Gunakan Whatsapp Business API untuk Lakukan Aktivasi Kartu Nasabah

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 29 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Ikuti langkah-langkah berikut dalam menggunakan Whatsapp Business API untuk melakukan aktivasi kartu nasabah sehingga dapat meningkatkan customer experience."

Di era digital, penggunaan teknologi semakin berperan penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Salah satu platform yang berguna untuk meningkatkan pelayanan pelanggan adalah dengan melalui WhatsApp Business API. WhatsApp Business API memberikan sejumlah kegunaan yang berfungsi untuk meningkatkan customer experience nasabah, salah satunya adalah membantu melakukan aktivasi kartu nasabah. Sebelum itu, Anda akan diarahkan ke pengertian dari Whatsapp Business API itu sendiri.

Pengertian dari WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah sebuah platform versi khusus dari WhatsApp yang sengaja dirancang untuk kebutuhan bisnis. Dengan menggunakan platform ini, perusahaan dapat lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih terstruktur dan efisien. Adanya fitur API mendukung perusahaan  Anda untuk dapat mengirimkan pesan otomatis, mengelola pertanyaan pelanggan, dan bahkan mengirimkan tautan, gambar, atau dokumen.

Perbedaan WhatsApp Business API dengan WhatsApp Business

Secara mendasar, perbedaan utama antara WhatsApp Business API dan WhatsApp Business terletak pada skalabilitas dan kelengkapan fiturnya. Jika WhatsApp Business lebih cocok untuk bisnis skala kecil, maka sebaliknya, WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan yang lebih kompleks untuk mengotomatisasi semua proses komunikasi.

Baca juga: WhatsApp, Solusi Cepat Hubungkan Nasabah dan Lembaga Pinjaman Online

Manfaat WhatsApp Business API untuk Meningkatkan Customer Experience Nasabah

Inilah sejumlah manfaat WhatsApp Business API untuk meningkatkan customer experience nasabah:

  • Card Delivery yang Cepat dan Aman

Layanan perbankan dapat mengirimkan kartu nasabah serta informasi penting lainnya berbentuk pesan teks ataupun media gambar melalui WhatsApp Business API. Dengan begini, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menerima kartu mereka dan informasi sensitif terjamin keamanannya.

  • E-Policy dan Invoice Sharing

Kedua, WhatsApp Business API dapat melakukan pengiriman e-policy dan invoice kepada pelanggan melalui pesan teks. Dengan begitu, para nasabah dapat mengakses informasi penting terkait produk atau layanan yang mereka beli secara lebih mudah.

  • Pre-Approval Offers yang Personal

Melalui platform WhatsApp Business API, layanan perbankan dapat mengirimkan tawaran pre-approval kepada nasabah per seorang secara pribadi. Anda juga dapat menargetkan pelanggan dengan tawaran yang relevan berdasarkan riwayat transaksi dan preferensi mereka.

  • Share Branch Location

WhatsApp Business API memudahkan pihak perbankan untuk mengirimkan lokasi cabang terdekat melalui peta interaktif saat nasabah perlu mengunjungi kantor cabang untuk melakukan proses aktivasi kartu.

  • Card Activation yang Mudah

Platform WhatsApp Business API memudahkan pihak perbankan untuk memberikan instruksi langkah-demi-langkah kepada pelanggan dalam proses aktivasi kartu. Dengan adanya instruksi, pelanggan tidak akan kebingungan dan proses aktivasi juga dapat berjalan lancar.

Bagaimana WhatsApp Business API bisa Memudahkan Aktivasi Kartu Nasabah?

WhatsApp Business API mendukung layanan aktivasi kartu nasabah melalui pesan teks yang mudah diakses dan diikuti oleh nasabah. Dengan begitu, pelanggan jadi tidak perlu mengisi formulir secara manual ataupun menggunakan aplikasi lainnya yang lebih kompleks. Semua informasi dan petunjuk ini akan ditampilkan berbentuk pesan teks Whatsapp yang sederhana.

Langkah-Langkah Menggunakan WhatsApp Business API untuk Aktivasi Kartu Nasabah

Berikut ini adalah lima langkah menggunakan WhatsApp Business API untuk lakukan aktivasi kartu nasabah:

  • Mendaftarkan Pelanggan

Pertama, Anda harus mendaftarkan pelanggan tersebut di dalam sistem database milik perusahaan. Kumpulkan beberapa informasi penting terkait setiap nasabah seperti nama, alamat, dan nomor telepon pelanggan. Dengan adanya informasi ini, sistem dapat mengidentifikasi pelanggan dan memastikan bahwa aktivasi kartu berjalan lancar.

  • Mengirim Pesan Selamat Datang

Setelah pelanggan berhasil terdaftar dalam sistem perusahaan, langkah berikutnya adalah mengirimkan pesan selamat datang melalui platform WhatsApp Business API. Pesan yang dikirimkan ini dapat berisi ucapan selamat datang sebagai nasabah perusahaan serta beberapa informasi penting mengenai kartu yang akan diaktivasi. Sertakan informasi kontak untuk layanan pelanggan pada pesan apabila diperlukan suatu saat.

  • Mengirim Instruksi Aktivasi

Selanjutnya adalah kirimkan instruksi aktivasi kepada pelanggan melalui platform WhatsApp Business API. Instruksi yang diberikan ini harus jelas dan mudah dipahami sehingga pelanggan dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan lancar. Sebagai media pendukung, gunakan juga gambar atau video berdurasi pendek untuk memberikan panduan secara visual kepada pelanggan.

  • Verifikasi dan Konfirmasi

Setelah pelanggan mengikuti instruksi aktivasi yang diberikan, lakukan verifikasi informasi yang diberikan dan berikan juga konfirmasi bahwa kartu nasabah telah diaktivasi. Kirimkan pesan konfirmasi yang berisikan informasi tambahan lainnya seperti batas kredit, saldo awal, dan fitur-fitur lain yang relevan dengan kartu nasabah.

  • Layanan Pelanggan Lanjutan

Setelah aktivasi kartu selesai dilakukan, pastikan bahwa pelanggan tahu bahwa layanan pelanggan tetap tersedia untuk membantu mereka jika ada pertanyaan atau masalah lebih lanjut. Dukungan pelanggan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan antara perusahaan dan nasabah.

Baca juga: Cara Tingkatkan Layanan untuk Nasabah dengan WhatsApp Business API

Manfaat Melakukan Aktivasi Kartu Nasabah dengan WhatsApp Business API

Berikut ini adalah lima manfaat melakukan aktivasi kartu nasabah dengan menggunakan WhatsApp Business API:

  • Kemudahan dan Kepuasan Nasabah

Melalui WhatsApp Business API, aktivasi kartu nasabah dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Proses yang sederhana ini akan meningkatkan kepuasan nasabah dan memberikan pengalaman yang lebih baik.

  • Notifikasi Real-Time

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, pihak perbankan dapat mengirimkan notifikasi aktivasi secara real-time ke perangkat nasabah. Nasabah akan menerima pesan langsung di ponsel mereka setelah kartu berhasil untuk diaktivasi.

  • Dukungan Pelanggan yang Lebih Baik

Platform WhatsApp Business API memungkinkan layanan perbankan untuk memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik. Jika nasabah mengalami masalah selama proses aktivasi, mereka juga dapat dengan mudah menghubungi tim dukungan melalui pesan langsung.

  • Personalisasi Pesan

Kemudian, WhatsApp Business API dapat membantu mengirimkan pesan yang dipersonalisasi kepada nasabah. Setelah kartu berhasil diaktivasi, pihak perbankan dapat mengirimkan pesan ucapan selamat dan informasi tambahan mengenai produk atau layanan yang relevan dengan nasabah.

  • Penghematan Waktu dan Biaya

Proses aktivasi kartu secara tradisional sering memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, pihak perbankan dapat menghemat waktu dan biaya dalam proses aktivasi kartu nasabah. Selain itu, penggunaan platform ini juga dapat mengurangi resiko kesalahan manusia dalam proses aktivasi.

Dapatkan Platform WhatsApp Business API Hanya di Ivosights

Menggunakan WhatsApp Business API untuk melakukan aktivasi kartu nasabah adalah solusi modern yang membantu meningkatkan customer experience dengan cepat dan efisien. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh API ini, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan lebih puas dengan layanan yang diberikan.

Dalam upaya untuk mencapai hal ini, Anda dapat mengandalkan Ivosights sebagai Business Solution Provider yang terpercaya yang telah berpengalaman sejak tahun 2021. Kami mampu menyediakan akses ke platform WhatsApp Business API yang memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa. Salah satu keunggulannya adalah mendukung peningkatan customer experience nasabah Anda melalui personalisasi layanan dan pesan yang dikirimkan.

WhatsApp Business API ini juga mendukung pengiriman kartu, invoice pembelian produk, hingga aktivasi kartu setiap nasabah. Pelanggan akan terbantu untuk mendapatkan informasi terkait kantor cabang perbankan terdekat ketika dibutuhkan. Dengan menggunakan platform WhatsApp Business API, perusahaan Anda dapat lebih efektif dalam memberikan informasi dan layanan kepada nasabah, sehingga proses aktivasi kartu nasabah dapat berjalan lebih lancar dan memuaskan.

Jangan ragu untuk menghubungi tim kami di Ivosights untuk mempelajari lebih lanjut tentang potensi platform WhatsApp Business API dalam meningkatkan customer experience bagi nasabah perbankan Anda. Kami siap membantu Anda mengimplementasikan solusi modern ini untuk memberikan layanan yang lebih baik dan memperkuat hubungan dengan nasabah. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan konsultasi mengenai penggunaan WhatsApp Business API dalam aktivasi kartu nasabah.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami