Kekurangan Menggunakan WhatsApp Business untuk Telesurvey

Whatsapp Bussiness API

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 13 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"WhatsApp Business memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk memperlancar kegiatan telesurvey. Namun, ada beberapa kekurangan yang harus dihadapi"

Dalam dunia bisnis, pelanggan menduduki peran yang penting dalam kelancaran dan keberhasilan suatu produk atau layanan jasa yang dipasarkan. Perusahaan sangat bergantung pada pelanggan sehingga diperlukan beberapa hal untuk menarik minat pelanggan untuk mempercayai produk-produk yang telah perusahaan luncurkan. Sebagai salah satu tugas perusahaan, mereka membuat beberapa trik pemasaran untuk menarik perhatian pelanggan agar produk yang mereka luncurkan laku dan menarik banyak minat dan perhatian. Beberapa hal yang perusahaan lakukan adalah dengan membuat iklan di televisi, koran, majalah, hingga internet. Setelah melakukan trik pemasaran, biasanya perusahaan membuat perhitungan mengenai tingkat kepuasan pelanggan tentang produk atau layanan jasa yang mereka pasarkan.

Melakukan perhitungan kepuasan terhadap kepuasan pelanggan juga sangat penting untuk meninjau produk atau layanan jasa apa saja yang harus dipertahankan agar tetap menjadi preferensi pelanggan. Selain itu, tujuan untuk melakukan perhitungan kepada pelanggan untuk melihat seberapa banyak pelanggan setia untuk perusahaan, apakah bertambah atau berkurang. Ada banyak cara perusahaan dalam menilai dan menghitung kepuasan pelanggan, beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan survei, polling, dan panggilan telepon. Banyak hal yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan tingkat kepuasan pelanggan, banyak diantaranya memerlukan biaya yang cukup besar dan butuh profesional dalam menangani pelanggan, salah satunya adalah telesurvey

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan: Salah Satunya dengan Telesurvey!

Apa Itu Telesurvey?

Telesurvey merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan feedback pelanggan dengan cara melakukan panggilan telepon. Telesurvey dilakukan oleh agen perusahaan yang akan menghubungi pelanggan satu per satu dalam satu hari. Tujuan utama adanya telesurvey ini adalah untuk mendapatkan kritikan dan masukan yang membangun dari pelanggan, dan tentunya untuk mendapatkan nilai dan tingkatan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.

Telesurvey biasanya dilakukan menggunakan telepon konvensional milik perusahaan dan dilakukan oleh agen telesurvey yang profesional. Biasanya, agen perusahaan akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai produk atau layanan jasa kepada responden dan diakhiri dengan meminta saran dan masukan kepada perusahaan. Tujuan lain dari kegiatan ini juga untuk membangun kepercayaan dari pelanggan kepada perusahaan serta membangun interaksi.

Tanpa telesurvey, perusahaan tidak akan bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan serta tidak memiliki personal branding yang kuat di mata masyarakat. Biasanya, orang akan memilih perusahaan yang memiliki produk atau layanan jasa yang sudah terkenal di kalangan masyarakat karena lebih terpercaya dan memiliki personal branding yang populer sehingga sering dikonsumsi atau digunakan. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan cara melakukan telesurvey agar perusahaan dapat mengambil keuntungan dari kegiatan ini untuk mempromosikan perusahaan dan produk-produk yang mereka miliki. 

Saat ini, mengikuti perkembangan zaman, banyak perusahaan tidak lagi memilih panggilan telesurvey karena dirasa kurang cocok untuk diaplikasikan pada zaman sekarang. Namun, karena peran telesurvey sangat penting, perusahaan memilih untuk menggunakan alternatif lain seperti menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk melangsungkan kegiatan ini.

WhatsApp Business dan Telesurvey

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp? Aplikasi yang satu ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dari berbagai macam kalangan. Aplikasi WhatsApp ini juga sangat mudah dan nyaman digunakan karena memiliki desain yang simpel tapi menarik sehingga orang tua pun dapat menggunakan aplikasi ini tanpa perlu merasa banyak kebingungan.

Lebih lanjut, aplikasi ini memiliki versi lain untuk bisnis, yaitu aplikasi WhatsApp Business yang sangat berguna untuk pemilik usaha dan bisnis untuk membantu mereka dalam urusan jual beli dan melayani pelanggan. Pemilik bisnis juga akan sangat merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini karena WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang bisa mereka manfaatkan karena akan sangat memudahkan proses interaksi dengan pelanggan dan menghemat waktu penjual.

Tetapi, apakah WhatsApp Business dapat digunakan untuk melakukan kegiatan telesurvey? Jawabannya adalah ya. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan telesurvey, seperti salah satunya adalah fitur pengirim pesan otomatis yang akan berguna untuk mengirimkan pertanyaan telesurvey kepada pelanggan secara langsung setelah mereka menjawab. 

Banyak perusahaan yang melangsungkan dan mengganti cara melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business karena lebih murah dan mudah dibandingkan dengan menggunakan panggilan telepon melalui telepon konvensional. Singkatnya, aplikasi WhatsApp Business memiliki banyak manfaat yang bisa dialihfungsikan sebagai pengganti panggilan telepon untuk telesurvey.

Kekurangan Menggunakan WA Business untuk Telesurvey

Meskipun memiliki banyak manfaat dan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk telesurvey, aplikasi WhatsApp Business juga memiliki beberapa kekurangan jika digunakan untuk kegiatan yang satu ini. Berikut ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang beberapa kekurangan menggunakan WhatsApp Business untuk telesurvey

  • Whatsapp Tidak Memberikan Perlindungan Data Perusahaan

Whatsapp mengakses dan menyimpan buku alamat karyawan, yang berisi data rahasia perusahaan dan pelanggan. Meskipun Whatsapp telah mengumumkan peningkatan enkripsi, saat ini Whatsapp tidak menyediakan enkripsi tingkat perusahaan (misalnya metadata, penyimpanan di perangkat, penyimpanan di server, dll). 

Selain itu, Whatsapp telah mengumumkan untuk menghasilkan pendapatan dari bisnis dengan memungkinkan mereka berkomunikasi dengan pelanggan. Model bisnis seperti itu membutuhkan pengetahuan tentang pengguna Anda dan bertentangan dengan penggunaan data pribadi yang minimal, pengurangan data secara umum, dan perlindungan data yang kuat.

Baca Juga: Optimalisasi Riset Pemasaran dengan Telesurvey

  • Whatsapp Tidak Melindungi Perusahaan jika Kehilangan Data

Untuk mencegah hilangnya data dan konten bisnis, misalnya saat perangkat seluler hilang atau dicuri, perusahaan memerlukan lapisan keamanan seluler. Aplikasi perpesanan bisnis terkemuka mendukung solusi manajemen mobilitas perusahaan, seperti MobileIron atau Airwatch dan menyediakan manajemen aplikasi seluler tingkat lanjut. Fitur-fitur ini memungkinkan untuk menghapus konten dari jarak jauh, memblokir akses, menonaktifkan penyalinan pesan, dan mengontrol pembagian konten digital.

  • Mengganggu Ranah Pribadi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, WhatsApp memiliki pengguna berjumlah besar. Namun, hal ini juga membuat banyak kemungkinan pelanggan merasa terganggu dan risih jika perusahaan memberikan survei karena pesan tersebut akan masuk ke dalam list percakapan pribadi pelanggan.

Meskipun WhatsApp memiliki banyak kelebihan dan manfaat, kekurangan tetap saja ada dalam penggunaannya terutama jika ingin digunakan untuk melakukan telesurvey. Itulah beberapa kekurangan menggunakan WhatsApp Business untuk telesurvey. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami