IP Telephony dan Fungsinya untuk Pendidikan

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 06 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony Shutterstock.

"IP Telephony memang menjadi suatu perkembangan teknologi yang sangat bermanfaat untuk umat manusia. Simak penjelasan lengkapnya mengenai fungsinya untuk pendidikan"

Internet merupakan satu terobosan terbaru dalam umat manusia. Fungsi dan kegunaannya yang sangat besar membuat banyak kemudahan bagi manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Telekomunikasi yang terjalin antara manusia dengan yang lainnya juga semakin membaik dan dipermudah dengan hadirnya teknologi internet yang satu ini. Pada zaman dahulu, orang harus membayar mahal jika ingin berkomunikasi dengan kerabat atau teman yang berada di negeri yang jauh. Mereka biasanya melakukan panggilan telepon dengan telepon konvensional atau kartu tetapi harga yang dipatok sangat mahal sehingga tidak semua orang mampu untuk melakukannya. Lebih lanjut, biasanya mereka juga harus melakukan pembelian tiket pesawat, kereta, atau kapal jika ingin bertemu sanak saudara yang berada jauh. Hal ini tentu bukan lagi masalah yang harus dihadapi oleh orang saat ini karena internet dapat mendekatkan orang-orang yang jauh dalam jangkauan kita. Dalam jenisnya, IP Telephony memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan suara maupun video hanya dengan menggunakan saluran internet. Ini membuat banyak perubahan di seluruh dunia terutama untuk saat-saat krusial melanda. Simak penjelasan kami mengenai IP Telephony dalam artikel ini.

Apa Itu IP Telephony

IP Telephony merupakan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan telepon dengan internet. IP Telephony sudah banyak berkembang dan membuat banyak kemudahan dalam hidup manusia. Keberadaannya dimanfaatkan oleh banyak orang dalam berbagai bidang, salah satunya untuk bisnis dan pendidikan.

Tanpa adanya IP Telephony, banyak meeting dari jarak jauh tidak akan terjadi. Komunikasi telepon dan panggilan video melalui aplikasi-aplikasi yang saat ini kita pakai juga tidak akan terjadi. Kita tentu tidak dapat melakukan panggilan telepon menggunakan ponsel atau laptop jika teknologi ini tidak muncul.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

Lebih lanjut, IP Telephony bekerja dengan mengubah panggilan suara, faks, dan informasi lainnya menjadi sinyal digital. Sinyal digital ini berjalan melalui jaringan IP, seperti internet, sebagai paket data, menggunakan koneksi IP packet-switched. Fitur suara dalam teknologi IP, seperti panggilan suara dan pesan suara yang juga disebut sebagai voice over IP (VoIP).

Selanjutnya, IP Telephony diperkenalkan pada tahun 1991 dengan pembuatan aplikasi VoIP pertama, Speak Freely. Pada tahun berikutnya, InSoft merilis Communique untuk konferensi video desktop, dan pada tahun 1995, Intel, Microsoft dan Radvision mulai membakukan sistem VoIP. Selain panggilan suara, telepon IP juga menyertakan fitur lain, seperti: panggilan video, konferensi video, IM, pesan teks, dan faks.

Perbedaan IP Telephony dan VoIP

Istilah IP Telephony sering digunakan secara bergantian dengan VoIP. Kedua istilah tersebut tumpang tindih, dan tidak dianggap salah untuk menggunakannya secara sinonim, karena keduanya menggunakan jaringan area lokal untuk terhubung ke internet melalui router. Namun, kami akan mendefinisikan dalam istilah yang mudah dan spesifik.

VoIP lebih spesifik dan menjelaskan teknologi standar yang menghadirkan fitur berbasis suara, seperti panggilan dan pesan suara, melalui jaringan berbasis IP. Sedangkan, IP Telephony, di sisi lain adalah istilah yang lebih umum yang mencakup rangkaian lengkap teknologi, fitur, dan produk ini mencakup fitur berbasis suara, serta fitur berbasis bukan suara, seperti IM.

Peran IP Telephony dalam Bidang Pendidikan

Saat pandemi Covid-19, semua institusi pendidikan menjadi khawatir akan edukasi yang akan berjalan ke depannya saat semua pelajar harus diliburkan pada waktu yang tidak diperkirakan. Virus yang saat itu belum ditemukan obatnya membuat para tenaga pelajar harus berhati-hati agar para murid tidak terjangkit penyakit tersebut.

Namun, adanya IP Telephony membuat kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Banyaknya aplikasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar ini juga membuat hal ini menjadi memungkinkan. Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut peran dan manfaat IP Telephony.

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

  • Dapat Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar dari Jarak Jauh

Dalam hal pendidikan, adanya IP Telephony membuat banyak kemudahan bagi para tenaga pendidikan dan pelajar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Ada banyak institusi pendidikan yang melangsungkan pendidikan dari jarak jauh seperti memungkinkan murid untuk melanjutkan pendidikan sekolah dari negara yang memiliki zona waktu berbeda. Selain itu, ada banyak institusi seperti les yang memberikan pelajaran dari jarak jauh dan memiliki waktu yang fleksibel untuk mengikuti kelas-kelasnya.

  • Banyaknya Aplikasi yang Mendukung Kegiatan Ini

Tidak perlu khawatir akan aplikasi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar karena ada banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukannya. Beberapa diantaranya gratis dan memiliki kapasitas besar sehingga cocok untuk dijadikan platform untuk kegiatan belajar mengajar. Anda hanya tinggal memilih aplikasi yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan ini, beberapa diantaranya membutuhkan pembayaran ekstra untuk melakukan penambahan waktu tetapi banyak juga aplikasi yang gratis.

  • Fitur yang Mendukung

Beberapa aplikasi dari IP Telephony memiliki fitur yang sangat mendukung untuk kegiatan belajar mengajar, salah satu diantaranya adalah fitur papan tulis yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga pengajar untuk mengajar seperti pada umumnya menggunakan papan tulis. Adanya fitur untuk mengirimkan pesan juga membuat kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik jika ada hambatan dalam suara maupun video. Mudah, bukan?

IP Telephony memiliki banyak fungsi dan manfaat sehingga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Pendidikan yang dijalankan oleh para murid juga lebih mudah dan menyenangkan karena dapat dilakukan di mana saja. Itulah beberapa fungsi dan kegunaan IP Telephony dalam dunia pendidikan. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami