Hal-Hal yang Perlu Dihindari saat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"WhatsApp Business merupakan akses bagi pelanggan untuk melakukan transaksi kepada penjual dan memudahkan penjual dalam melakukan interaksi dengan pelanggan"

WhatsApp Business dan telesurvey merupakan kombo yang menarik saat digabungkan untuk melihat kepuasan konsumen. Kedua hal ini bisa digabungkan juga untuk menambah wawasan dan insight bagi perusahaan tentang pelanggan setia dan apa-apa saja yang perlu diperbaiki jika ada sesuatu yang kurang dalam hal produk maupun layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang hal-hal yang perlu dihindari saat melakukan telesurvey dengan menggunakan WhatsApp Business.

Apa itu Telesurvey

Perusahaan pihak ketiga yang tidak memihak dan independen akan melakukan survei telepon terhadap klien, pemasok, pelanggan, atau staf perusahaan. Survei jarak jauh ini memungkinkan bisnis Anda mengetahui pendapat orang tentang produk, layanan, dan perusahaan Anda. Perusahaan Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan produk dan layanan Anda.

Sebagian besar perusahaan melakukan survei tele baik bulanan, triwulanan, atau tahunan. Rata-rata, seorang agen akan mengajukan hingga enam pertanyaan per panggilan. Seorang agen dapat melakukan hingga sepuluh panggilan per jam. Pertanyaannya selalu konsisten, terstruktur dan tidak ambigu. baik pilihan ganda atau pertanyaan Ya/Tidak. Bagian terpenting dalam menggunakan survei jarak jauh adalah bereaksi terhadap kesimpulan dan menerapkan perubahan dalam bisnis Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan Telesurvey

Ada beberapa alasan untuk menggunakan survei jarak jauh seperti kepuasan pelanggan, pandangan pemasok, kepuasan staf, dan riset pasar. Mari kita bahas jenis survei ini sedikit lebih detail. Survei kepuasan pelanggan memungkinkan Anda mendengar dengan tepat pendapat pelanggan tentang perusahaan, produk, dan layanan perusahaan. Dengan menggunakan agensi pihak ketiga yang tidak bias, independen, pelanggan Anda akan merasa nyaman untuk mengatakan kebenaran tentang produk atau layanan produk yang perusahaan yang Anda miliki. Ini, memungkinkan perusahaan Anda untuk bereaksi terhadap komentar tersebut, melakukan perbaikan pada produk dan layanan Anda. Serta mendorong bisnis Anda maju di pasar.

Survei yang tidak memihak terhadap pemasok perusahaan Anda itu seperti menanyakan pendapat mereka tentang waktu tunggu, kemudahan pengiriman, waktu penyelesaian, dan betapa mudahnya berbicara dengan orang yang tepat. Ini akan memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan masalah apa pun yang dapat membahayakan persediaan di masa depan dan hubungan dengan pemasok yang sudah dimiliki sejak lama.

Selain itu, tujuan lain untuk melakukan telesurvey adalah untuk mengetahui apakah staf Anda senang bekerja untuk Anda selalu merupakan hal yang rumit. Bahkan dalam bisnis besar dengan departemen SDM dan semua sumber daya yang benar.

Baca Juga: Telesurvey untuk Kepuasan Pelanggan

Terlebih, staf perusahaan akan merasa lebih nyaman berbicara dengan seseorang di luar perusahaan. Survei staf harus selalu anonim untuk memberikan tingkat kenyamanan ekstra dan menghilangkan kekhawatiran tentang serangan balik. Akibatnya, Anda dapat meningkatkan lingkungan kerja dan meningkatkan hubungan staf Anda. Ini mengarah pada tingkat retensi yang lebih baik dan peningkatan produktivitas. Saat bisnis Anda berpikir untuk meluncurkan produk/layanan baru, memperluas jangkauan, atau hanya ingin mendapatkan umpan balik.

Apa itu WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business dirancang untuk pemilik usaha kecil yang mengelola permintaan pelanggan dalam jumlah kecil. Ini memiliki antarmuka yang sama dengan aplikasi WhatsApp biasa, dengan beberapa fitur tambahan. Misalnya, perusahaan mendapatkan Profil Bisnis terverifikasi sehingga pelanggan dapat mempercayai dengan siapa mereka mengobrol. Mereka juga dapat menyiapkan Katalog, etalase seluler untuk bisnis kecil untuk memamerkan dan membagikan barang mereka di platform. Hanya satu pengguna di satu perangkat yang dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Business, setidaknya untuk saat ini. 

Hal yang Perlu Dihindari saat Melakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

WhatsApp Business dan telesurvey merupakan dua kombinasi yang akan sangat powerful jika dikombinasikan. Kedua hal ini bisa sama-sama membantu kegiatan dan kinerja di dalam perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Selain itu, perusahaan juga dapat lebih menghemat biaya saat melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business karena tidak perlu lagi membayar biaya operasional serta mempekerjakan agen telesurvey untuk menghubungi pelanggan setiap hari.

Setelah mengetahui tentang penjelasan apa itu telesurvey dan WhatsApp Business, saat ini kami akan membahas tentang apa-apa saja yang perlu dihindari saat melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business. 

Baca Juga: Simak 7 Kelebihan WhatsApp Business

  • Melakukan Telesurvey saat Malam Hari

Waktu malam hari adalah waktu-waktu penting dimana orang-orang biasanya akan melakukan istirahat seusai pulang kerja seperti mandi, tidur, atau berkumpul dengan keluarga. Waktu penting ini adalah momen dimana perusahaan harus menahan diri untuk tidak mengirimkan telesurvey. Selain tidak profesional, melakukan telesurvey pada malam hari juga merupakan bentuk ketidakprofesionalan sebuah perusahaan. Untuk itu, hindarilah melakukan telesurvey saat malam hari.

  • Melakukan Spam

Tidak adanya respon dari pelanggan saat perusahaan melakukan telesurvey adalah sesuatu yang menyebalkan dan terkadang membuat kesal. Namun, ada baiknya jika perusahaan tidak melakukan spam agar pelanggan melirik dan mau menjawab survei yang dilakukan. Hal ini sangat tidak sopan dan mengganggu ketenangan pelanggan. Cobalah untuk bersabar dan menunggu atau dapatkan responden lain yang memiliki kemungkinan besar dalam merespon.

  • Memaksa Pelanggan Menjawab Pertanyaan pada Telesurvey

Pelanggan seringkali merasa enggan untuk menjawab pertanyaan saat perusahaan melakukan telesurvey. Namun, meskipun perilaku tersebut sangat merugikan, perusahaan hendaknya tidak melakukan pemaksaan kepada pelanggan hanya untuk mendapat jawaban. Perlu diingat bahwa pelanggan juga memiliki hak untuk tidak menjawab pertanyaan yang ditanyakan pada saat telesurvey.

  • Menggunakan Bahasa yang Kurang Sopan

Saat melakukan telesurvey, perusahaan sedang meminta jawaban yang dapat membangun perusahaan untuk kedepannya. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan bahasa yang sopan dan hindarilah menggunakan bahasa yang menyinggung pelanggan.

  • Tidak Memperkenalkan Diri

Komponen utama dalam melakukan telesurvey adalah memperkenalkan diri atau menyebut diri sebagai perwakilan perusahaan. Hindarilah untuk melupakan hal yang penting ini karena pelanggan dapat menilai kinerja serta keprofesionalan sebuah perusahaan dengan melihat perkenalan yang disampaikan sebelum memulai telesurvey.

Adanya WhatsApp Business membuat perusahaan dan pebisnis jadi lebih mudah untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Jika digabungkan dengan pelaksanaan telesurvey, kegiatan ini akan lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Business. Itulah beberapa hal yang harus dihindari saat melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami