4 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Lakukan Telesurvey dengan WhatsApp Business

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Melakukan telesurvey dengan WhatsApp Business harus mempersiapkan beberapa hal. Simak lanjutannya disini"

Bisnis yang berkembang bukan hanya dijalankan dengan baik oleh orang-orang di dalamnya saja. Namun, bisnis yang baik dapat terjalani oleh konsumen yang puas akan produk dan layanan jasa yang perusahaan berikan. Tanpa adanya pelanggan, bisnis tidak akan berlanjut dan membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan balik modal. Pelanggan yang puas akan produk dan layanan jasa dari perusahaan akan menaruh kepercayaan mereka tanpa ragu jika perusahaan memiliki produk baru di masa yang akan datang. Untuk itu, perusahaan harus mampu menarik pelanggan agar percaya dengan yang perusahaan miliki yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan jasa yang mereka miliki. Salah satu cara terbaik untuk melihat keluhan dan menilai kepuasan pelanggan terhadap perusahaan adalah dengan menggunakan layanan telesurvey. Perusahaan akan menilai dan menyortir keluhan-keluhan yang pelanggan sampaikan sehingga dapat menilai apakah produk yang selama ini mereka edarkan di pasaran dapat dinikmati dengan baik oleh pelanggan.

Apa itu Telesurvey

Sebelum kita lanjut ke dalam pembahasan di dalam judul, mari membahas makna dari telesurvey itu sendiri. Telesurvey adalah sebuah survei yang dijalankan oleh agen perusahaan kepada pelanggan dengan panggilan telepon. Isi dari telesurvey sendiri berisikan pertanyaan-pertanyaan seputar perusahaan dan produk-produk yang mereka miliki.

Telesurvey membutuhkan sedikit waktu saat dijalani karena perusahaan memiliki anggaran biaya yang harus dibatasi dan sebaiknya dihindari agar tidak berlebihan untuk menekan biaya yang ada. Pelanggan yang dihubungi oleh perusahaan juga merupakan responden pilihan agar perusahaan mendapatkan jawaban yang memuaskan dari hasil survei ini.

Baca Juga: 5 Langkah Memaksimalkan Tingkat Respon pada Telesurvey Anda

WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi unduhan gratis yang tersedia di Android dan iPhone, dan dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. WhatsApp Business mempermudah interaksi dengan pelanggan dengan menyediakan alat untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat. Itu juga dimaksudkan untuk merasakan dan bekerja seperti WhatsApp Messenger. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan semua hal yang biasa Anda lakukan, mulai dari mengirim pesan hingga mengirim foto.

Beberapa fitur WhatsApp Business yang saat ini ditawarkan di aplikasi ini meliputi: profil bisnis untuk mencantumkan informasi penting, seperti alamat perusahaan, email dan situs web, label untuk mengatur dan menemukan obrolan dan pesan Anda dengan mudah, serta alat perpesanan untuk merespons pelanggan dengan cepat.

Lantas, apa perbedaan aplikasi ini dengan aplikasi WhatsApp biasa? WhatsApp biasa diarahkan untuk penggunaan pribadi, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, berbagi foto dan video, serta mengirim pesan suara. Itu juga memungkinkan pengguna untuk membuat obrolan grup dan berbagi lokasi mereka dengan orang lain.

Sedangkan, WhatsApp Business, di sisi lain, dirancang khusus untuk penggunaan bisnis. Ini membutuhkan nomor telepon terpisah meskipun keduanya dapat digunakan pada perangkat yang sama. Ini menyediakan seperangkat alat untuk membantu bisnis terlibat dengan pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan. WhatsApp Business hadir dengan fitur-fitur seperti pesan ucapan otomatis, balasan cepat, pesan jauh, dan profil bisnis. Selain itu, WhatsApp Business memungkinkan bisnis untuk berintegrasi dengan berbagai sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM).

WhatsApp Business dan Telesurvey

Saat ini, adanya panggilan telepon untuk melakukan telesurvey sangat tidak pas untuk dimasukkan ke dalam zaman modern ini. Mengapa? Maraknya penipuan yang melalui panggilan telepon membuat orang-orang lebih berhati-hati dalam mengangkat telepon dari nomor yang tidak mereka kenal. Terlebih, orang-orang saat ini juga menganggap buang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan atau survei yang dilanjutkan dalam panggilan telepon. Kesibukan yang ada pada masing-masih orang membuat aktivitas telesurvey ini menjadi seolah tidak penting lagi.

Namun, banyaknya cara lain untuk melakukan survei ini membuat kegiatan telesurvey menjadi hal yang memungkinkan. Perusahaan saat ini mencari alternatif lain agar kegiatan telesurvey dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Salah satu cara untuk melakukan telesurvey dengan baik dan benar adalah dengan menggunakan WhatsApp Business!

Mengapa aplikasi ini bisa menjadi alternatif terbaik? Karena WhatsApp memiliki pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia dan digunakan dari berbagai macam kalangan. WhatsApp Business juga memiliki banyak fitur agar penggunanya mudah untuk menjalankan bisnis mereka serta berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, aplikasi ini juga dikhususkan untuk interaksi penjual dan pelanggan sehingga melakukan telesurvey disini bisa membuat peluang untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan dari pelanggan. 

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Telesurvey: Survei Berbasis Telepon

Hal yang Perlu Dipersiapkan

  • Akun WhatsApp Business

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business adalah membuat akun. Anda harus melakukan registrasi dan memasukkan  nomor, nama perusahaan, alamat email, jenis perusahaan, dan lain-lain. Tanpa akun, perusahaan tidak akan bisa melakukan telesurvey, pelanggan juga dapat melihat dengan jelas jenis dan nama perusahaan yang menghubungi mereka.

  • Pertanyaan-Pertanyaan untuk Survei

Pertanyaan survei harus dipersiapkan dan diperiksa agar pertanyaan yang ditanyakan kepada pelanggan sopan dan sesuai. Pertanyaan survei sebaiknya tidak ditanyakan terlalu banyak dan harus padat dan jelas agar pelanggan dapat dengan cepat menjawab pertanyaan survei.

  • Waktu untuk Mengirim Pesan

Mengirim pesan harus ditentukan terlebih dahulu agar sesuai dan profesional. Hindarilah jam-jam istirahat dan waktu sibuk agar pelanggan dapat menjawab jawaban dengan lancar dan perusahaan dapat mendapat jawaban yang memuaskan.

  • Menyalakan Fitur Pengirim Pesan Otomatis

Nyalakan fitur pengirim pesan otomatis agar pelanggan yang sudah menjawab salah satu survei akan langsung mendapat pertanyaan yang lainnya. 

Itulah beberapa hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan telesurvey menggunakan WhatsApp Business. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami