Kirimkan Survei Kepuasan Layanan Rumah Sakit Lewat WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 26 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Dengan mengirim survei kepuasan layanan pasien melalui platform WhatsApp Business API, pihak rumah sakit dapat memahami preferensi layanan yang diinginkan pasien"

Survei kepuasan pasien merupakan sebuah upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan layanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Dengan adanya kemajuan teknologi, pengiriman survei tersebut akan menjadi lebih efisien ketika memanfaatkan platform WhatsApp Business API. Dengan melakukan survei kepuasan pasien lewat platform ini, pengelolaan jawaban yang didapatkan akan semakin efisien. Untuk mengetahui informasi mendalam tentang pembuatan sekaligus pengiriman survei kepuasan layanan rumah sakit, simak artikel berikut ini!

Pentingnya Survei Kepuasan Pasien dalam Rumah Sakit

Inilah beberapa alasan mengapa survei kepuasan pasien dalam rumah sakit penting untuk dilakukan:

  • Pemahaman Terhadap Pasien

Mengadakan survei kepuasan pasien akan membantu rumah sakit untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka secara mendalam.

  • Meningkatkan Kualitas Layanan

Tanggapan pasien yang dihasilkan survei akan membantu rumah sakit dalam meningkatkan kualitas layanan medis dan non-medis.

  • Memperkuat Hubungan

Melalui survei, rumah sakit dapat memperkuat hubungan antara mereka dengan pasien beserta keluarganya.

Sejumlah Manfaat Survei Kepuasan Pasien dalam Layanan Rumah Sakit

Berikut ini adalah sejumlah manfaat survei kepuasan pasien dalam layanan rumah sakit:

  • Mengidentifikasi Masalah

Melakukan survei kepuasan layanan rumah sakit akan membantu mengidentifikasi masalah dan kekhawatiran yang tidak diketahui oleh para staf medis.

  • Meningkatkan Tingkat Kepuasan

Dengan menerapkan perubahan berdasarkan tanggapan yang diberikan dari survei, tingkat kepuasan pasien akan meningkat.

  • Meningkatkan Reputasi

Rumah sakit yang peduli terhadap masukan yang diberikan para pasien cenderung memiliki reputasi yang lebih baik.

  • Peningkatan Efisiensi

Survei kepuasan layanan rumah sakit juga dapat mengungkapkan area di mana pihak rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi layanan.

Pengertian WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan sebuah platform yang khusus digunakan untuk memudahkan bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Bagi pihak rumah sakit, menggunakan platform ini sangat efektif digunakan untuk berkomunikasi dengan pasien rumah sakit.

Baca juga: WhatsApp Business API Mengoptimalkan Layanan Medis Rumah Sakit

Keunggulan WhatsApp Business API untuk Pihak Rumah Sakit

Inilah tujuh keunggulan menggunakan WhatsApp Business API untuk pihak rumah sakit:

  • Appointment Dokter

Dengan platform WhatsApp Business API, pasien rumah sakit akan lebih mudah untuk membuat janji dengan dokter. Selain itu, mereka juga dapat dengan mudah mengirim pesan untuk memeriksa ketersediaan dokter kemudian membuat janji tanpa harus menelepon atau datang langsung ke rumah sakit.

  • Pemantauan Pasien

Pihak rumah sakit dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk mengirimkan pembaruan kepada pasien tentang kondisi kesehatan mereka. Hal ini sangat penting bagi pasien yang sedang dalam perawatan jangka panjang atau memerlukan pemantauan reguler. Dengan ini, mereka dapat berkomunikasi dengan tim medis melalui pesan teks.

  • Konsultasi Dokter Secara Online

Dalam situasi darurat atau ketika pasien tidak dapat datang ke rumah sakit, WhatsApp Business API yang digunakan rumah sakit dapat mendukung konsultasi dokter secara online. Dengan begitu, pasien dapat berbicara dengan dokter mereka, mengirimkan gejala atau pertanyaan, dan menerima saran medis melalui platform ini.

  • Pengiriman Materi Promosi

Rumah sakit dapat menggunakan platform WhatsApp Business API untuk mengirimkan materi promosi kepada pasien mereka, misalnya berupa informasi tentang layanan baru, program kesehatan, atau seminar kesehatan yang akan datang.

  • FAQ dan Customer Support

Platform WhatsApp Business API dapat menyediakan dukungan pelanggan untuk pasien secara lebih baik. Pasien dapat mengajukan pertanyaan mereka tentang prosedur, biaya, atau persyaratan sementara tim dukungan pelanggan rumah sakit dapat merespons dengan cepat. Selain itu, pihak rumah sakit juga dapat membuat daftar frequently asked question yang sering diajukan untuk memandu pasien.

  • Survei Kepuasan Layanan

Selanjutnya, platform WhatsApp Business API mampu untuk mengirim survei kepuasan pasien. Dengan ini, rumah sakit dapat mengumpulkan sejumlah umpan balik dari pasien mereka dengan cepat dan efisien. Hasil akhir dari survei ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan memahami kebutuhan serta preferensi dari pasien.

  • Konseling Kesehatan

WhatsApp Business API dapat digunakan untuk menjadwalkan dan menyediakan sesi konseling pasien secara berkala melalui pesan teks. Hal ini memudahkan pasien untuk mendapatkan layanan yang mereka butuhkan tanpa harus datang ke rumah sakit.

  • Pembayaran

Terakhir, platform WhatsApp Business API dapat digunakan untuk pembayaran tagihan dari layanan kesehatan rumah sakit. Pasien dapat melakukan pembayaran melalui platform ini dengan aman dan nyaman sehingga tidak perlu melakukannya secara fisik.

Kelebihan Melakukan Survei Kepuasan Layanan Rumah Sakit Lewat WhatsApp Business API

Berikut ini adalah lima kelebihan melakukan survei kepuasan layanan rumah sakit lewat WhatsApp Business API:

  • Kemudahan Akses

Selain merupakan platform yang umum digunakan dan dikenal oleh banyak orang,  menggunakan platform WhatsApp Business API untuk mengirimkan survei kepuasan akan memberikan kemudahan akses kepada pasien rumah sakit. Mereka tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau mengunjungi website khusus. Dengan begitu, pasien dengan mudah berpartisipasi dalam survei melalui aplikasi WhatsApp yang tersedia.

  • Respon Cepat

WhatsApp yang merupakan aplikasi pengirim pesan teks instan membuat pasien dapat segera merespons survei ketika menerimanya. Hal ini berbeda dengan survei konvensional yang memerlukan waktu pengisian serta pengembaliannya. Mendapatkan respon terkait survei yang lebih cepat memungkinkan rumah sakit untuk mendapatkan umpan balik secara real-time.

  • Kualitas Umpan Balik yang Lebih Baik

Survei yang disebarkan melalui platform WhatsApp Business API cenderung mendapatkan umpan balik yang lebih akurat. Pasien dapat memberikan respons yang lebih terperinci dalam waktu terkini karena mereka berkomunikasi melalui pesan teks. Dengan ini, pihak rumah sakit dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kepuasan pasien dan area mana saja yang harus diberikan perbaikan.

  • Mengurangi Biaya Administrasi

Survei pada umumnya seringkali memerlukan biaya administrasi untuk mencetak, mengirim, dan mengelola kembali formulir survei. Dengan WhatsApp Business API, biaya-biaya ini dapat dikurangi secara drastis. Hal ini disebabkan karena survei dapat dikirimkan dan dikelola secara digital sehingga menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

  • Penggunaan Data yang Efisien

Adanya platform WhatsApp Business API memungkinkan rumah sakit untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data survei dengan lebih efisien. Data-data ini dapat disimpan dalam format digital yang mudah diakses dan dikelola. Analisis data terkait hasil survei juga dapat dilakukan dengan cepat untuk mengidentifikasi apabila adanya tren dan pola-pola yang muncul.

Langkah-Langkah Membuat Survei Kepuasan yang Efektif Lewat WhatsApp Business API

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diterapkan ketika membuat survei kepuasan pasien yang efektif lewat platform WhatsApp Business API:

  • Tentukan Tujuan Survei

Tentukan tujuan survei kepuasan layanan rumah sakit dengan jelas. Apa yang ingin Anda ketahui dari pasien? Misalnya, apakah rumah sakit ingin mengetahui sejauh mana pasien merasa puas dengan layanan yang diberikan atau apakah ingin mendapatkan umpan balik tentang pengalaman mereka saat berkonsultasi dengan dokter?

  • Identifikasi Pertanyaan Utama

Susunlah daftar pertanyaan utama yang akan disertakan dalam survei kepuasan pasien. Pastikan pertanyaan tersebut relevan dengan tujuan survei.

  • Pilih Format Pertanyaan

Platform WhatsApp Business API mendukung berbagai format pertanyaan, seperti pertanyaan teks, pertanyaan pilihan ganda, atau pertanyaan skala. Pilihlah format yang sesuai dengan jenis informasi yang ingin dikumpulkan oleh rumah sakit.

  • Buat Pesan Survei yang Ramah

Buatlah pesan survei yang bersifat ramah dan jelas. Pastikan pesan tersebut mencantumkan tujuan survei dan instruksi tentang cara menjawabnya. Misalnya, mulailah pembukaan pesan dengan ucapan terima kasih kepada pasien yang bersedia berpartisipasi dalam survei kepuasan layanan rumah sakit.

  • Uji Pesan Survei

Sebelum mengirimkan survei kepada pasien lewat WhatsApp Business API, lakukan pengujian pesan survei untuk memastikan pesan tersebut mudah dipahami dan tidak membingungkan.

  • Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat untuk mengirim survei melalui WhatsApp Business API. Hindari mengirimnya pada jam-jam sibuk atau saat pasien sedang dalam perawatan medis yang intens. Pengiriman survei ini dapat direncanakan sesuai dengan jadwal pasien.

  • Kumpulkan dan Analisis Data

Setelah survei terkirim dan pasien mulai merespons, kumpulkan data secara berkala. Gunakan alat analisis untuk mengidentifikasi apabila adanya tren dan pola-pola dalam respons pasien. Hasil survei ini akan membantu membuat perubahan dan perbaikan yang diperlukan dalam layanan rumah sakit.

  • Berikan Umpan Balik kepada Pasien

Berikan umpan balik kepada pasien tentang hasil survei serta sampaikan tindakan yang akan diambil berdasarkan umpan balik tersebut. Hal ini akan menunjukkan pasien bahwa pendapat mereka benar-benar dihargai dan memberikan dampak pada perbaikan layanan rumah sakit.

  • Buat Perubahan dan Evaluasi Terus-Menerus

Teruslah melakukan survei kepuasan secara berkala dan gunakan hasilnya untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam operasi rumah sakit. Evaluasi proses survei secara berkala untuk memastikan efektivitasnya.

Baca juga: Langkah dan Cara Menganalisis Hasil Telesurvey WhatsApp Business API

Lengkapi Operasional Rumah Sakit dengan Platform WhatsApp Business API

Melalui penjelasan pada artikel di atas, terbukti bahwa platform WhatsApp Business API sangat cocok digunakan sebagai sarana pengiriman survei kepuasan layanan yang diberikan rumah sakit. Selain meningkatkan kualitas layanan, WhatsApp Business API juga dapat memperkuat hubungan rumah sakit dengan pasien serta meningkatkan efisiensi pelaksanaan survei. 

Sebagai perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan pihak META sejak tahun 2021, Ivosights telah membuktikan diri sebagai Business Provider Solution yang terpercaya dan membuat keamanan platform ini telah dijamin dan dapat diandalkan sepenuhnya. Platform WhatsApp Business API tidak hanya membantu dalam pengiriman survei kepuasan, tetapi juga mendukung proses digitalisasi berbagai layanan kesehatan.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana WhatsApp Business API dapat membantu operasional rumah sakit Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim kami. Kami siap memberikan panduan dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menyediakan layanan kesehatan yang lebih efisien dan memuaskan bagi para pasien Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami