Keuntungan Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business, Wajib Tahu!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 01 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey dan WhatsApp Business adalah dua komponen penting dalam meningkatkan citra bisnis sebuah perusahaan. Simak penjelasannya di bawah ini"

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi untuk bertukar pesan yang memiliki banyak manfaat untuk penggunanya. Beberapa di antaranya adalah untuk melihat update kehidupan kerabat kita dalam status yang mereka sebarkan, untuk melakukan panggilan telepon hingga melakukan panggilan video. Selain itu, WhatsApp juga memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat dalam melakukan interaksi antar sesama. Lebih lanjut, WhatsApp juga memiliki versi lain yang akan memudahkan penggunanya dalam hal bisnis, yaitu WhatsApp Business. Pebisnis atau pengusaha kecil-kecilan dapat menjadikan aplikasi yang satu ini untuk memudahkan mereka dalam melakukan interaksi dengan pelanggan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang keuntungan melakukan telesurvey dengan menggunakan WhatsApp Business

Keuntungan Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

  • Membuat Peluang Besar Mendapatkan Respon

Saat ini, WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan percakapan pribadi maupun untuk pekerjaan. Aplikasi ini juga memiliki banyak fungsi yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan orang lain. Singkatnya, WhatsApp selalu menjadi aplikasi yang akan dibuka setiap hari untuk penggunanya.

Untuk itu, salah satu keuntungan dalam melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business adalah membuat banyak peluang untuk mendapatkan respon. Pelanggan akan mendapatkan notif dari perusahaan maupun bisnis yang Anda jalani sehingga mereka dapat dengan mudah membaca apa yang Anda kirimkan. Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki fitur yang dapat mendeteksi apakah pesan yang Anda kirimkan sudah terbaca atau belum.

Baca Juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan WhatsApp Business

  • Mudah dan Praktis

Melakukan telesurvey dengan menggunakan panggilan telepon merupakan hal yang cukup sudah ketinggalan zaman. Selain itu, hal ini juga lebih ribet karena harus menggunakan agen telesurvey dan menunggu respon pelanggan apakah panggilan tersebut akan diterima atau tidak. Ini tentu sedikit sulit dan tidak praktis.

Untuk itu, gunakanlah WhatsApp Business saat melakukan telesurvey karena lebih mudah dan praktis. Perusahaan dapat membuat list pertanyaan yang akan ditanyakan dan menyebarkannya ke nomor pelanggan-pelanggan yang sudah diriset. Jika melakukannya dengan panggilan telepon biasa, agen telesurvey tentu harus menelepon pelanggan satu per satu. Kegiatan telesurvey menjadi lebih mudah dan praktis, bukan?

  • Lebih Murah

Melakukan panggilan telepon dengan pelanggan saat melakukan telesurvey membutuhkan banyak waktu dan biaya yang tidak murah. Pertama, perusahaan harus membayar tagihan telepon yang dijalankan dengan pelanggan, selain itu perusahaan juga harus membayar agen telesurvey serta melakukan pelatihan yang membutuhkan waktu cukup lama.

Berbeda jika perusahaan menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey. Kegiatan ini tentu akan lebih murah sehingga akan menghemat biaya pengeluaran. Melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business juga tidak membutuhkan agen yang harus menanyakan satu per satu pertanyaan kepada pelanggan. Perusahaan dapat membuat list pertanyaan dan membagikannya sebagai template untuk para pelanggan.

  • Memiliki Banyak Waktu

Panggilan telepon yang dilakukan agen telesurvey memiliki batasan waktu. Hal ini ditujukan agar tagihan panggilan tidak memakan banyak biaya serta untuk menghindari percakapan yang tidak perlu antara pelanggan dan perusahaan. Ini dapat memburu-burui kedua belah pihak antara agen telesurvey dan pelanggan yang akan menjawab pertanyaan.

Untuk itu, gunakanlah WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey! Pelanggan biasanya akan memiliki banyak waktu dalam menjawab pertanyaan karena jawaban yang mereka berikan dapat disesuaikan dengan waktu yang mereka inginkan.

Fitur-Fitur yang Ada Pada WhatsApp Business

Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa fitur yang ada pada WhatsApp Business yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

  • Label Profesional

Pelanggan biasanya enggan melakukan pembelian jika perusahaan atau toko yang mereka ingin beli tidak memiliki label profesional yang resmi. Maraknya penipuan mengatasnamakan banyak pihak juga membuat banyak pelanggan saat ini lebih awas dan berhati-hati. Mereka jadi lebih teliti tentang perusahaan dan bisnis apa saja yang memiliki izin dan kebenaran tentang produk atau layanan jasa yang mereka tawarkan.

Label profesional bisa Anda dapatkan untuk WhatsApp Business Anda. Cukup daftarkan detail bisnis atau perusahaan Anda seperti jenis bisnis, alamat email, alamat perusahaan, dan lain-lain. Label profesional akan Anda dapatkan dengan berbentuk centang hijau di sebelah nama resmi perusahaan atau bisnis yang Anda jalani.

Baca Juga: WhatsApp Business Verified: Keunggulan dan Cara Mendapatkannya

  • Pesan Otomatis

Ada banyak pertanyaan dan pesanan yang pelanggan lakukan tetapi memiliki format dan tipe yang sama. Ini tentu akan membuat penjual bingung dan terkadang sedikit menyulitkan karena mereka harus menjawab pertanyaan yang sama dalam beberapa waktu singkat. Untuk itu, pebisnis dapat menyalakan fitur pesan otomatis yang akan menjawab pertanyaan atau melayani pesanan dengan jawaban yang bisa diatur sendiri. Anda dapat mengisi pertanyaan serta jawaban yang sering ditanyakan oleh pelanggan dan akan terjawab secara otomatis jika pelanggan menanyakan pertanyaan tersebut.

  • Auto Greetings

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang mengharuskan pemilik bisnis merespon pelanggan mereka. Hal ini tentu juga menjadi suatu patokan bagi pelanggan untuk menilai apakah bisnis tersebut masih berjalan atau tidak. Auto greetings adalah fitur WhatsApp Business yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan salam secara otomatis untuk pelanggan yang baru pertama kali melakukan pemesanan.

  • Katalog produk

Pelanggan tentu enggan menunggu terlalu lama saat menanyakan katalog produk saat hendak membeli sesuatu. Gunakanlah fitur untuk mengirimkan katalog produk secara otomatis yang akan langsung memberikan pelanggan katalog yang berisikan produk atau jualan yang Anda tawarkan. Mudah, bukan?

WhatsApp Business dan Telesurvey merupakan kombo yang menarik dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Dua hal ini dapat digabungkan oleh perusahaan untuk membuat pelayanan terbaik bagi pelanggan setia mereka. Itulah beberapa penjelasan keuntungan menggunakan telesurvey dengan WhatsApp Business serta fitur-fitur yang akan dapat Anda manfaatkan di WhatsApp Business. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami