Lakukan Telesurvey dengan Bantuan Beberapa Platform Ini, Lebih Mudah!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock

"Agen Telesurvey sebaiknya menggunakan beberapa platform berikut ini untuk memudahkan survei di lapangan."

Platform pembantu telesurvey telah menjadi solusi untuk pengelolaan dan pelaksanaan survei dengan lebih efisien. Platform-platform ini menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu merancang kuesioner, mengelola sampel, mengirimkan survei, hingga menganalisis hasil survei. Dengan memahami platform-platform pendukung ini, perusahaan Anda akan mudah untuk memilih platform apa saja yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan telesurvey sesuai keinginan perusahaan.

Kenali Apa Itu Telesurvey

Telesurvey merupakan sebuah metode pengumpulan data berbentuk survei yang dilakukan melalui telepon atau komunikasi jarak jauh lainnya. Tujuan utama dari telesurvey adalah untuk mengumpulkan informasi dari pelanggan untuk pengembangan perusahaan. Melalui telesurvey, peneliti atau perusahaan dapat menghubungi responden jarak jauh tanpa harus bertemu secara fisik. 

Platform Pembantu untuk Melakukan Telesurvey

  • Survei Online

Platform survei online dapat membantu agen untuk membuat dan mengirimkan kuesioner telesurvey secara elektronik. Pelanggan dapat mengakses dan mengisi kuesioner secara online melalui tautan yang dikirimkan agen.

  • Aplikasi Mobile

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat membuat dan melaksanakan survei langsung melalui perangkat handphone. Aplikasi ini dapat mengumpulkan data secara real-time dan memberikan kebebasan pelanggan untuk mengisi survei di mana saja.

  • Sistem Manajemen Survei

Sebagian besar sistem manajemen survei online ini dilengkapi dengan fitur pembuatan kuesioner, pengiriman tautan, pengelolaan respons, dan pembuatan laporan hasil survei.

  • Telepon Konferensi

Layanan telepon konferensi atau conference call dapat digunakan untuk melakukan telesurvey secara langsung dengan menelepon pelanggan. Dalam telepon konferensi, agen yang bertugas sebagai pewawancara dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada responden dan mencatat jawaban yang diberikan.

  • Pesan Teks atau Obrolan Online

Aplikasi pesan teks dapat digunakan untuk mengirimkan kuesioner dan mengumpulkan respons melalui pesan teks atau panggilan telepon secara langsung.

Baca juga: 5 Rekomendasi Platform untuk Melakukan Telesurvey

Platform Analisis Hasil Telesurvey

Setelah berhasil mengumpulkan data pelanggan, tahapan yang akan dilakukan berikutnya adalah analisis hasil survei. Berikut ini adalah beberapa platform analisis hasil telesurvey yang dapat Anda gunakan:

  • Spreadsheet

Spreadsheet merupakan sebuah platform yang sering digunakan untuk melakukan analisis data. Agen telesurvey dapat mengimpor data survei ke spreadsheet dan menggunakan berbagai fungsi dan rumus untuk menghitung statistik dasar, seperti rata-rata, median, modus, dan persentase.

  • Software Statistik

Software statistik adalah platform yang lebih canggih untuk menganalisis data survei. Platform ini menyediakan berbagai metode statistik yang lebih kompleks, seperti analisis regresi, analisis faktor, analisis klaster, dan uji hipotesis.

  • Platform Analisis Data

Platform analisis data ini menyediakan alat visualisasi data. Agen dapat mengimpor data survei ke platform ini untuk membuat grafik, bagan, dan dashboard interaktif.

  • Sistem Manajemen Survei dengan Fitur Analisis

Beberapa sistem manajemen survei memiliki fitur analisis bawaan. Agen telesurvey dapat menggunakan fitur ini untuk membuat laporan hasil survei, grafik, dan melihat ringkasan data secara langsung dalam platform tersebut.

  • Layanan Analisis Data Online

Ada juga layanan analisis data online yang memungkinkan Anda mengimpor data survei dan membuat visualisasi yang interaktif secara online.

Pertimbangan dalam Memilih Platform Pendukung Telesurvey

Dalam memilih platform pendukung telesurvey, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  • Keunggulan dan Fitur Platform

Untuk memenuhi kebutuhan telesurvey perusahaan Anda, lakukan pertimbangan tentang apa saja kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh platform tersebut.

  • User Interface yang User-Friendly

Pilih platform yang memiliki antarmuka pengguna (user interface) yang mudah dioperasikan oleh agen. Dengan ini, perusahaan tidak perlu mengadakan pelatihan khusus terkait penggunaan platform tersebut.

  • Skalabilitas

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan platform yang dapat diintegrasikan atau di-upgrade. Hal ini akan memudahkan apabila perusahaan Anda hendak melakukan survei dalam jumlah besar. 

  • Keamanan Data

Pastikan platform yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, seperti enkripsi data, pengaturan akses pengguna, dan mengikuti privasi data yang berlaku.

  • Dukungan Pelanggan dan Bantuan Teknis

Untuk berjaga-jaga andaikan terdapat kendala dalam penggunaan platform, Anda harus memastikan bahwa terdapat layanan dukungan pelanggan yang tersedia dalam platform tersebut. Ketersediaan layanan ini membuat penanganan masalah jadi lebih cepat.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa WhatsApp Business Sangat Cocok untuk Telesurvey

  • Biaya 

Pertimbangan biaya lisensi, biaya tambahan, dan biaya dukungan teknis dalam platform. Pastikan anggaran yang dimiliki perusahaan Anda sudah cukup memenuhi. Hindari biaya berlebih yang tidak sebanding dengan fitur dan keuntungan yang dimiliki platform tersebut.

  • Integrasi dengan Sistem Lain

Untuk memudahkan perusahaan Anda dalam mengelola dan menganalisis data, pilihlah platform yang mendukung integrasi dengan platform pendukung bisnis lainnya, seperti CRM.

  • Reputasi dan Ulasan Pengguna

Sebelum perusahaan membuat keputusan, bacalah beberapa review pengguna dari internet. Pastikan bagaimana reputasi platform di mata pelanggannya, apakah baik atau buruk.

Gunakan Sociomile untuk Efisiensikan Telesurvey

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami