Efektifkan Konsultasi Kesehatan Digital dengan WhatsApp Business API

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 15 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business API. Shutterstock

"Tidak hanya untuk bisnis, platform WhatsApp Business API juga bisa digunakan pihak rumah sakit supaya pasiennya dapat melakukan konsultasi kesehatan digital"

Semenjak terjadinya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, permintaan akan layanan konsultasi kesehatan digital semakin meningkat. Ini disebabkan karena pandemi tersebut memaksa setiap orang untuk menjaga jarak sehingga interaksi antar rumah sakit dengan pasien hanya bisa dilakukan secara digital. Untuk memenuhi kebutuhan layanan rumah sakit secara digital, pihak penyedia layanan ini dapat menggunakan sebuah platform seperti WhatsApp Business API sebagai sarana pembantunya.  

Peningkatan Permintaan Layanan Konsultasi Kesehatan Digital

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak aspek kehidupan kita, termasuk dalam kegiatan operasional layanan kesehatan. Selama pandemi ini, semua masyarakat akan mencari cara baru untuk mengakses layanan kesehatan tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik yang mungkin memiliki risiko penularan yang lebih tinggi. Dengan ini, meningkatnya permintaan yang lebih besar untuk memunculkan layanan konsultasi kesehatan digital.

Konsultasi kesehatan secara digital melibatkan berbagai metode, seperti chatting dengan dokter, pemantauan kesehatan jarak jauh, dan edukasi kesehatan melalui platform digital. Salah satu platform yang paling populer untuk mendukung layanan kesehatan ini adalah WhatsApp Business API.

Kenali Apa Itu WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan sebuah platform versi bisnis dari aplikasi pesan yang populer, yaitu WhatsApp. Platform ini dirancang khusus supaya bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggannya secara efisien dan aman. Tak hanya itu, platform WhatsApp Business API juga memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan dengan berbagai format, mulai dari pesan teks, gambar, video, dan bahkan dokumen kepada pelanggan.

Baca Juga: Telemedicine, Permudah Bidang Kesehatan Pantau Kesehatan Saat Puasa!

Peran WhatsApp Business API untuk Mendukung Layanan Konsultasi Kesehatan Digital

Berikut ini adalah lima peran penting WhatsApp Business API untuk mendukung layanan konsultasi kesehatan digital:

  • Komunikasi Cepat dan Efisien

Platform WhatsApp Business API memungkinkan tenaga kesehatan profesional dapat berkomunikasi dengan pasien secara lebih cepat dan efisien. Melalui pesan teks, mereka dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum, memberikan informasi tentang jadwal dokter, dan mengingatkan pasien tentang janji temu medis yang sudah direncanakan sebelumnya.

  • Pengiriman Dokumen Medis

Teknologi API yang ada pada platform satu ini memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk mengirimkan dokumen-dokumen medis yang diperlukan, seperti resep, hasil tes, dan catatan medis. Para pasien juga dapat menerima dokumen ini secara aman melalui WhatsApp sehingga mereka dapat mengakses informasi kesehatan mereka.

  • Layanan Konsultasi Jarak Jauh

Dengan platform WhatsApp Business API, pasien dapat melakukan konsultasi kesehatan jarak jauh. Pasien dapat berbicara langsung dengan dokter melalui panggilan suara maupun video. Hal ini akan sangat berguna untuk konsultasi yang memerlukan visualisasi, seperti pemeriksaan kulit atau tanda-tanda yang terlihat secara vital.

  • Pengingat Janji Temu

Platform WhatsApp Business API dapat digunakan untuk mengirimkan pesan berisikan pengingat janji temu kepada pasien. Hal ini akan membantu mengurangi tingkat ketidakhadiran pasien akibat melupakan janji temu dengan dokternya di rumah sakit.

  • Edukasi Kesehatan

Kemudian, platform ini juga dapat digunakan bagi pihak rumah sakit untuk menyediakan materi berupa edukasi kesehatan kepada pasien. Dokter juga dapat mengirimkan informasi tentang kondisi medis, tindakan pencegahan, dan perubahan gaya hidup yang sehat melalui pesan teks, gambar, atau video.

Manfaat Melakukan Konsultasi Kesehatan Digital Lewat Platform WhatsApp Business API

Inilah sejumlah manfaat melakukan konsultasi kesehatan digital lewat platform WhatsApp Business API:

  • Akses 24 Jam ke Tenaga Kesehatan Profesional

Salah satu manfaat utama dari layanan konsultasi kesehatan digital lewat WhatsApp Business API adalah akses yang tersedia selama 24 jam ke tenaga kesehatan profesional. Dengan begitu, pasien tidak perlu menunggu jam operasional rumah sakit sehingga mendapatkan jawaban berupa informasi yang mereka inginkan.

  • Pemantauan Jarak Jauh untuk Pasien Kronis

Pasien dengan kondisi kronis seringkali memerlukan pemantauan terus-menerus. Dengan platform WhatsApp Business API, pasien dan dokter akan berkomunikasi secara teratur dan kondisi pasien dapat dipantau dari jarak jauh.

