Implementasi WhatsApp Business dalam Bisnis Perhotelan dan Pariwisata

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 07 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp. Shutterstock.

"WhatsApp Business dapat digunakan bisnis perhotelan dan pariwisata untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan. Simak ulasannya di sini!"

Bisnis perhotelan dan pariwisata merupakan bisnis yang menjanjikan di Indonesia, negara dengan ribuan daya tarik wisata. Bisnis seperti travel agent, penyewaan kendaraan, hotel dan villa, hingga fasilitas wisata lainnya mengedepankan kepuasan pelanggan dalam sistem operasionalnya. Dalam mencapai kepuasan tersebut, perusahaan dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan menggunakan WhatsApp Business.

Mengenal WhatsApp Business

Aplikasi pengiriman pesan secara instant bernama WhatsApp menyediakan suatu platform bagi pelaku bisnis dan perusahaan. Aplikasi ini berperan sebagai sarana interaksi langsung dengan pelanggan, mempermudah proses transaksi, dan mempermudah operasional. Bisnis dengan skala kecil dan tanpa legalitas PT atau CV dapat menggunakan WhatsApp Business biasa untuk terkoneksi dengan pelanggan secara one-on-one atau satu lawan satu. 

Sementara bisnis dengan skala yang lebih besar, memiliki legalitas PT atau CV, memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama dapat menggunakan WhatsApp Business API (Application Programming Interface). API ini memungkinkan suatu platform untuk dapat terintegrasi dengan platform lainnya untuk meningkatkan interaksi bersama pelanggan dalam cakupan yang lebih luas.

Implementasi WhatsApp Business pada Bisnis Perhotelan dan Pariwisata

Bisnis yang bergerak di industri perhotelan dan pariwisata dalam skala besar dapat menggunakan WhatsApp Business API sebagai sarana pendukung operasional bisnis. Berikut adalah implementasi yang dapat dilakukan:

  • Memanfaatkan Broadcast Message

Salah satu fitur vital dalam WhatsApp Business API adalah fitur broadcast message yang tidak terbatas. Fitur ini mengacu pada proses mengirimkan pesan pada banyak nomor dalam sekaligus. Industri perhotelan dan pariwisata dapat menggunakan fitur ini sebagai sarana promosi produk dan harga atau informasi terbaru dari layanan. Pelaku bisnis juga dapat membuat broadcast message dengan pesan yang sudah dipersonalisasi. Hal ini bertujuan untuk mengefektifkan penyebaran informasi dalam waktu yang singkat.

  • Integrasi dengan Software CRM

Industri perhotelan dan pariwisata akan selalu memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai patokan dari kesuksesan suatu bisnis. Dengan meningkatkan customer experience, pelanggan akan sulit untuk dapat berpaling pada kompetitor lainnya. Salah satu caranya adalah dengan mengintegrasikan WhatsApp Business dengan software CRM (Customer Relationship Management), seperti Sociomile dari Ivosights. Software ini menyediakan contact center dari berbagai macam kanal digital dalam 1 dashboard. Dengan contact center ini, karyawan dapat merespon keluhan atau pertanyaan pelanggan dalam waktu yang lebih cepat tanpa perlu berpindah-pindah antar kanal digital.

  • Menggunakan ChatBot

ChatBot merupakan suatu teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dari perusahaan tanpa perlu berinteraksi secara langsung dengan agennya. WhatsApp Business API menyediakan chatbot untuk mempermudah interaksi tersebut. Bot tersebut dapat diimplementasikan dalam menyediakan jawaban dari Frequently Asked Questions (FaQ) mengenai produk atau layanan paket yang disediakan travel agent, membuat sistem reservasi hotel atau layanan travel dengan bot, atau permintaan pengisian survey layanan dan produk kepada pelanggan.

  • Menyediakan Katalog

WhatsApp Business menyediakan katalog yang dapat diakses dan diintegrasikan langsung dengan sistem transaksi atau reservasi. Katalog ini dapat diisi oleh pelaku bisnis perhotelan dan pariwisata dengan informasi produk serta harganya. Sehingga pelanggan dapat membaca informasi tersebut tanpa perlu bertanya langsung kepada agen contact center.

Baca Juga: Memahami WhatsApp Business API: Langkah Penting Transformasi Digital 

Manfaat WhatsApp Business pada Bisnis Perhotelan dan Pariwisata

Terdapat berbagai macam manfaat yang dapat dituai dari penggunaan WhatsApp Business pada bisnis perhotelan dan pariwisata, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Interaksi Pelanggan

WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk selalu terkoneksi online. Selain itu, dengan keberadaan bot dan katalog produk, pelanggan bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Hal ini memberikan dampak positif bagi perusahaan dan pelanggan untuk dapat berinteraksi dengan lebih dekat dan meningkatkan customer experience yang positif. 

  • Mempermudah Karyawan

Karyawan di suatu perusahan dapat memiliki alur kerja yang lebih efisien dengan menggunakan WhatsApp Business. Terdapat beberapa fitur yang menguntungkan karyawan seperti log in untuk agen yang tak terbatas, sistem integrasi dengan Sociomile, hingga bot dan katalog produk yang disediakan.

  • Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

WhatsApp Business API menyediakan verifikasi green thick atau centang hijau, juga penyesuaian nama bisnis di akun. Hal ini menguntungkan untuk suatu bisnis supaya dapat meningkatkan kredibilitas di tengah era digital maraknya penipuan.

  • Kinerja Karyawan yang Mudah Dilacak

Terdapat beberapa fitur WhatsApp Business API yang dapat mempermudah proses pemantauan dan evaluasi kinerja karyawan. Salah satunya dengan fitur laporan, manajemen database, juga sinkronisasi riwayat chat secara otomatis.

Ingin Bergabung di WhatsApp Business API? Segera Hubungi Ivosights!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda. Ivosights adalah penyedia solusi bisnis dan mitra resmi WhatsApp Business API di Indonesia. Ivosights menawarkan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda, dengan dashboard WhatsApp Business yang komprehensif untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, serta laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami