Apa Itu Enkripsi End-to-End pada WhatsApp Business?

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 14 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

"Enkripsi end-to-end adalah keamanan untuk mengubah pesan menjadi kode yang tidak bisa dibaca oleh pihak ketiga. Ini adalah salah satu keamanan di WhatsApp Business"

Enkripsi end-to-end adalah teknologi keamanan yang digunakan oleh WhatsApp Business untuk melindungi pesan yang dikirim antara pengguna dengan tingkat keamanan tertinggi. Dengan menggunakan enkripsi end-to-end, pesan yang dikirim melalui WhatsApp Business hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima yang sah, dan tidak dapat diakses oleh pihak ketiga, termasuk WhatsApp Business sendiri. Dengan end-to-end keamanan percakapan menjadi terjamin. Tak hanya pesan teks, pihak WhatsApp Business juga menjamin perpesanan berupa audio dan gambar sudah terenkripsi end-to-end.

Apa Itu Enkripsi End-to-End pada WhatsApp Business?

Enkripsi end-to-end adalah metode keamanan yang memastikan bahwa pesan yang dikirim melalui WhatsApp Business hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima yang sah. Artinya, saat pesan dikirim, pesan tersebut dienkripsi di perangkat pengirim dan hanya dapat didekripsi di perangkat penerima. WhatsApp Business menggunakan protokol enkripsi sinyal yang sangat kuat, yang juga digunakan oleh aplikasi pesan instan lainnya, seperti Signal Messenger.

Contoh sederhana dari enkripsi end-to-end adalah ketika Alice mengirim pesan kepada Bob melalui WhatsApp Business. Ketika Alice mengirim pesan tersebut, pesan itu akan dienkripsi secara otomatis di perangkatnya menggunakan kunci enkripsi yang hanya diketahui oleh Alice. Pesan yang telah dienkripsi kemudian dikirim melalui jaringan WhatsApp ke perangkat Bob. Di perangkat Bob, pesan tersebut akan diterima dan hanya dapat didekripsi oleh Bob menggunakan kunci enkripsi yang dimilikinya. Selama proses ini, pesan tetap terenkripsi di server WhatsApp Business dan tidak dapat diakses oleh WhatsApp Business atau pihak ketiga.

Baca juga: Integrasikan Bisnis di E-commerce ke WhatsApp Business API, Efektif!

Cara Kerja Enkripsi End-to-End

Setiap kali Anda membuka WhatsApp Business, di awal percakapan pasti Anda akan melihat tulisan “end-to-end”. End-to-end adalah salah satu cara pengamanan pesan. Berikut adalah cara kerja enkripsi end-to-end pada WhatsApp.

  • Pertukaran Kunci

Ketika dua pengguna pertama kali berinteraksi melalui WhatsApp, kunci enkripsi unik dan aman dihasilkan pada perangkat masing-masing. Kunci ini kemudian ditukar secara aman antara kedua perangkat untuk memastikan bahwa hanya mereka yang memiliki kunci ini yang dapat membaca pesan yang dikirim.

  • Enkripsi Pesan

Setiap pesan yang dikirim melalui WhatsApp dienkripsi secara otomatis di perangkat pengirim menggunakan kunci enkripsi yang hanya diketahui oleh pengirim. Proses enkripsi ini melibatkan algoritma matematika yang rumit dan kuat untuk mengubah pesan menjadi format yang tidak dapat dibaca.

  • Dekripsi Pesan

Ketika pesan telah dikirim dan diterima di perangkat penerima, pesan tersebut hanya dapat didekripsi oleh penerima menggunakan kunci enkripsi yang dimilikinya. Proses dekripsi ini memastikan bahwa pesan dapat dibaca dalam bentuk aslinya oleh penerima yang sah. Dekripsi sendiri adalah pemecahan pesan enkripsi.

  • Kunci Enkripsi yang Diamankan

Kunci enkripsi yang digunakan untuk mengamankan pesan tidak pernah dikirim atau disimpan di server WhatsApp. Kunci hanya ada di perangkat pengirim dan penerima, sehingga WhatsApp atau pihak ketiga tidak dapat mengakses pesan yang terenkripsi.

Apakah Enkripsi End-to-End Aman?

Enkripsi end-to-end pada WhatsApp dianggap sangat aman. Beberapa alasan mengapa enkripsi end-to-end pada WhatsApp dianggap aman adalah.

  • Privasi Pengguna

Enkripsi end-to-end memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima pesan yang dapat membaca isi pesan tersebut. Ini berarti WhatsApp atau pihak ketiga tidak memiliki akses ke pesan yang terenkripsi.

  • Perlindungan dari Penyadapan

Dengan menggunakan enkripsi end-to-end, pesan yang dikirim melalui WhatsApp dilindungi dari penyadapan oleh pihak ketiga. Pesan yang terenkripsi hanya dapat didekripsi oleh pengirim dan penerima yang memiliki kunci enkripsi yang sesuai.

  • Keamanan Data

Enkripsi end-to-end melindungi data pribadi dan informasi sensitif yang dikirim melalui WhatsApp. Hal ini memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada pengguna dalam berkomunikasi dan berbagi informasi melalui aplikasi tersebut.

Namun, penting untuk diingat bahwa enkripsi end-to-end hanya melindungi pesan yang dikirim melalui WhatsApp. Penting untuk tetap waspada terhadap praktik keamanan lainnya, seperti melindungi perangkat Anda dengan kata sandi yang kuat, menghindari mengklik tautan yang mencurigakan, dan tidak membagikan informasi pribadi yang sensitif melalui pesan.

Baca juga: Harus Waspada! Ini Konsekuensi Pelanggaran Etika WhatsApp Business API

Dapatkan WhatsApp Business API di Ivosights untuk keamanan Bisnis Anda

Dari penjelasan-penjelasan di atas, enkripsi end-to-end pada WhatsApp merupakan fitur keamanan yang penting dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna. Tak hanya keamanannya yang menjanjikan, pengguna WhatsApp di dunia juga sudah menyentuh angka hingga 2 miliar orang lebih. Tak heran jika WhatsApp bisa dijadikan aplikasi untuk berbisnis. 

WhatsApp memiliki tiga versi aplikasi, yaitu WhatsApp biasa untuk personal, WhatsApp Business untuk bisnis, dan WhatsApp Business API untuk bisnis dan memiliki fitur yang lebih baik. Bagi Anda para pelaku bisnis, WhatsApp Business API sangatlah cocok untuk berbisnis. Tak hanya keamanan dan pengguna WhatsApp yang banyak, namun fitur dari WhatsApp Business API juga sangat membantu dan menjanjikan.

WhatsApp Business API dapat diintegrasikan dengan backend web bisnis Anda, dapat diintegrasikan dengan chatbot juga, satu akun dapat dioperasikan oleh banyak agen, dan masih banyak lagi. Namun, untuk penyedia WhatsApp Business API, Anda juga harus memperhatikannya. Seperti Ivosights, sebagai penyedia WhatsApp Business API Ivosights berkomitmen untuk memberikan dukungan pelayanan yang maksimal. Ivosights juga memberikan demo WhatsApp Business API yang dapat Anda coba dan lihat. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami