Telesurvey untuk Kepuasan Pelanggan

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 02 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Survei kepuasan dilakukan untuk mengetahui kepuasaan pelanggan terhadap suatu layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan"

Survei kepuasan merupakan proses yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Dalam dunia perusahaan, survei kepuasan dilakukan untuk mengetahui kepuasaan pelanggan terhadap suatu layanan atau produk yang diberikan oleh perusahaan. Survei kepuasan pelanggan dilakukan dengan menggunakan beberapa media, seperti email, whatsapp, turun langsung kelapangan, dan menggunakan telepon. Survei yang menggunakan media telepon bisa dikenal dengan istilah telesurvey.

Mungkin dari kalian ada yang asing ketika mendengar istilah telesurvey itu sendiri dan apa sebenarnya yang dilakukan telesurvey untuk mengetahui kepuasaan pelanggan.

Lalu apasih Telesurvey itu sendiri?

Survei menggunakan telepon atau telesurvey ini adalah proses mendapatkan data yang dilakukan melalui panggilan telepon. Telesurvey merupakan modifikasi survei menggunakan telepon yang dilengkapi data-data direktori yang berguna untuk mempermudah proses survei dilakukan.

Apakah telesurvey masih layak digunakan mengingat perkembangan digital yang semakin pesat?

Nyatanya, telesurvey mempercepat dan mempermudah proses survei karena mekanisme yang digunakan sangat mudah dan memungkinkan adanya interaksi langsung dengan pelanggan. Dengan menggunakan telepon sama saja agen berbicara secara langsung dengan pelanggan, sehingga umpan balik di dalamnya terjadi saat itu juga.

Tujuan Telesurvey

Tujuan dari telesurvey adalah mengetahui bagaimana kepuasaan pelanggan akan produk atau jasa yang perusahaan tawarkan dengan menggunakan telepon sebagai medianya. Dengan adanya telesurvey dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. Semakin sering telesurvey digunakan, perusahaan akan mengetahui sejauh mana pelanggan puas akan produk atau jasa yang sudah perusahaan berikan kepada pelanggan.

Lalu apa saja tujuan dari telesurvey untuk mengetahui kepuasan pelangggan, simak berikut ini:

1. Mengetahui Kualitas Produk yang Diberikan

Tujuan dari telesurvey yang pertama ialah mengetahui bagaimana pandangan pelanggan akan produk yang perusahaan berikan kepadanya. Dalam telesurvey agen akan menanyakan seberapa puaskah pelanggan terhadap layanan dan produk yang diberikan.

Dari telesurvey ini perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai produk yang diberikan. Semakin banyaknya pelanggan yang puas akan produk yang diberikan bisa jadi kualitas produk yang ditawarkan tersebut bagus, begitupun sebaliknya.

2. Mengevaluasi Produk

Dengan menggunakan telesurvey nantinya perusahaan akan mengetahui seberapa puas pelanggan dari produk yang sudah diberikan. Apabila survei menunjukan hasil yang kurang memuasakan, maka langkah selanjutnya agent akan menanyakan harapan apa yang dipikirkan pelanggan akan sebuah produk.

Setelah mengetahui harapan pelanggan, maka selanjutnya perusahaan akan melakukan invovasi terhadap produknya yang sesuai dengan keinginan pelanggannya, agar kepuasaan pelanggan akan sebuah produk diberikan sesuai dengan keiginannya.

3. Mengetahui Nilai dari Penjualan

Tujuan telesurvey untuk kepuasaan pelanggan ini bisa juga digunakan perusahaan sebagai pengukur seberapa banyak produk yang sudah terjual dan seberapa puaskah pelanggan. Dari hasil ini perusahaan akan mendapatkan gambaran seberapa besar produk yang dipasarkan kedepannya untuk mencapai target lebih sebelum target tersebut ditentukan.

4. Mengetahui Kekuatan Pesaing

Dalam telesurvey kepuasaan pelanggan ini juga akan membantu perusahaan mengetahui seberapa besar kekuataan para pesiang. Dengan informasi yang didapatkan, perusahaan bisa mengatur strategi yang tepat untuk meningkatkan kempetitor.

Nah, itulah beberapa tujuan survei kepuasaan pelanggan dilakukan. Mulai dari, mengetahui kualitas produk yang bertujuan agar perusahaan mendapatkan gambaran mengenai produk yang diberikan, dapat melakukan invovasi terhadap produknya yang sesuai dengan keinginan pelanggannya, mendapatkan gambaran seberapa besar produk yang dipasarkan kedepannya untuk mencapai target lebih sebelum target tersebut ditentukan, dan mengetahui kekuatan pesaing dengan informasi yang didapatkan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami