WhatsApp Business API: Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 16 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock.

"Pelajari syarat-syarat WhatsApp Business API sebagai alat komunikasi utama ke konsumen agar peningkatan konsumen terjadi secara signifikan!"

Lebih dari sekitar 100 miliar orang di dunia menggunakan WhatsApp regular sebagai alat komunikasi untuk bertukar kabar ke teman dan sejawat. Mereka juga sering menggunakan channel / saluran WhatsApp untuk update informasi. WhatsApp sendiri telah mengalami perkembangan yang signifikan, salah satunya adalah WhatsApp bisnis yang diperuntukan khusus untuk pelaku usaha atau bisnis, bahkan institusi pemerintah. Namun WhatsApp bisnis tidak cukup besar untuk menampung chat broadcast dan kredibilitasnya rendah karena tidak ada verifikasi centang hijau di samping nama akun. Oleh karena itu muncullah WhatsApp Business API sebagai solusi bisnis dengan skala konsumen yang besar dan prompt otomatis jawaban ke konsumen. 

Kenali WhatsApp Business API 

Sebenarnya bagaimana WhatsApp Business API menjadi solusi di tengah kecepatan informasi dan tingginya permintaan konsumen terhadap pelayanan. Apa yang dimaksud dengan WhatsApp Business API dan apa yang membuatnya berbeda dengan WhatsApp Business biasa? Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat sebanyak 85% konsumen lebih menyukai mengontak brand secara langsung, sehingga sangat masuk akal kalau bisnis yang mengkoneksikan platform komunikasi yang sering dipakai oleh konsumen, dan WhatsApp adalah alat komunikasi yang sangat populer di dunia. WhatsApp Bisnis biasa diperuntukan untuk bisnis dengan skala lapak kecil dan medium. Anda dapat menggunakan fiturnya seperti katalog produk, membuat chat otomatis, menyampaikan informasi penting, mengumpulkan feedback, dan menawarkan customer support. Sedangkan WhatsApp Business API adalah jenis WhatsApp yang dapat diintegrasikan dengan platform lain seperti CRM. Secara lebih simpel, WhatsApp Business API membuat Anda dapat menggunakan dua/lebih software untuk berinteraksi secara bersama.

Panduan Mendapatkan WhatsApp Business API

Sebelum Anda mempelajari cara mendapatkan WhatsApp Business API, Anda harus tahu terlebih dahulu cara memperoleh WhatsApp Business reguler. Anda bisa mendownloadnya langsung di play store, dengan logo huruf “B”. Setelah itu Anda bisa memasukkan nomor yang sudah terverifikasi dan taruh informasi brand Anda. Kemudian Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan WhatsApp Business API:

  • Mendaftar Ke BSP 

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan nomor Anda adalah dengan memilih mitra resmi WhatsApp Business API negara asal. Untuk di Indonesia, pilihlah mitra resmi WhatsApp API terpercaya seperti Ivosights yang sudah mendapatkan lisensi dari META 

Ivosights menyediakan layanan WhatsApp Business API Indonesia yang dapat terintegrasi dengan Omnichannel CRM sociomile dengan banyak keunggulan seperti integrasi AI dan Bot 24 jam.

  • Pengajuan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Untuk mendapatkan WhatsApp Business API, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Biasanya WhatsApp akan melakukan verifikasi selama 4-6 hari waktu bisnis untuk mengecek kebenaran dan keaslian akun perusahaan Anda. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Ivosights akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda lengkap sampai ke langkah-langkah detailnya. Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan centang hijau di sebelah nama akun WhatsApp Business Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti Nama Perusahaan, URL Website, Email Domain, SIUP/NIB/NPWP bisnis, Daerah operasional, dan Facebook Business Manager ID. 

  • WhatsApp Business API Siap Digunakan

Setelah verifikasi disetujui, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API lengkap dengan fitur-fitur pendukungnya. Meskipun wewenang pemberian akun resmi berada sepenuhnya pada pihak WhatsApp di bawah META, Ivosights akan membantu untuk mencapai pemberian akun resmi kepada pengguna.

WhatsApp melakukan penilaian untuk pemberian akun resmi secara tertutup dengan spesifikasi penilaian yang tidak dipublikasikan. 

Baca Juga: Hal-hal yang Dapat Dilakukan Jika Menggunakan Whatsapp Business API

Syarat dan Ketentuan WhatsApp Business API

  • Legalitas Resmi

Ini mengharuskan pengguna untuk memiliki legalitas resmi yang diperlukan untuk menggunakan layanan WhatsApp Business API. Legalitas ini mungkin termasuk pembentukan perusahaan yang sah, perizinan bisnis, atau persyaratan lain yang ditetapkan oleh hukum setempat.

  • Domain Yang Sama:

Persyaratan ini mengharuskan bahwa domain yang terkait dengan bisnis Anda di WhatsApp Business API harus sesuai dengan domain yang terdaftar dalam profil bisnis Anda. Ini membantu memastikan konsistensi dan kepercayaan dalam komunikasi bisnis.

  • Mempunyai ID Facebook Bisnis Manager:

Untuk menggunakan WhatsApp Business API, pengguna harus memiliki ID Facebook Business Manager yang valid. Ini menghubungkan akun WhatsApp Business Anda dengan infrastruktur manajemen bisnis Facebook yang lebih luas.

  • Patuh Meta Commerce Policy:

Persyaratan ini menegaskan bahwa pengguna WhatsApp Business API harus mematuhi kebijakan perdagangan Meta (perusahaan induk WhatsApp). Ini termasuk kepatuhan terhadap pedoman dan kebijakan terkait privasi, keamanan, dan layanan pelanggan yang ditetapkan oleh Meta untuk penggunaan layanan WhatsApp Business API.

Baca Juga: Meta.inc, Induk Whatsapp Business API yang Memudahkan Bisnis Anda

Dapatkan WhatsApp Business API untuk Bisnis Anda Melalui Ivosights!

Sebagai salah satu penyedia solusi bisnis terpercaya sejak tahun 2021, Ivosights dapat menjadi partner Anda dalam mendapatkan platform WhatsApp Business API. Berbeda dari WhatsApp Business konvensional, WhatsApp Business API menawarkan sejumlah keunggulan. Misalnya, Anda dapat menggunakan satu nomor Whatsapp saja untuk dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam jumlah unlimited.

Anda juga dibebaskan dalam menyesuaikan profil bisnis Anda. Tak hanya itu, bisnis akan lebih dipercayai oleh pelanggan karena memiliki verifikasi centang hijau dari META. WhatsApp Business API juga mendukung integrasi dengan sistem CRM, menyediakan manajemen database, dan memberi Anda kebebasan untuk mempersonalisasi pesan serta melakukan sinkronisasi riwayat percakapan secara otomatis. Jangan ragu untuk menghubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut mengenai platform ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami