Customer Delight: Pengertian dan Keuntungannya

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 16 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer delight. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer delight. Shutterstock.

"Customer delight merupakan kondisi saat bisnis sudah melebih ekspektasi kepuasan pelanggan"

Pada dasarnya, customer delight merupakan bukan sekedar kepuasan pelanggan. Mengapa? Ada campur tangan emosional pelanggan dengan bisnis Anda, namun bukan dari pemberian diskon atau harga yang murah saja. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu customer delight, artikel ini akan membahas mengenai pengertian dan keuntungan customer delight.

Apa Itu Customer Delight?

Customer delight merupakan kondisi saat bisnis sudah melebih ekspektasi kepuasan pelanggan. Hal tersebut bisa dicapai bukan hanya kualitas produk saja, tetapi pelayanan yang baik diutamakan, sehingga menimbulkan ikatan perasaan emosional antara pelanggan dengan produk yang diciptakan oleh brand.

Bisnis manapun pasti sangat ingin membuat pelanggannya puas dengan produk dan layanan yang diberikan dan berharap bahwa mereka mau kembali untuk melakukan pembelian kembali.

Untuk memahami lebih lanjut tentang Customer Delight, kami akan memberikan contoh yang sederhana, yaitu pembelian handphone.

Seperti yang Anda ketahui, harga handphone itu beragam. Saat pelanggan membeli dan memiliki handphone tersebut, kemudian secara tiba-tiba handphonenya bermasalah, mau tidak mau si pengguna ini akan menghubungi call center atau customer service itu meminta solusi atau semacamnya.

Ketika si pengguna ini disuruh untuk datang ke service center, si pelanggan merasa kaget karena fasilitas dari service center itu nyaman dan pelayanan yang diberikan juga baik seperti mendapatkan snack atau minuman gratis. Permasalahan pada handphone mereka juga tuntas. Hal ini dilakukan agar pelanggan yang memakai jasa tersebut menjadi nyaman dan optimal.

Kondisi pelanggan yang merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, bukan tidak mungkin mereka akan menceritakan pengalamannya kepada teman, keluarga, rekan, media sosial, dan lain-lain. Customer delight ini juga bisa dibilang sebagai ladang word of mouth marketing yang biasanya strategi ini lebih efektif dari strategi lainnya.

Keuntungan Customer Delight

Selain sebagai ladang word of mouth marketing, customer delight memiliki beberapa manfaat. Berikut ini adalah manfaat lain dari Customer Delight:

  • Memperkuat brand loyalty.
  • Meningkatkan pendapatan.
  • Menciptakan image bisnis yang baik ke beberapa platform seperti media social.
  • Membedakan bisnis tersebut dengan kompetitor lain.
  • Memastikan pelanggan akan melakukan pembelian kembali.

Manfaat-manfaat tersebut tidak hanya berlaku untuk jangka pendek saja, namun, berlaku untuk jangka panjang. Jika Anda sudah mendapatkan rumus yang tepat untuk mendapatkan customer delight dalam bisnis yang dijalankan, stabilitas bisnis untuk jangka panjang cenderung akan berjalan lebih stabil. Bagaimana tidak, Anda memiliki pelanggan setia yang kemungkinan akan melakukan pembelian secara berulang kepada brand Anda karena senang dan puas dengan kualitas produk atau jasa dan pelayanannya.

Itu dia pengenalan tentang apa itu customer delight. Seperti yang dijelaskan pada artikel ini, customer delight memiliki sedikit kemiripan dengan customer satisfaction karena sama-sama memiliki tujuan untuk memuaskan pelanggan. Hanya saja, dalam customer delight, pelanggan puas lebih dari ekspektasi mereka.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami