Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Business

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Dalam praktiknya, WhatsApp Business memiliki banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis kecil yang baru memulai usahanya. Simak kelebihan dan kekurangan aplikasi yang satu ini"

Saat ini, pebisnis yang memiliki usaha kecil-kecilan memiliki banyak potensi dalam pengembangan bisnis mereka. Selain karena banyaknya kemudahan yang bisa mereka dapatkan saat ini, banyaknya peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan dengan bisnis online karena saat ini masyarakat sudah mulai beralih dan mempercayai bisnis online.

Untuk itu, saat ini banyak pebisnis hingga perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi makanan atau barang mulai beralih memanfaatkan bisnis mereka bukan hanya dalam penjualan offline saja tetapi juga online. Peminat yang sangat besar juga menjadikan peluang sukses bisnis kecil menjadi sangat besar dan memungkinkan. Selainn itu, adanya WhatsApp Business juga membuat pengusaha kecil bisa dengan mudah menyortir pesan dan berinteraksi dengan pelanggan.

Apa itu WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi unduhan gratis yang dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. Diluncurkan pada tahun 2018, ini memungkinkan usaha kecil untuk berkomunikasi lebih efisien dengan pelanggan mereka dengan menyediakan fitur yang bermanfaat seperti pesan otomatis, balasan cepat, dan pesan jauh.

Selain itu, dalam aplikasi WhatsApp Business ini, Anda memiliki alat untuk mengotomatiskan, menyortir, dan langsung menanggapi pesan. Anda juga dapat menggunakan platform untuk mengirim pesan multi-media langsung ke pelanggan Anda dan dalam skala besar, dengan biaya yang sangat efisien. Hal itu karena bisnis dapat memverifikasi keberadaan pelanggan sehingga hal itu juga bisa membuat mereka tampak lebih kredibel dan profesional.

Baca Juga: Pentingnya WhatsApp Business Verified untuk Institusi Pendidikan

Kelebihan WhatsApp Business

Berikut ini, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa saja kelebihan bagi Anda jika menggunakan WhatsApp Business. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Meningkatkan Waktu dalam Respons

Pelanggan menginginkan jawaban langsung atas pertanyaan atau permintaan layanan mereka.  Email dan media sosial membutuhkan waktu mereka dan tidak semua orang dapat menghubungi Anda. WhatsApp Business memberdayakan Anda untuk memberikan respons cepat, yang akan sangat membantu dalam meningkatkan layanan pelanggan dan reputasi bisnis Anda.

  • Percakapan Terverifikasi

Kredibilitas adalah landasan kesetiaan. Di WhatsApp Business, pelanggan mengetahui bahwa mereka berbicara dengan bisnis yang terverifikasi. Ini memungkinkan Anda untuk menetapkan identitas merek unik Anda dengan membagikan nomor telepon, alamat, situs web, dan bahkan penawaran promosi Anda.

  • Konten Multimedia

Dengan WhatsApp Business, Anda dapat berbagi gambar, video, dokumen, dan pesan teks. Sekarang Anda dapat mengirimkan konten yang dinamis, menarik, dan disesuaikan kepada pelanggan Anda. Terpenting, pelanggan dapat membagikan konten tersebut lebih lanjut dengan orang lain di jaringan mereka, yang akan memperluas jangkauan Anda tanpa harus mengeluarkan biaya.

  • Komunikasi Dua Arah

Berapa banyak orang yang menanggapi email promosi? Berapa banyak pengguna yang menanggapi posting media sosial? WhatsApp Business berbeda.  Komunikasi keduanya sinkron dan disesuaikan. Pengguna dapat berkomunikasi secara individual dengan pelanggan tentunya dengan privasi maksimal.

  • Obrolan yang Terorganisasi

Jika Anda menggunakan WhatsApp versi reguler untuk mengobrol dengan pelanggan, percakapan tersebut akan tercampur dengan percakapan pribadi Anda. Namun, di WhatsApp Business, Anda dapat mengatur semua interaksi pelanggan di satu tempat. Selain itu, Anda dapat menggunakan label atau warna untuk menandainya berdasarkan departemen. Ini akan membantu Anda mengambil pesanan atau membalas pesan lebih cepat.

  • Peluang Konversi yang Lebih Baik

Setelah pelanggan mulai berinteraksi dengan Anda di WhatsApp Business, Anda mengirimi mereka pemberitahuan tentang produk baru, obral waktu terbatas, atau penawaran promosi. Ini mengurangi biaya pemasaran Anda secara keseluruhan dan membuat keterlibatan pelanggan Anda lebih personal dan produktif. Dengan menganalisis bagaimana pelanggan bereaksi terhadap penawaran Anda, Anda dapat mengubahnya lebih lanjut.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Business untuk Bisnis Online-mu

  • Keamanan dan Privasi yang Ditingkatkan

WhatsApp Business melindungi privasi penggunanya. Tidak perlu khawatir, bisnis Anda hanya dapat mengirim pesan setelah pelanggan memilih untuk menerimanya. Perpesanan pada platform juga telah dienkripsi dari ujung ke ujung dan dilengkapi dengan autentikasi dua faktor.

  • Template Pra-tulis

Baik itu notifikasi, pembaruan, atau pengingat, Anda dapat menggunakan template pesan untuk pesan rutin. Bisnis juga dapat mengotomatiskan balasan mereka untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Semua ini menghemat waktu dan tenaga Anda.

Kekurangan WhatsApp Business

Dengan berbagai macam keuntungan dan kelebihan yang akan Anda dapatkan dari menggunakan WhatsApp Business, kali ini kami akan menerangkan lebih lanjut tentang kekurangan yang ada pada WhatsApp Business. Berikut penjelasannya:

  • Jumlah Pesan yang Dapat Dikirim Terbatas

Ada banyak bisnis yang memiliki jumlah pesanan yang banyak sehingga butuh mengirimkan banyak pesan setiap harinya. Namun, jika itu adalah permasalahan Anda, memakai WhatsApp Business mungkin bukanlah untuk Anda. Karena aplikasi WhatsApp Business ini hanya dapat mengirimkan pesan sebanyak 500 pesan setiap bulannya.

Jumlah tersebut tentu saja sangat sedikit terutama untuk Anda yang selalu kebanjiran pesanan dan harus membalas banyak pesan dalam satu hari. Untuk mendapatkan kuota yang lebih dari 500 pesan, Anda harus melakukan verifikasi nomor terlebih dahulu untuk mendapatkan kuota lebih banyak.

  • Terpengaruh Jam Operasional

Jika Anda ingin selalu mengirimkan jawaban yang cepat untuk pelanggan, WhatsApp Business dapat melakukannya untuk Anda tetapi terpengaruh oleh jam operasional. WhatsApp Business hanya memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan sebanyak satu pesan otomatis saja. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan saat Anda menjalani bisnis dan menggunakan WhatsApp Business untuk menjalaninya. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami