Saat ini, WhatsApp telah berkembang menjadi lebih dari sekadar aplikasi pesan instan untuk kebutuhan pribadi. Kini, platform ini juga menjadi solusi yang sangat berguna untuk mendukung berjalannya operasional bisnis. Terdapat dua varian WhatsApp Business yang tersedia: WhatsApp Business standar dan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API menawarkan sejumlah fitur yang sangat sesuai untuk bisnis dengan skala menengah hingga besar. Salah satunya adalah fitur WhatsApp Blast

Mengenal WhatsApp Blast

WhatsApp Blast merupakan fitur pada WhatsApp Business API yang memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan brodcast message atau pesan massal kepada pelanggannya. Apabila pada WhatsApp Business standar penggunanya hanya dibatasi mengirim pada 256 kontak, WhatsApp Business API tidak memberlakukan peraturan tersebut. Pengguna WhatsApp Business API dapat mengirim pesan tanpa batasan kontak. Sehingga, pengguna dapat memperluas jangkauan masyarakat dan target bisnisnya sekaligus. Pebisnis pada umumnya menggunakan WhatsApp Blast sebagai sarana mempromosikan produk, layanan, campaign, atau bahkan event perusahaan. Tak hanya itu, pengguna dapat menganalisis pesan yang tersebar melalui WhatsApp Blast pada dasbor reporting. Dasbor ini berisi status pesan (sent, delivered, read, failed). Sehingga, perusahaan dapat dengan mudah mengevaluasi kinerja melalui dasbor tersebut.

Baca Juga: Tips Membuat Copywriting Ramadan agar WhatsApp Blast Profit! 

Panduan Lengkap Menggunakan WhatsApp Blast

Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengirimkan pesan melalui WhatsApp Blast:

Untuk menggunakan fitur WhatsApp Blast, bisnis Anda harus terdaftar pada WhatsApp Business API. Anda bisa mendaftar langsung melalui Meta atau melalui penyedia layanan WhatsApp Business Solution Provider. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

1. Legalitas Bisnis 

Anda perlu memiliki legalitas CV atau PT. CV di sini adalah Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT mengacu pada perseroan terbatas. 

2. Kepemilikan Situs Web dan E-Mail 

Perusahaan wajib memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. Contohnya seperti asep@domainwebsiteku.com. 

3. ID Facebook Business Manager 

Anda perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini mengacu pada nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Anda dapat menemukannya di sini

4. Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy 

Anda perlu memastikan bisnis sudah sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Berikut penjelasan lengkapnya: WhatsApp Commerce Policy.

5. Menghubungi WhatsApp Business Provider 

Setelah memastikan seluruh syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, Anda dapat menghubungi WhatsApp Business Provider yang dapat membantu proses pendaftaran akun, memberikan asistensi teknis dan operasional bisnis.

Setelah memiliki akun WhatsApp Business API, Anda harus membuat daftar kontak atau database pelanggan. Hal ini akan memudahkan brand untuk mengirim pesan dengan cepat dan efisien.

Selanjutnya, Anda harus membuat template pesan yang akan dikirim melalui WhatsApp Blast. Pesan ini bisa berisi informasi terbaru mengenai produk dan layanan, kampanye, diskon, hingga penawaran menarik lainnya. Anda juga bisa mendesain pesan ini secara personal untuk membangun kedekatan antara brand dan pelanggan.

Setelah pesan Anda siap untuk dikirimkan, Anda bisa langsung mengirimkannya kepada semua kontak dalam daftar atau basis data pelanggan melalui fitur dasbor siaran pada layanan WhatsApp Blast.

Setelah pesan terkirim, Anda bisa melakukan monitoring pesan melalui laporan di dasbor. Di sana, Anda bisa melihat status pesan (sent, delivered, failed, atau read). Dengan fitur pemantauan ini, Anda bisa mengevaluasi dan menganalisis kinerja WhatsApp Business API secara lebih efektif.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Blast Marketing

WhatsApp Blast dari Ivosights: Maksimalkan Penyebaran Informasi Produk dan Layanan Tanpa Batas Kontak!

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dasbor WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dasbor CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!