  • Pemantauan Kesehatan Pra dan Pasca-Operasi

Pasien yang menjalani operasi memerlukan perawatan khusus sebelum dan sesudah operasi. Dengan layanan konsultasi kesehatan digital, mereka dapat berkomunikasi dengan dokter untuk memastikan apakah mereka telah siap menjalani operasi ataupun mendapatkan perawatan yang tepat setelahnya.

  • Pencegahan dan Edukasi Kesehatan

Melalui pesan teks, gambar, dan video, dokter dapat memberikan edukasi kesehatan kepada pasien mereka. Ini mencakup informasi tentang cara mencegah penyakit tertentu, menerapkan gaya hidup sehat, dan mengenali tanda-tanda peringatan.

Baca juga: Tingkatkan Customer Experience Layanan Kesehatan via WhatsApp Business

Cara Mengimplementasikan WhatsApp Business API dalam Layanan Kesehatan

Inilah lima cara mengimplementasikan WhatsApp Business API dalam layanan kesehatan:

  • Registrasi dan Verifikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan pihak rumah sakit Anda di WhatsApp Business API dan melakukan verifikasi yang diperlukan.

  • Integrasi dengan Sistem Kesehatan

Kemudian, lakukan integrasi WhatsApp Business API dengan sistem kesehatan Anda. Dengan begitu, melalui platform satu ini pihak rumah sakit dapat mengakses ke data pasien dan rekam medis secara langsung.

  • Pelatihan Tim

Tim medis yang disediakan oleh rumah sakit Anda perlu dilatih tentang cara menggunakan platform WhatsApp Business API dengan benar. Mereka juga perlu tahu bagaimana cara berkomunikasi secara etis dan tetap menjaga kerahasiaan data pasien.

  • Layanan 24 Jam

Pastikan juga bahwa pihak rumah sakit Anda menyediakan tim yang siap memberikan layanan kapan saja kepada pasien. Hal ini sangat penting karena dapat memenuhi kebutuhan pasien yang mungkin memerlukan perawatan di luar jam operasional.

  • Evaluasi dan Peningkatan

Lakukan evaluasi terus-menerus terhadap layanan konsultasi kesehatan digital Anda dan  perbaiki sesuai dengan umpan balik dari pasien.

Tips Efektifkan Konsultasi Kesehatan Digital dengan WhatsApp Business API

Berikut inilah lima tips mudah efektifkan konsultasi kesehatan digital dengan WhatsApp Business API:

  • Lindungi Data Pasien

Pastikan Anda selalu menjaga keamanan data pasien dengan ketat. Penggunaan platform WhatsApp Business API juga harus digunakan sesuai dengan regulasi kesehatan yang berlaku.

  • Tanggap dan Ramah

Tim medis yang disediakan oleh layanan kesehatan Anda harus bersikap tanggap dan ramah saat berkomunikasi dengan pasien. Dengan begitu, pasien akan mendapatkan pengalaman yang berkesan positif.

  • Sediakan Konten Edukatif

Selain menyediakan layanan konsultasi, sediakan juga konten edukatif yang bermanfaat bagi pasien Anda. Konten ini dapat berupa artikel, video, atau infografis.

  • Terima Umpan Balik

Selalu terima umpan balik dari pasien untuk meningkatkan layanan kesehatan Anda.

  • Kembangkan Hubungan Jangka Panjang

Bangunlah hubungan jangka panjang dengan pasien Anda. Dengan begini, para pasien akan merasa nyaman dan terhubung dengan layanan kesehatan Anda.

Baca juga: Cara Gunakan WhatsApp Business API untuk Konsultasi Kesehatan Online

Percayakan Provider Resmi Penyedia WhatsApp Business API untuk Mendapatkan Platform Satu Ini!

Itulah beberapa kegunaan dari platform WhatsApp Business API sebagai sarana konsultasi kesehatan secara digital. Supaya konsultasi kesehatan digital semakin optimal dilakukan, ada baiknya Anda terapkan tips-tips yang telah diberikan juga di atas. Jika Anda sebagai pihak penyedia layanan kesehatan berminat untuk memiliki platform WhatsApp Business API, hubungi pihak provider terpercaya.

Sebagai perusahaan yang bekerja sama dengan pihak META sejak tahun 2021, Ivosights merupakan sebuah Business Provider Solution terpercaya yang dapat menyediakan platform WhatsApp Business API untuk semua jenis bisnis, termasuk pihak rumah sakit. Dengan begitu, keamanan platform ini bisa dijamin. Platform WhatsApp Business API ini juga mendukung digitalisasi berbagai layanan kesehatan, mulai dari pendaftaran dokter, pengingat janji temu pasien, pemantauan pasien, hingga konsultasi kesehatan. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, segera hubungi tim kami untuk berlangganan layanan WhatsApp satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami