program pemerintah daerah, peristiwa komunitas, dan layanan publik lokal lainnya. Dengan centang hijau di akun resmi mereka, kantor pemerintahan lokal memberikan jaminan kepada penduduk setempat bahwa pesan yang mereka terima berasal dari sumber yang sah dan dapat dipercaya. Hal ini membantu dalam membangun keterlibatan masyarakat dan memperkuat hubungan antara pemerintah lokal dan penduduk setempat. Di Indonesia, pemerintah daerah hampir tidak ada yang menggunakan WhatsApp Centang Hijau salah satunya nomor whatsapp pusat pengaduan layanan masyarakat DKI Jakarta melalui Cepat Respon Masyarakat (CRM) yang tidak memiliki verifikasi. 

Baca Juga: 4 Kriteria Untuk Bisa WhatsApp Centang Hijau

Manfaat WhatsApp Centang Hijau Bagi Pemerintah Indonesia

WhatsApp Centang Hijau memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi institusi pemerintahan di Indonesia. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari fitur WhatsApp Centang Hijau bagi institusi pemerintahan:

  • Keaslian dan Kepercayaan

Dengan adanya WhatsApp Centang Hijau, institusi pemerintahan dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa pesan yang mereka terima berasal dari sumber yang sah dan resmi. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang disampaikan oleh pemerintah.

  • Komunikasi Efektif

WhatsApp Centang Hijau memungkinkan institusi pemerintahan untuk berkomunikasi secara langsung dan efektif dengan masyarakat. Pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp dengan centang hijau cenderung lebih diperhatikan oleh masyarakat, karena mereka tahu bahwa itu berasal dari pemerintah.

  • Penyebaran Informasi Cepat

Dalam situasi darurat atau ketika ada informasi penting yang perlu disampaikan kepada masyarakat dengan cepat, WhatsApp Centang Hijau memungkinkan institusi pemerintahan untuk menyebarluaskan informasi tersebut dengan lebih efektif. Pesan yang dikirim melalui WhatsApp dengan centang hijau memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk dibaca dan diperhatikan oleh masyarakat.

  • Interaksi yang Lebih Langsung

WhatsApp Centang Hijau memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi secara langsung dengan institusi pemerintahan melalui pesan teks. Hal ini dapat mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pertanyaan, keluhan, atau masukan kepada pemerintah, yang kemudian dapat direspons dengan cepat.

  • Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Dengan adanya WhatsApp Centang Hijau, institusi pemerintahan dapat memberikan layanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah menghubungi pemerintah melalui WhatsApp untuk mendapatkan informasi atau bantuan yang mereka butuhkan, tanpa harus menghadiri kantor pemerintah secara langsung.

  • Penghematan Biaya dan Waktu

Penggunaan WhatsApp Centang Hijau juga dapat membantu institusi pemerintahan menghemat biaya dan waktu dalam komunikasi dengan masyarakat. Dibandingkan dengan metode komunikasi tradisional seperti surat atau telepon, WhatsApp memungkinkan pemerintah untuk berkomunikasi dengan lebih efisien dan efektif.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Perbedaan WA Verified Dan Palsu

Ingin Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis Anda? 

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp Business API untuk bisnis, Anda berada di tempat yang tepat. Layanan WhatsApp Business API dari Ivosights siap memudahkan sebuah perusahaan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui kanal pesan instan WhatsApp. Dengan WhatsApp Business API dari Ivosights yang telah mendapatkan lisensi langsung dari META, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh database pelanggan yang dimiliki (Business Initiated Message), serta dapat memanfaatkan layanan ini sebagai nomor pusat layanan customer service (User Initiated Message) yang terhubung dengan sistem CRM Sociomile dari Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami