Hindari Hal-Hal ini Saat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Melakukan telesurvey tidak boleh dengan sembarangan. Ada etika dan aturan yang harus dipatuhi agar survei yang dilakukan berjalan dengan lancar"

Pelanggan merupakan bagian dari perusahaan yang dengannya perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Tanpa pelanggan, suatu perusahaan juga tidak akan mampu untuk melakukan persaingan dengan perusahaan-perusahaan lainnya dalam hal produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada publik. Singkatnya, pelanggan memiliki posisi yang penting dalam perkembangan dan kelancaran suatu perusahaan. Dalam praktiknya, selain bergantung pada kesetiaan pelanggan dalam pembelian suatu produk atau layanan jasa, perusahaan juga bergantung kepada pelanggan untuk menciptakan image yang baik dan positif sehingga mampu menarik pelanggan setia lain untuk perusahaan. Lebih lanjut, perusahaan juga bergantung pada saran dan masukan pelanggan untuk membuat perbaikan dan memberikan kinerja serta pekerjaan yang lebih baik untuk kedepannya.

Apakah Telesurvey Masih Relevan pada Zaman Sekarang?

Ada banyak cara bagi perusahaan jika ingin melihat dan menghitung standar kepuasan yang ada pada pelanggan mereka. Perusahaan dapat membuat polling atau hal-hal semacam form yang bisa pelanggan isi yang berisikan pertanyaan seputar produk perusahaan. Namun, perusahaan juga memiliki opsi untuk melakukan survei dengan menggunakan agen telesurvey yang akan menghubungi sendiri para pelanggan melalui panggilan telepon.

Aktivitas ini biasanya hanya berjalan dalam beberapa menit karena agen telesurvey akan menanyakan beberapa pertanyaan dan pelanggan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh agen. Selain itu, petugas telesurvey juga memiliki tugas untuk melakukan penyortiran data yang akan mereka hubungi karena tidak sembarangan orang akan mereka telepon untuk dilakukan survei.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Agent Telesurvey yang Baik

Kegiatan ini tentunya sangat berguna bagi perusahaan agar mereka bisa mendapatkan feedback, baik positif dan negatif. Beberapa pelanggan juga biasanya memberikan saran dan kritikan yang membangun sehingga perusahaan bisa memperbaiki produk yang mereka jual hingga pelayanan mereka kepada pelanggan. Lebih lanjut, pelanggan juga dapat memberikan keluhan yang mereka ingin sampaikan untuk perusahaan dan menjadikan kegiatan survei tersebut sebagai platform yang aman untuk mereka berkeluh kesah.

Lebih lanjut, kegiatan telesurvey yang menggunakan telepon ini merupakan kegiatan survei yang aman, baik untuk perusahaan dan pelanggan. Pelanggan sendiri juga akan memberikan keluhan serta saran tanpa khawatir karena mereka akan berhadapan langsung dengan agen perusahaan. Terlebih, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman menarik dengan berinteraksi secara langsung dengan perusahaan.

Namun, perlu kita pikirkan apakah kegiatan telesurvey dengan panggilan telepon ini masih relevan dan cocok untuk diaplikasikan pada zaman sekarang? Jawabannya tidak. Saat ini, perubahan zaman membuat panggilan telepon untuk melakukan survei tidak lagi menjadi hal yang dapat diistimewakan. Banyaknya penipuan lewat panggilan telepon saat ini juga membuat kegiatan telesurvey seringkali diabaikan. Belum lagi kehadiran media sosial yang mempermudah orang-orang untuk berkeluh kesah secara publik maupun secara privat kepada perusahaan.

Belum lagi, melakukan panggilan untuk telesurvey juga membutuhkan biaya yang tidak murah. Perusahaan harus membayar tagihan yang lumayan besar karena ada banyak pelanggan yang harus mereka telepon. Selain itu, waktu panggilan juga terbatas sehingga membuat perusahaan harus membatasi waktu telepon mereka kepada pelanggan sehingga terkadang membuat pelanggan tidak sempat untuk mengatakan banyak hal.

Banyaknya kekurangan yang dihadapi oleh perusahaan membuat kegiatan ini layak untuk diganti dengan cara atau metode yang lebih baik yang kedepannya dapat membuat nyaman kedua belah pihak, pelanggan dan perusahaan.

WhatsApp Business dan Telesurvey

Salah satu cara terbaik perusahaan untuk mendapatkan pengganti untuk panggilan telesurvey adalah dengan menggunakan WhatsApp Business. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli dalam hal jual beli maupun untuk berinteraksi. Selain itu, aplikasi ini juga sangat mempermudah penjual dalam membalas maupun menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli karena WhatsApp Business memiliki fitur-fitur untuk mendukung hal tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan: Salah Satunya dengan Telesurvey!

Lebih lanjut, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan telesurvey bagi perusahaan. Banyaknya kegunaan dan manfaat yang bisa perusahaan gali dalam aplikasi ini tentunya membuat mereka lebih menginginkan aplikasi ini sebagai sumber jawaban untuk survei yang mereka lakukan kepada pelanggan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan perusahaan dapatkan jika menggunakan WhatsApp Business:

  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan telepon konvensional yang perusahaan gunakan untuk melakukan panggilan.
  • Tidak memerlukan agen yang harus menghubungi pelanggan satu per satu.
  • Lebih praktis dan menghemat waktu.
  • Dapat dilakukan dalam satu waktu tanpa perlu menunggu pelanggan selesai dalam satu sesi.
  • Memiliki peluang besar untuk direspon karena pengguna aplikasi WhatsApp sangat banyak sehingga banyak kemungkinan pesan yang dikirimkan perusahaan terbaca oleh pelanggan.
  • Memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk telesurvey, seperti pengirim pesan otomatis, statistik pesan, dan lain-lain.

Hal-hal yang Harus Dihindari saat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

  • Melakukan Spam

WhatsApp adalah aplikasi untuk melakukan tukar pesan secara pribadi sehingga jika Anda ingin melakukan telesurvey, hindarilah untuk melakukan spam karena hal ini sangat mengganggu dan membuat risih. Ada baiknya jika Anda menunggu pelanggan merespon survei yang telah Anda kirim.

  • Melakukan Survei saat Tengah Malam

Saat melakukan telesurvey, ada pentingnya bagi perusahaan untuk melakukan survei tidak saat tengah malam. Selain mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan, melakukan telesurvey saat tengah malam juga sangat tidak profesional dan mengganggu kenyamanan pelanggan.

  • Melakukan Survei ke Sembarang Nomor

Meskipun aplikasi WhatsApp memiliki pengguna yang banyak dan tersebar di seluruh dunia, melakukan telesurvey juga harus dilakukan dengan menyortir nomor dan data pelanggan dan tidak melakukan survei ke sembarang nomor.

  • Memaksa Pelanggan untuk Menjawab

Melakukan telesurvey harus dengan keadaaan pelanggan mau untuk menjawab. Memaksa pelanggan untuk menjawab sangat tidak etis dan profesional.
Itulah beberapa hal yang harus dihindari saat melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami