Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 01 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Telesurvey merupakan hal yang wajib untuk dilakukan bagi perusahaan. WhatsApp Business merupakan platform yang tepat untuk melakukannya"

Telesurvey menjadi salah satu agenda yang wajib bagi perusahaan yang menginginkan feedback dan masukan yang membangun untuk bisnis yang mereka jalani. Tidak semua orang mampu menjawab survei yang diberikan, hanya pelanggan setia lah yang akan membuat jawaban memuaskan bagi perusahaan. Telesurvey juga membangun koneksi dan interaksi yang baik bagi perusahaan dan pelanggannya. Hal ini juga membuat perusahaan mendapat peluang yang bagus untuk membangun koneksi agar bisnis yang dijalani dapat semakin berjalan dengan baik. Selain itu, telesurvey juga ditujukan agar perusahaan dapat membangun kinerja dan prospek kerja yang semakin baik untuk kedepannya.

Apa Itu Telesurvey?

Telesurvey merupakan pengambilan data dari survei yang dijalankan melalui panggilan jarak jauh untuk mendapatkan informasi. Telesurvey sering digunakan perusahaan untuk mendapat data dari kepuasan pelanggan dari produk atau layanan jasa yang mereka miliki. Tujuan utama dari aktivitas ini adalah untuk mendapatkan jawaban dan tingkatan kepuasan pelanggan sehingga perusahaan dapat melihat apa-apa saja yang perlu diperbaiki untuk kedepannya.

Selain itu, pelanggan juga dapat menjadikan kegiatan telesurvey ini untuk mengeluarkan opini dan saran mereka terhadap perusahaan. Ini juga merupakan tujuan utama lainnya yang diinginkan perusahaan saat melakukan telesurvey. Untuk itu, telesurvey merupakan aktivitas yang sangat berguna bagi perusahaan dan juga pelanggan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Agent Telesurvey yang Baik

Keuntungan Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Dalam bisnis, telesurvey merupakan hal pokok untuk mendapatkan opini pelanggan untuk perusahaan. Inilah beberapa keuntungan dalam melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business:

  • Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu layanan jasa dan produk adalah dengan membangun kepercayaan antara perusahaan dan masyarakat. Hal ini tentu akan mustahil dan tidak mungkin terjadi jika perusahaan enggan untuk mencuri perhatian pelanggan. Produk atau layanan jasa yang selalu menjadi andalan masyarakat berasal dari perusahaan yang sudah masyarakat percaya dan terjamin kualitasnya.

Hal tersebut tentu tidak datang secara cuma-cuma karena butuh waktu dan alasan mengapa masyarakat harus mempercayai perusahaan tersebut dan menjadi pelanggan yang setia. Dengan menggunakan telesurvey dari WhatsApp Business, akan memungkinkan perusahaan untuk mendapat kepercayaan masyarakat. Mengapa? Karena dengan melakukan survei melalui aplikasi pesan, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui jenis perusahaan apa yang mengontak mereka serta jenis bisnis apa yang perusahaan tersebut jalani.

  • Mendapatkan Saran dan Kritik yang Membangun

Melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business juga akan memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan saran dan kritik yang membangun. Masyarakat saat ini selalu mengandalkan ponsel dan aplikasi pengirim pesan karena memudahkan mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Dengan menggunakan WhatsApp Business, klien atau pelanggan yang menerima survei tersebut tentu akan lebih leluasa dalam mengirimkan pesan balasan kepada perusahaan yang berisikan pendapat, saran, serta kritik untuk perusahaan. Adanya ponsel saat ini memudahkan pelanggan untuk mengetik secara singkat maupun panjang dalam menjawab jawaban telesurvey perusahaan.

  • Menjadi Pusat Keluhan Pelanggan

Untuk mendapat kepercayaan pelanggan, perusahaan juga memerlukan sebuah tempat untuk pelanggan melakukan keluhan agar lebih mudah dan terpercaya. Meskipun saat ini media sosial memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan, tetapi terkadang mendapatkan keluhan secara privat lebih membuat jawaban yang memuaskan jika dibandingkan dengan keluhan yang disampaikan di media sosial.

Menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan telesurvey bisa memungkinkan pelanggan untuk menjadikannya tempat untuk menyampaikan keluhan. Hal ini juga lebih profesional dan lebih privasi hanya antara perusahaan dan pelanggan. Untuk itu, lakukanlah telesurvey dengan menggunakan WhatsApp Business untuk menjadikannya platform pusat keluhan pelanggan.

  • Lebih Mudah dan Cepat

Telesurvey yang dijalankan menggunakan panggilan suara mungkin sudah ketinggalan zaman. Selain itu, melakukannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus membayar tagihan telepon serta harus merekrut agen telesurvey. Selain itu, banyak pelanggan yang merasa terganggu akan kegiatan ini karena menyita waktu kerja dan istirahat. Jangan khawatir! Karena sekarang telesurvey dapat dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Business sehingga lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Telesurvey Menggunakan WhatsApp Business

  • Jam dan Waktu Melakukan Telesurvey

Jika kamu berpikir bahwa hanya agen telesurvey yang melakukan panggilan telepon harus memperhatikan jam dan waktu saat melakukannya, kamu salah besar. Melakukan telesurvey di WhatsApp Business juga harus memperhatikan jam dan waktu kapan pertanyaan survei dikirim. Selain untuk menjaga etika dan keprofesionalan, hal ini juga untuk menghormati pelanggan dalam jam kerja maupun istirahat sehingga tidak akan mengganggu.

  • Hindari Melakukan Spam

Jika kamu ingin telesurvey yang dilakukan mendapat respon, hindarilah melakukan spam! Hal ini sangat mengganggu dan membuat pelanggan risih sehingga tidak membuat banyak kemungkinan survei yang dijalankan terjawab dengan baik. Untuk itu, jika pelanggan tidak segera menjawab survei, hindarilah melakukan spam yang tidak perlu dan hormatilah pelanggan dengan cara menunggu jawaban yang mereka berikan.

  • Hindari Melakukan Telesurvey ke Sembarang Nomor

Meskipun kelihatannya lebih mudah dan praktis, melakukan telesurvey di WhatsApp Business harus juga melakukan pengecekan dan riset data terhadap nomor-nomor yang akan dihubungi. Selain untuk mendapatkan responden yang pas, hal ini dilakukan juga untuk menghindari rasa risih maupun tidak nyaman oleh orang yang bukan pelanggan dari perusahaan. Untuk itu, hindarilah melakukan telesurvey ke sembarang nomor, ya!

Zaman sudah berganti, kita dapat dengan mudah melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business yang jauh lebih mudah dan praktis. Itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan kegiatan ini. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami