Unique Value Proposition: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Ripple10

,

Sociomation


Penulis : Administrator - Jumat, 19 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Unique Value Proposition. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Unique Value Proposition. Shutterstock

"Unique value proposition adalah nilai unik yang suatu brand miliki untuk menciptakan target pasar yang tepat."

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa sebagian produk atau layanan dapat menarik perhatian dan kesetiaan pelanggan lebih daripada yang lain? Salah satu faktornya adalah adanya Unique Value Proposition (UVP) yang kuat. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki UVP yang jelas dan menarik menjadi kunci untuk membedakan diri dari pesaing dan menarik minat pelanggan. Yuk mengenal lebih jauh mengenai unique value proposition dengan informasi berikut ini!

Pengertian Unique Value Proposition

Unique value proposition adalah nilai unik yang suatu brand miliki untuk menciptakan target pasar yang tepat. UVP dalam setiap perusahaan harus memiliki keunikannya masing-masing. Unique value proposition ini harus dapat menggambarkan citra dari suatu brand dan memiliki value bagi pelanggan mereka. UVP memiliki tiga komponen utama, yaitu diferensiasi, kuantifikasi, dan relevansi. Artinya sebuah produk harus memiliki nilai unik dari produk lainnya tetapi tetap relevan dengan keperluan pelanggan.

UVP menjadi hal penting bagi strategi pemasaran perusahaan. Karena UVP akan menjadi hal yang paling perusahaan fokuskan dalam mengetahui seberapa banyak konsumen yang dapat melihat UVP dari suatu perusahaan. Sehingga dalam menciptakan UVP yang tepat, perusahaan harus melakukan segmentasi pasar, menganalisis kompetitor, dan mengikuti tren yang sedang berkembang di kalangan pelanggan.

Baca Juga: Customer Data Segmentation Menjadi Cara untuk Pengelompokkan Pelanggan

Karakteristik Unique Value Proposition

Terdapat 6 karakteristik dari unique value proposition, antara lain: 

  • Daya tarik visual

Unique value proposition agar menarik perhatian pelanggan harus memiliki daya tarik visual yang menawan dalam marketing campaign yang dilakukan oleh perusahaan. Lakukan market research untuk mencari tahu visual seperti apa yang cocok untuk pelanggan Anda.

  • Tujuan yang jelas

Perusahaan memiliki target dan tujuan bisnisnya masing-masing. Melalui unique value proposition ini, perusahaan harus menunjukkan tujuan brand untuk kebutuhan target pasar secara jelas. Dengan tujuan yang jelas, konsumen akan paham mengenai nilai dari bisnis dan produk tanpa harus dijelaskan lebih lanjut.

  • Kesederhanaan

UVP yang sukses biasanya memiliki headline yang sederhana dan jelas. Statement ini sebaiknya berisikan satu kalimat berupa tagline yang mudah diingat oleh pelanggan.

  • Tunjukkan keunggulan.

Karakteristik keempat dari Unique value proposition adalah memiliki keunggulan yang dapat ditunjukkan. Pastikan bahwa UVP menunjukkan kelebihan brand dan manfaat yang konsumen dapatkan apabila mereka menggunakan produk tersebut. Buat juga gamparan mengenai kelebihan produk Anda dibandingkan dengan kompetitor.

  • Nilai produk

Unique value proposition yang baik mampu menunjukkan nilai produk mereka kepada konsumen. UVP memuat headline dan subheadline yang dapat menjelaskan mengenai value dari produk perusahaan. Misalnya menjelaskan fitur dan keuntungan dari penggunaan produk tersebut.

  • Call to action

Karakteristik dari unique value proposition yang terakhir adalah call to action (CTA). dengan menggunakan CTA yang menarik, calon pelanggan dapat berubah menjadi pelanggan tetap karena mereka mudah dipengaruhi untuk melakukan pembelian terhadap produk perusahaan.

Manfaat Unique Value Proposition

Manfaat dari unique value proposition antara lain: 

  • Membedakan diri dari kompetitor

Dengan memiliki UVP yang unik, perusahaan dapat memiliki ciri khas yang membedakan mereka dengan kompetitor. Hal ini membuat bisnis menjadi lebih menonjol dan menarik perhatian pelanggan.

  • Mengkomunikasikan value perusahaan dengan jelas

Unique value proposition dapat membantu perusahaan dalam mengkomunikasikan nilai dan manfaat dari produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Dengan memiliki pesan yang jelas dan terfokus, perusahaan dapat lebih efektif menarik minat konsumen dan menjelaskan kenapa produk mereka lebih unggul dibanding produk lain.

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan menawarkan nilai unik kepada pelanggan, perusahaan dapat memenuhi harapan pelanggan secara lebih baik melalui unique value proposition ini. Tingkat kepuasan pelanggan dapat meningkat serta mampu membangun loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Selain itu, perusahaan juga berpeluang mengambil kembali pelanggan yang telah berpaling ke produk perusahaan lain.

Baca Juga: Ingin Menganalisis Kompetitor Bisnis? Lakukan Tips Berikut!

  • Meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis

UVP yang kuat dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis mereka. Dengan memfokuskan manfaat dan ciri khas produk, bisnis dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

  • Memperkuat citra merek

UVP yang kuat dapat membantu membangun citra brand yang konsisten sehingga mampu dikenal baik. Hal ini dapat mmebuat bisnis mebangun reputasi mereka menjadi lebih baik sehingga pelanggan dapat memilih produk mereka sebagai prioritas dalam persaingan pasar.

Analisis Pembuatan Unique Value Proposition yang Baik dengan Bantuan Ivosights

Agar perusahaan dapat menciptakan unique value proposition yang baik, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar semakin optimal. Beberapa caranya antara lain dengan melakukan segmentasi pasar, menganalisis kompetitor, dan mengikuti tren yang sedang berkembang di kalangan pelanggan. Apabila Anda ingin mencari layanan dan produk yang dapat membantu Anda menciptakan UVP terbaik, gunakanlah Ripple10 dan Sociomation dari Ivosights.

Ripple10 memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring seluruh percakapan di media digital sesuai dengan keyword yang Anda cari. Anda dapat mencari tahu apa saja yang menjadi pembahasan pelanggan terhadap perusahaan Anda serta mengetahui tren terkini yang membantu perusahaan menciptakan unique value proposition. Selain itu, terdapat fitur competitive analysis untuk membantu Anda mengetahui langkah kompetitor dalam meningkatkan bisnis mereka.

Sementara Sociomation dapat membantu perusahaan menciptakan segmentasi pelanggan yang akurat serta membantu perusahaan mengelola database pelanggan dengan optimal. Anda juga dapat memperkaya data pelanggan dengan adanya fitur data enrichment untuk membantu perusahaan mencari profil pelanggan yang sesuai dengan produk perusahaan. Segera hubungi Ivosights untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Ripple10 dan Sociomation! 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami