WhatsApp Blast: Definisi, Manfaat, dan Cara Kerja untuk Pelaku Bisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Blast. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Blast. Shutterstrock

"Telusuri informasi lengkap mengenai WhatsApp Blast, sarana promosi dan penyebaran informasi yang dapat Anda gunakan."

WhatsApp kini tak hanya menyediakan fasilitas pesan instan personal, tetapi juga pesan instan untuk mengelola operasional bisnis, yaitu WhatsApp Business. Terdapat dua jenis, yaitu WhatsApp Business standar dan WhatsApp Business API. Salah satu fitur yang sangat bermanfaat untuk sarana penyebaran informasi adalah fitur WhatsApp Blast pada WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Blast?

WhatsApp Blast adalah fitur yang bisa didapatkan pebisnis melalui WhatsApp Business API. Berbeda dengan WhatsApp Business standar yang hanya membatasi ke 256 kontak untuk fitur broadcast messages, fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan informasi secara massal tanpa kontak yang terbatas. Sehingga, perusahaan dapat menyebarkan informasi dan menjangkau pelanggan secara lebih luas lagi.

Kegunaan WhatsApp Blast untuk Operasional Bisnis

WhatsApp Blast memiliki berbagai macam kegunaan yang bisa dirasakan pengguna. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memperluas Jangkauan Pelanggan

WhatsApp Blast tanpa kontak yang dibatasi aplikasi dapat membuahkan keuntungan bagi pebisnis. Terutama pengguna WhatsApp Business API yang merupakan perusahaan skala menengah dan besar yang membutuhkan alur komunikasi secara masif.

  • Informasi Tersebar secara Langsung dan Massal

Informasi yang disebarkan perusahaan melalui media sosial tidak dapat menjamin dapat diterima secara langsung dan efisien. Sementara WhatsApp Blast memungkinkan perusahaan menyebarkan pesan secara personal, langsung, dan massal. Hal ini menguntungkan perusahaan yang ingin memastikan informasi terkait produk, layanan, dan tawaran diskon dapat diterima oleh audiens secara luas.

  • Mempermudah Analisis Performa Aplikasi dan Kinerja Karyawan 

Pada umumnya, WhatsApp Business API menyediakan fitur yang dapat menganalisis performa WhatsApp Blast melalui dasbor broadcast. Selain itu, perusahaan dapat juga melihat status pesan (sent, delivered, read, failed) melalui dasbor reporting. Analisis dan laporan yang dapat diakses ini mempermudah karyawan untuk melakukan evaluasi kinerja.

  • Konten yang Dapat Dipersonalisasi

Konten yang dibuat khusus dan bersifat personal dapat meninggalkan kesan positif pada benak pelanggan. Interaksi unik ini dapat dioptimalkan melalui fitur WhatsApp Blast. Sehingga, akan muncul kesan ‘dekat’ antara brand dan pelanggannya yang juga dapat mempengaruhi peningkatan brand loyalty.

Baca Juga: Tips Membuat Copywriting Ramadan agar WhatsApp Blast Profit! 

Cara Menggunakan WhatsApp Blast

Apabila Anda tertarik menggunakan fitur WhatsApp Blast, Anda dapat melakukan beberapa langkah ini:

  • Mendaftar ke WhatsApp Business API

Sebelum Anda dapat mengakses WhatsApp Blast. Anda perlu memastikan bisnis Anda sudah terdaftar di WhatsApp Business API. Anda dapat mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business solution provider atau perusahaan penyedia WhatsApp Business API supaya mendapatkan asistensi teknis. Terdapat beberapa syarat yang dapat dipenuhi oleh bisnis:

  1. Legalitas Bisnis
    Perusahaan perlu menyiapkan legalitas bisnis. Dikarenakan WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk bisnis yang memiliki legalitas CV atau PT. CV merupakan Commanditaire Vennootschap atau persekutuan komanditer, sementara PT singkatan dari perseroan terbatas.
  2. Kepemilikan Situs Web dan E-Mail
    Perusahaan perlu memiliki situs web dan E-Mail dengan domain yang sama. 
  3. ID Facebook Business Manager
    Bisnis perlu memiliki ID Facebook Business Manager. ID ini merupakan nomor unik yang sesuai dengan portofolio bisnis. Apabila Anda memiliki kesulitan untuk mencari nomor unik, cek cara menemukannya di sini.
  4. Menyesuaikan dengan WhatsApp Commerce Policy
    Persyaratan selanjutnya, bisnis perlu sesuai dengan ketentuan Facebook atau WhatsApp Commerce Policy. Untuk penjelasan lengkapnya, dapat dilihat di tautan ini.
  • Membuat Daftar Kontak atau Database Pelanggan

Setelah berhasil terdaftar, Anda dapat membuat database pelanggan yang akan dituju. Daftar ini berguna supaya memudahkan Anda untuk mengirimkan pesan secara cepat.

  • Membuat Template Pesan

Anda dapat menyusun template pesan yang akan dikirim. Dapat berisi informasi produk dan layanan, campaign, diskon, dan tawaran lainnya. Pesan yang dibuat juga dapat didesain secara personal untuk menciptakan kedekatan antara brand dan pelanggannya.

  • Mengirimkan Pesan

Setelah template pesan berhasil dibuat, Anda dapat langsung menyebarkan pesan melalui dasbor broadcast.

  • Pemantauan Pesan

Untuk performa yang maksimal, Anda dapat memantau pesan melalui dasbor reporting pada WhatsApp Business API. Pemantauan ini mengacu pada status pesan (sent, delivered, failed, read).

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Blast Marketing

WhatsApp Blast dari Ivosights: Fitur Promosi Paling Ampuh untuk Mencakup Jangkauan Audiens yang Luas

WhatsApp Business API menyediakan beragam jenis fitur yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, salah satunya adalah WhatsApp Blast. Dengan Ivosights, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk bergabung pada WhatsApp Business API. Ivosights merupakan business provider solution di Indonesia yang menyediakan perhitungan yang lebih jelas dan menguntungkan bagi bisnis Anda. Platform ini juga dilengkapi dengan dashboard WhatsApp Business yang lengkap untuk pengiriman pesan, integrasi dashboard CRM, juga laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami