5 Fitur WhatsApp Business API Ini Mudahkan Bisnis UKM!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp business. Shutterstock

"Tidak hanya perusahaan besar, kini bisnis UKM juga bisa menggunakan WhatsApp Business API. Inilah beberapa fitur-fiturnya yang berguna untuk UKM."

Aplikasi WhatsApp Business API dipercaya berbagai perusahaan besar untuk memudahkan interaksi antarperusahaan dengan customer. Perbedaan aplikasi ini dengan WhatsApp Business biasa terletak pada kelengkapan fiturnya. Fitur WhatsApp Business API yang dimaksud salah satunya adalah terintegrasinya WhatsApp Business API dengan CRM (Customer Relationship Management) atau platform e-commerce. Tidak hanya untuk perusahaan, fitur-fitur ini juga berguna untuk para pelaku bisnis UKM. Untuk mengetahui keunggulan WhatsApp Business API lebih jauh, Anda perlu menyimak beberapa fitur yang ditawarkan. Sebelum itu, Anda wajib mengenali terlebih dahulu apa itu Whatsapp Business API. WhatsApp Business API adalah salah satu platform buatan WhatsApp yang berfungsi menjembatani komunikasi brand dengan customer. Melalui aplikasi ini, customer dapat bertanya atau memberikan keluhan terkait produk atau layanan yang disediakan perusahaan.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API memudahkan perusahaan dan pemilik bisnis UKM untuk memberikan respon dan solusi ke customer secara cepat dan efisien. Berikut ini adalah beberapa keunggulan Whatsapp Business API:

  • Menggunakan Satu Nomor Aktif untuk Satu Perusahaan

Salah satu persyaratan pembuatan akun WhatAapp Business API adalah dengan menyiapkan satu nomor WhatsApp aktif. Akun perusahaan akan tetap aktif walaupun perangkat dalam keadaan mati sekalipun.

Baca juga: Mengapa Whatsapp Business API Penting bagi Layanan Profesional Anda?

  • Tidak Adanya Batasan Jumlah Agen Contact Center dan Perangkat

WhatsApp Business API tidak membatasi jumlah agen dan device yang digunakan. Akun ini juga dapat diakses beberapa orang dalam satu waktu yang sama. Dengan memanfaatkan kegunaan satu ini, semua pertanyaan dan keluhan dapat ditindaklanjuti secara lebih efektif.

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen dengan Tanda Centang Hijau

Tanda centang hijau ini menjadi bukti bahwa akun WhatsApp Anda telah terverifikasi secara resmi. Dengan akun yang terverifikasi, kepercayaan calon customer terhadap brand milik Anda akan meningkat.

Fitur-Fitur Andalan WhatsApp Business API, Bisa Untuk UKM Juga!

  • Fitur Blast Message

Fitur blast message cukup mirip dengan fitur broadcast yang disediakan WhatsApp. Bedanya, fitur blast message disediakan oleh pihak ketiga di luar WhatsApp. Selain tidak memiliki Batasan jumlah penerima pesan, fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan pesan ke customer yang tidak menyimpan nomor perusahaan dalam kontaknya.

  • Integrasi CRM

WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan customer relationship management serta platform e-commerce lainnya. Dengan integrasi antar dua platform ini, Anda dapat mengotomatiskan proses, mengelola pesanan bisnis, serta membuat operasional jadi lebih efektif.

  • Sinkronisasi Chat secara Otomatis

Chat antar perusahaan dengan customer dapat tersinkronisasi secara otomatis. Hal ini berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang mengharuskan Anda melakukan sinkronisasi chat secara manual.

  • Custom Nama Akun Bisnis

Akun WhatsApp Business yang digunakan dapat dimodifikasi sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan informasi lainnya mengenai bisnis Anda, seperti logo, jam operasional, dan alamat gedung perusahaan.

  • Mudahkan Transaksi

Customer dapat mendapatkan informasi transaksional, misalnya konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, serta pembayaran barang. Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa pemberitahuan tersebut melalui label “Penting” pada layer obrolan.

Baca juga: Tingkatkan Customer Loyalty dengan Penggunaan WhatsApp Business

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API

Untuk mendaftar WhatsApp Business API, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Persiapkan kebutuhan bisnis

Pastikan bisnis Anda memenuhi persyaratan WhatsApp Business API, seperti memiliki bisnis yang sah, memiliki nomor telepon bisnis yang valid, dan memiliki infrastruktur teknologi yang memadai.

  • Temui partner resmi WhatsApp

Cari partner resmi WhatsApp yang akan membantu Anda dalam proses pendaftaran dan integrasi WhatsApp Business API. Salah satu partner resmi yang dapat Anda hubungi adalah Ivosights.

  • Konsultasikan kebutuhan Anda

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan partner resmi WhatsApp. Mereka akan membantu Anda memahami fitur dan keuntungan WhatsApp Business API serta membantu Anda memilih paket dan solusi yang sesuai.

  • Daftarkan bisnis Anda

Setelah konsultasi dengan partner resmi WhatsApp, Anda perlu mengisi formulir pendaftaran dan memberikan informasi bisnis yang diperlukan. Proses ini akan melibatkan verifikasi dan validasi bisnis Anda.

  • Persiapkan infrastruktur teknis

Partner resmi WhatsApp akan membantu Anda dalam mempersiapkan infrastruktur teknis yang diperlukan untuk mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan sistem bisnis Anda.

  • Integrasikan WhatsApp Business API

Setelah persiapan teknis selesai, partner resmi WhatsApp akan membantu Anda dalam proses integrasi WhatsApp Business API dengan sistem bisnis Anda. Ini melibatkan pengaturan akun, pemberian akses API, dan konfigurasi pesan.

Tertarik Menggunakan WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API bisa didapatkan melalui pihak ketiga yang bekerja sama dengan perusahaan META. Sebagai perusahaan terbaik di bidang customer engagement, Ivosights bekerja sama dengan META untuk menjadi salah satu partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia. Jika dibandingkan dengan perusahaan lain, Ivosights menyediakan dashboard pengiriman pesan dan report yang lengkap. Perhitungannya juga lebih jelas dan menguntungkan bagi Anda. Yuk, segera dapatkan akun Whatsapp Business API hanya di Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami