Tertarik Mengikuti Annual Report Award? Simak Syaratnya Disini!

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock

"Annual Report Award (ARA) merupakan penghargaan annual report yang diberikan kepada suatu perusahaan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan"

Laporan tahunan atau yang biasa dikenal sebagai annual report merupakan laporan perkembangan suatu perusahaan selama satu tahun kebelakang. Biasanya, annual report ditujukan oleh perusahaan kepada masyarakat luas. Tujuannya adalah untuk menarik minat investor baru melalui capaian keberhasilan mereka selama satu tahun terakhir dan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada investor yang sudah ada.

Selain menarik minat investor baru, annual report Anda ternyata bisa dilombakan dalam Annual Report Award, loh. Annual Report Award (ARA) merupakan penghargaan annual report yang diberikan kepada suatu perusahaan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan.

Annual Report Award bertujuan untuk membuat perusahaan saling bersinergi dalam mendorong implementasi Good Corporate Governance (GCG). Setiap tahunnya, Annual Report Award mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah peserta maupun kualitas informasi laporan tahunan.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki jiwa kompetisi yang tinggi dan ingin memanfaatkan annual report perusahaan Anda dengan sangat maksima, kompetisi ini cocok untuk Anda.

Syarat Mendaftar Annual Report Award

Perusahaan yang ingin berpartisipasi dalam Annual Report Award, dapat mendaftarkan diri secara online dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 5 juta rupiah. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendaftar Annual Report Award yaitu dimulai dengan pembuatan akun.

Kemudian, lanjutkan dengan memasukkan data-data perusahaan Anda. Jangan lupa masukkan juga data tim verifikator internal dari perusahaan. Selanjutnya, Anda dapat submit softcopy annual report sesuai dengan petunjuk pada aplikasi sistem Annual Report Award.

Kemudian, Anda akan diminta untuk melakukan self assessment, yaitu memberikan penilaian mandiri terhadap kualitas annual report perusahaan yang telah dibuat. Lalu, hasil dari self assessment tersebut diverifikasi oleh dewan juri yang berasal dari berbagai kalangan seperti praktisi, pengamat ekonomi atau pasar modal, serta akademisi independen.

Setelah proses tersebut, Anda akan mendapatkan feedback dan rekomendasi mengenai annual report perusahaan Anda. Bagaimana? menarik bukan? selain dapat merasakan berkompetisi dengan perusahaan-perusahan hebat lainnya, perusahaan Anda juga akan mendapatkan feedback dan rekomendasi dari pada praktisi dan ahli yang tentu akan sangat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan Anda kedepan.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat yang akan didapatkan sebagai peserta Annual Report Award, selanjutnya apa sajakah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti Annual Report Award? simak uraian berikut untuk mengetahui apa saja persyaratan Annual Report Award.

  1. Annual Report Award terbuka untuk semua jenis perusahaan baik BUMN, BUMD, perusahaan terbuka, maupun tertutup.
  2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan Dana Pensiun Pemberi Kerja juga diperbolehkan untuk mengikuti berpartisipasi dalam Annual Report Award.
  3. Perusahaan diwajibkan untuk membuat presentasi tentang implementasi Prinsip – prinsip Good Corporate Governance sebanyak 10 slide dalam bentuk soft copy.
  4. Perusahaan juga diminta untuk menyerahkan annual report dalam bentuk soft copy.

Bagaimana? cukup mudah bukan persyaratannya? perhelatan Annual Report Award akan memberikan perusahaan motivasi untuk menyajikan laporan tahunan yang berkualitas sehingga dapat dengan percaya diri berkompetisi di Annual Report Award.

Kompetisi ini terbuka untuk segala jenis perusahaan baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Manfaat yang dapat diperoleh peserta Annual Report Award adalah dapat memperoleh kritik dan saran tentang bagaimana menerapkan keterbukaan informasi yang baik melalui annual report dari para ahli dan praktisi di bidang ini.

Bagi perusahaan yang berhasil menang dalam kompetisi Annual Report Award, tentu gelar tersebut dapat meningkatkan image dan sentimen positif brand perusahaan di mata para investor. Selain itu, juga meningkatkan image dalam aspek transparansi, serta memperoleh penghargaan dan fasilitas bergengsi sebagai bentuk apresiasi dari kerja keras perusahaan yang telah berpartisipasi.

Siap Berkompetisi di Annual Report Award?

Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Kami akan membantu Anda dalam menyusun annual report dengan berbagai dukungan layanan kami yang berbasis big data, sehingga tidak diragukan lagi otentisitasnya untuk digunakan sebagai dasar bagi Anda untuk menyusun annual report yang menarik perhatian calon investor baru maupun mempertahankan investor yang sudah ada.

Mulai dari monitoring percakapan di berbagai channel digital melalui layanan Ripple10 yang dapat membantu Anda untuk menjaga reputasi perusahaan atau brand dari isu negatif yang berpotensi viral hingga mengetahui aktivitas digital kompetior dapat Anda lakukan bersama Ivosights.

Ssst… Anda juga dapat menggunakan layanan comprehensive analytic untuk mendapatkan hasil analisis mendalam dari berbagai sumber untuk mendapatkan insights tersembunyi mengenai konsumen yang menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda, seperti percakapan digital, pasar e-commerce, media sosial, dan bahkan struk belanja pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami