Ketahui Cara Membuat Link Direct ke WhatsApp Business, dijamin Mudah!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 16 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Link direct WhatsApp Business adalah link yang dapat mengarahkan konsumen menuju ke chat aplikasi WhatsApp langsung, ini memudahkan pelanggan untuk menemukan customer service Anda"

Dalam era digital ini, komunikasi dengan pelanggan atau klien sangatlah penting bagi kelangsungan bisnis. Salah satu platform populer yang digunakan untuk berkomunikasi adalah WhatsApp. Namun, bagaimana jika Anda ingin mempermudah pelanggan untuk menghubungi Anda melalui WhatsApp Business dengan lebih mudah? Itulah mengapa penting untuk memahami cara membuat link direct ke WhatsApp Business. link direct menuju WhatsApp Business bisa Anda implementasikan di semua sosial media bisnis, website, hingga poster-poster. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengkustomisasi link direct ini dengan kode HTML button website bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk memberitahu konsumen kontak yang harus mereka hubungi untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Tanpa link direct ke WhatsApp Business, Anda yang menggunakan WhatsApp Business sebagai kontak bisnis tidak akan bisa menarik pelanggan untuk memesan via WhatsApp Business Anda.

Apa Itu Link Direct Menuju WhatsApp?

Link direct menuju WhatsApp adalah sebuah link yang dapat langsung mengarahkan seseorang ke chat di aplikasi WhatsApp. Ketika seseorang mengklik link ini, mereka akan diarahkan langsung ke halaman percakapan di WhatsApp dengan nomor yang telah ditentukan sebelumnya. Ini adalah cara yang efektif untuk memudahkan pelanggan atau klien Anda dalam menghubungi Anda melalui WhatsApp tanpa perlu mencari nomor Anda terlebih dahulu.

Keunggulan Bisnis Menggunakan Link Direct ke WhatsApp

  • Kemudahan Akses

Dengan link direct, pelanggan atau klien dapat langsung menghubungi Anda dengan satu klik, tanpa perlu mencari nomor atau menyimpan kontak terlebih dahulu.

  • Respon Cepat

Link direct ke WhatsApp memungkinkan Anda untuk merespons pertanyaan atau permintaan pelanggan dengan cepat, karena mereka dapat langsung menghubungi Anda melalui aplikasi yang mereka gunakan sehari-hari.

  • Personalisasi Pesan

Anda dapat memulai percakapan dengan pelanggan atau klien dengan pesan yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Hal ini dapat membantu memulai percakapan dengan lebih efektif.

Baca juga: Bisakah Kode OTP Dikirim Lewat WhatsApp Business?

Fungsi Link Direct ke WhatsApp dalam Konteks Bisnis

  • Customer Service yang Lebih Baik

Dengan link direct ke WhatsApp, Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif. Pelanggan dapat langsung mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan dengan cepat.

  • Pemasaran Langsung

Anda dapat menggunakan link direct ke WhatsApp dalam kampanye pemasaran. Misalnya, Anda dapat mempromosikan produk baru dan mengundang pelanggan untuk berbicara langsung dengan Anda melalui WhatsApp.

  • Penjualan yang Lebih Mudah

Dengan memudahkan pelanggan dalam menghubungi Anda, ini juga dapat berdampak positif pada proses penjualan. Pelanggan yang tertarik dapat segera menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan pembelian.

Cara Membuat Link Direct ke WhatsApp

1. Tambahkan Nomor WhatsApp dari Kontak Telepon Anda

Pastikan nomor WhatsApp Anda telah ditambahkan dari kontak telepon Anda. Tentu saja ini penting agar sistem dapat mengenali nomor tersebut saat Anda ingin membuat link direct. Tanpa menambahkan nomor, tautan yang digunakan tidak akan berfungsi, penting juga untuk Anda menggunakan nomor yang tepat.

2. Gunakan Format Link yang Tepat

Link direct ke WhatsApp memiliki format yang khas. Anda dapat membuat link dengan menambahkan "https://api.whatsapp.com/send?phone=" diikuti dengan nomor telepon Anda dalam format internasional tanpa tanda "+" atau spasi. Misalnya, jika nomor Anda adalah 081234567890, link akan menjadi:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890

Namun, jika Anda ingin menggunakan yang lebih pendek, Anda bisa menggantinya dengan format “https://wa.me/”, lalu tambahkan dengan nomor yang ingin Anda gunakan dan gunakan kode negara Anda. Jika nomor di atas tidak menggunakan “+” sebelum kode negara, kali ini Anda harus menggunakannya, misalnya jika nomor Anda 085714364395 maka contoh tautannya:

https://wa.me/+6285714364395 

3. Tambahkan Link ke Situs Web atau Pesan

Anda dapat menambahkan link direct ke WhatsApp ke situs web Anda, email, atau pesan teks. Ini akan memudahkan pelanggan atau klien Anda dalam menghubungi Anda dengan satu klik. Taro di tempat yang terlihat dan menarik mata pelanggan.

4. Gunakan Tombol atau Link yang Menarik

Untuk lebih menarik perhatian, Anda dapat menggunakan tombol atau teks yang mengajak pelanggan untuk menghubungi Anda melalui WhatsApp. Misalnya, "Hubungi Kami Sekarang melalui WhatsApp!". Untuk lebih mudahnya, Anda bisa membuat kode HTML Button untuk website bisnis Anda dan gunakan desain button yang menarik.

5. Uji Link Sebelumnya

Sebelum membagikan link, pastikan Anda menguji link tersebut untuk memastikan bahwa link tersebut benar-benar mengarahkan ke halaman percakapan di WhatsApp. Pengujian ini penting karena tautan bisa saja tidak berfungsi atau malah menuju ke kontak orang lain yang bukan Anda kehendaki.

Baca juga: Optimalkan Chatbot Flow Builder untuk FAQ Interaktif di WhatsApp Business

Gunakan WhatsApp Business API dari Ivosights!

Link direct ke WhatsApp adalah alat yang bermanfaat dalam mempermudah komunikasi dengan pelanggan atau klien Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membuat link tersebut dan menggunakannya dalam berbagai aspek bisnis Anda, dari customer service hingga pemasaran dan penjualan.

Namun, ingatlah bahwa pilihan penyedia layanan sangat penting dalam mengimplementasikan WhatsApp Business API. Sebagai contoh, Ivosights adalah pilihan yang sangat layak dipertimbangkan. Dengan pengalaman dan reputasi yang baik, Ivosights telah membantu lebih dari 150 mitra bisnis dalam mengimplementasikan WhatsApp Business API secara sukses. Sebagai mitra resmi WhatsApp Business sejak tahun 2021, Ivosights memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda ingin merasakan manfaat dari fitur tautan direct menuju WhatsApp Business dan WhatsApp Business API secara keseluruhan, jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights. Anda dapat meminta pemesanan demo untuk melihat bagaimana solusi ini dapat diintegrasikan dengan bisnis Anda. Dukungan pelanggan yang responsif dan profesional akan membantu Anda dalam meraih kesuksesan dan memanfaatkan potensi besar dari WhatsApp Business API. Jangan lewatkan peluang untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan Anda dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka. Hubungi Ivosights sekarang dan mulailah memajukan bisnis Anda menuju tingkat yang lebih tinggi!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami