Kurangi Penggunaan Biaya Berlebih dengan WhatsApp Banking

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 06 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business. Shutterstock

"WhatsApp banking dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran biaya secara berlebih"

Seiring dengan perkembangan era digital, kemajuan teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan kita, termasuk dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satu inovasi ini berbentuk adalah WhatsApp Banking. Kemunculan whatsapp banking memberikan sejumlah kelebihan dibanding transaksi secara konvensional, salah satunya yaitu mengurangi penggunaan biaya secara berlebih.

Pengertian dari WhatsApp Banking

WhatsApp Banking merupakan sebuah layanan perbankan yang menerapkan aplikasi pesan WhatsApp sebagai pembantu untuk melakukan beberapa transaksi perbankan. Dengan menggunakan WhatsApp Banking, pengguna dapat melakukan transfer uang, pembayaran tagihan, cek saldo, dan berbagai layanan perbankan lainnya melalui chat langsung dengan pihak bank.

Kegunaan WhatsApp Banking untuk Mendukung Transaksi Sehari-Hari

WhatsApp banking memiliki berbagai kegunaan dalam mendukung transaksi sehari-hari. Beberapa kegunaan tersebut antara lain:

  • Transfer Uang

Melalui WhatsApp Banking, Anda dapat melakukan transfer uang ke rekening orang lain dalam waktu yang cepat.

  • Pembayaran Tagihan

Dengan WhatsApp Banking, Anda dapat melakukan pembayaran tagihan seperti listrik, air, telepon, atau internet dengan mudah. Anda tidak perlu lagi sibuk mengantri di loket pembayaran atau menggunakan mesin ATM untuk membayar tagihan tersebut.

  • Pembelian Pulsa

Jika Anda membutuhkan pulsa untuk telepon seluler, Anda dapat langsung membelinya melalui WhatsApp Banking. Langkahnya cukup mudah karena hanya dengan mengirimkan pesan ke layanan whatsapp banking yang terkait.

  • Cek Saldo dan Mutasi Rekening

Melalui WhatsApp Banking, Anda dapat dengan mudah mengecek saldo rekening dan melihat mutasi rekening.

Baca juga: Pengaruh WhatsApp Business API dalam Mempercepat Transaksi Perbankan

Kelebihan Bertransaksi dengan WhatsApp Banking dibandingkan Transaksi Konvensional

Bertransaksi dengan WhatsApp Banking memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan transaksi konvensional, antara lain:

  • Kemudahan dan Kecepatan

WhatsApp Banking memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan cepat tanpa mengunjungi cabang bank maupun mesin ATM terdekat. Dengan menggunakan handphone dan koneksi internet yang mendukung, transaksi dapat dilakukan dengan cepat.

  • Kemudahan Akses

WhatsApp Banking memberikan kebebasan pengaksesan dari segi tempat dan waktu penggunanya, selama didukung oleh akses internet yang memadai. Pengguna dapat melakukan transaksi 24/7 bahkan di luar jam operasional layanan perbankan

  • Biaya Transaksi yang Lebih Rendah

Transaksi melalui WhatsApp Banking umumnya dikenakan dengan biaya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan transaksi secara konvensional. Beberapa bank bahkan memberikan layanan WhatsApp Banking secara gratis khusus untuk para nasabahnya.

  • Penggunaan Data yang Efisien

Dalam transaksi konvensional, pengguna sering diharuskan untuk mengisi formulir secara berulang-ulang. Dengan bantuan WhatApp Banking, informasi-informasi yang diperlukan ini sudah tersedia dalam chat history.

Strategi dalam Mengoptimalkan Penggunaan WhatsApp Banking untuk Mengurangi Biaya Berlebih

Untuk mengurangi penggunaan biaya berlebih dengan WhatsApp Banking, berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:

  • Pilih Bank yang Menyediakan Layanan Whatsapp Banking

Pastikan Anda memilih bank yang menyediakan layanan WhatsApp Banking. Lakukan riset secara teliti untuk mengetahui bank mana saja yang menawarkan layanan tersebut. Kerjasama dengan layanan perbankan yang tepat dapat mengoptimalkan penggunaan layanan WhatsApp Banking.

  • Manfaatkan Fitur Gratis

Beberapa bank memberikan layanan WhatsApp Banking secara gratis kepada nasabahnya. Manfaatkan fitur ini untuk mengurangi biaya transaksi Anda. Pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak adanya biaya tambahan.

  • Gunakan Promo dan Diskon

Selama periode tertentu, bank akan menawarkan promo atau diskon khusus untuk transaksi melalui WhatsApp Banking. Pantau promo-promo tersebut dan manfaatkan untuk menghemat biaya transaksi Anda.

  • Optimalkan Penggunaan Fitur

WhatsApp Banking juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang membantu Anda mengelola keuangan secara lebih efisien. Adanya fitur-fitur seperti transfer antar bank, pembayaran tagihan, atau pembelian pulsa digunakan untuk menghindari biaya tambahan dari transaksi konvensional.

Baca juga: Tantangan Bertransaksi Perbankan Melalui WhatsApp Business API

Gunakan Platform WhatsApp Business API untuk Menunjang Aktivitas Perbankan

Platform WhatsApp Business API dapat digunakan dalam berbagai bidang perusahaan, salah satunya industri financial. Melalui artikel di atas Anda juga dapat menyimpulkan sendiri betapa banyaknya kegunaan yang diberikan WhatsApp Business API untuk nasabah perbankan. Selain berperan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, WhatsApp Business API akan memudahkan perbankan untuk menghubungi pelanggan secara mudah dengan format pesan yang bisa disesuaikan. Selain itu, bank juga dapat mengirimkan pesan tersebut ke seluruh nasabahnya dalam waktu yang bersamaan.

Berkat platform bisnis WhatsApp satu ini, nasabah juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan layanan perbankan. Perbankan juga lebih mudah untuk memeroleh kepercayaan nasabahnya berkat tanda centang hijau yang diberikan pada premium number bank. Segera hubungi Ivosights sebagai Whatsapp Business Solution Provider (BSP) untuk mendapatkan layanan Whatsapp yang satu ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami