Kenali Relation Marketing untuk Pengembangan Perusahaan

Sociomile | Jumat, 05 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Relation marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Relation marketing. Shutterstock.

Saat ini perusahaan telah mengadopsi strategi pemasaran yang disesuaikan dibandingkan dengan program pemasaran secara massal. Memberikan apa yang diinginkan pelanggan dan mempertahankan komunikasi yang tepat dengan mereka meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Relation Marketing mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun dan mempertahankan profitabilitas dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Relation Marketing berbeda dari pemasaran tradisional dalam arti bahwa pemasaran tradisional sangat bergantung pada retensi pelanggan dan kepuasan mereka, yang menghasilkan hubungan jangka panjang dan penjualan berulang, sedangkan relation marketing sangat menekankan pada akuisisi pelanggan dan penjualan satu kali. tanpa memberikan banyak kepentingan untuk membangun hubungan.

Apa itu relation marketing?

Relation marketing dikembangkan untuk menumbuhkan loyalitas konsumen. Tidak seperti customer acquisition yang berfokus pada tujuan jangka pendek dan penjualan individu, relation marketing ditujukan untuk meningkatkan Life Cycle Value Customer dan memberikan informasi yang secara langsung sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Ini melibatkan rencana pemasaran yang berfokus pada retensi pelanggan dan kepuasan atas transaksi.

Mengapa relation marketing Penting?

Fondasi basis pelanggan Anda bergantung pada hubunngan Anda dengan pelanggan. relation marketing penting untuk bisnis karena dianggap lebih baik serta dapat menargetkan audiens secara spesifik dan memberi Anda kemampuan untuk tetap berhubungan dekat dengan pelanggan. Ini adalah orang-orang yang menawarkan informasi berharga yang dapat mengarahkan bisnis Anda ke arah yang benar.

Jenis Relation Marketing

Upaya pemasaran telah berubah secara drastis dalam beberapa dekade terakhir. Sekarang, untuk membangun hubungan, seluruh proses terjadi secara bertahap; masing-masing dengan tingkat komitmen yang lebih tinggi. Ada berbagai jenis relation marketing yang meliputi:

#1 Basic Marketing

Ini adalah bentuk tradisional dari hubungan pemasaran di mana brand bekerja untuk menarik pelanggan untuk membeli. Fokusnya adalah pada produk atau layanan yang dijual dan betapa hebatnya itu. Ini adalah bentuk penjualan langsung tanpa tindak lanjut setelah pembelian dan tidak ada komunikasi atau umpan balik lebih lanjut yang diminta. Gaya ini menarik orang dengan pesan, harga, atau promosi sederhana. Ini adalah penjualan demi menghasilkan uang, dan tidak lebih.

#2 Reactive Marketing

Pada tingkat komitmen ini, sebuah brand secara aktif mencari umpan balik dari pelanggan. Baik itu pujian, keluhan, saran, atau ide produk, bisnis terbuka untuknya dengan pemasaran reaktif. Ada beberapa upaya di sini untuk membangun hubungan dengan pelanggan ketika situasi atau peluang muncul. Ini bukan teknik pemasaran digital yang khas. Ini adalah pemasaran masuk yang berfokus pada reaksi pembelian.

#3 Accountable Marketing

Tingkat hubungan pemasaran ini adalah tentang menjanjikan dan memberikan. Ini melanjutkan perjalanan pembeli setelah pembelian dan menyoroti strategi retensi. Ini melibatkan pemeriksaan dengan pelanggan setelah mereka membeli dan menawarkan produk terkait saat mereka muncul. Program loyalitas juga merupakan strategi yang digunakan dalam pemasaran yang akuntabel.

Seperti seorang teman yang menelepon untuk melihat apakah Anda memerlukan sesuatu, pemasaran yang akuntabel adalah tentang memiliki keyakinan pada apa yang Anda tawarkan dan secara aktif memberikan solusi untuk masalah—terkadang bahkan sebelum orang tahu bahwa mereka memilikinya. Ini juga merupakan waktu untuk meminta umpan balik pelanggan dan melakukan tindakan yang sesuai.

#4 Proactive Marketing

Ini adalah bentuk relation marketing di mana brand terus mengawasi pelanggannya untuk membangun hubungan yang efektif. Ini bukan penjualan satu kali atau interaksi sementara. Strateginya sangat pribadi. Ini sangat memperhatikan keinginan pelanggan dan menggunakan data untuk memahami perilaku pembelian.

Banyak perusahaan memilih pemasaran email sebagai cara untuk melakukan pemasaran proaktif. Data tersebut kemudian digunakan untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang lebih menarik. Akumulasi informasi konsumen memungkinkan bisnis untuk berhubungan dengan banyak situasi dengan cara yang otentik. Salah satu contoh utama pemasaran proaktif adalah asisten virtual seperti Alexa. Mereka terus mengawasi apa yang diinginkan pelanggan dan kemudian memberikan saran pada saat yang tepat.

#5 Partnership Marketing

Ini merupakan bentuk relationship marketing dengan tingkat kolaborasi yang tinggi. Dua bisnis bekerja sama dalam hubungan yang saling menguntungkan dan promosi menuju tujuan bersama. Ini bisa untuk kampanye, produk, atau jumlah waktu tertentu. Ini memungkinkan kedua perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Pemasaran kemitraan adalah strategi hebat untuk usaha kecil atau pemula.

Salah satu contoh utama adalah kemitraan antara Microsoft dan Nokia. Microsoft mengembangkan sistem operasi Windows yang berjalan pada perangkat Nokia Lumia. Ini adalah hubungan pemasaran strategis antara perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras di mana semua pihak menang.

Dengan memahami bagaimana orang menggunakan produk/layanan baru dan mengamati kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi, bisnis dapat menawarkan fitur tambahan untuk menciptakan tingkat kepuasan yang lebih dalam. Ini semakin memperkuat hubungan.

Taktik ini adalah tentang pelanggan tetap dan fokus pada jangka panjang. Anda ingin orang-orang ini bersama Anda untuk perjalanan. Biarkan mereka tahu. Jenis pemasaran ini membantu untuk mendapatkan rujukan juga karena ketika pelanggan Anda senang, mereka memberi tahu orang lain. Ini bermuara pada membangun hubungan yang mendorong loyalitas pelanggan dan membuat orang datang kembali. Brand yang paling sukses adalah brand yang bekerja keras untuk mengenal audiens mereka, dan berbicara kepada mereka seperti teman.

Manfaat Utama dari relation marketing

Ada banyak keuntungan untuk berfokus pada personalisasi dalam interaksi pelanggan Anda. relation marketingl dapat:

  • Tingkatkan kepuasan pelanggan
  • Tingkatkan tingkat retensi
  • Tingkatkan pemasaran dari mulut ke mulut
  • Menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi
  • Tingkatkan kolaborasi dan komunikasi
  • Menghasilkan ulasan positif
  • Menciptakan Supporting Product Life Cycle Value Customer

Jenis pemasaran ini, yang sangat bergantung pada promosi dari mulut ke mulut, adalah kebalikan dari pemasaran transaksional. Sistem itu mengabaikan konsekuensi dari suatu hubungan dan langsung melakukan penjualan. Mengembangkan strategi relation marketing yang kuat adalah langkah pertama untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan jangka panjang.

Kesimpulan

Meningkatkan relation marketing pastinya sangat baik untuk perusahaan Anda lakukan, karena dengan hal tersebut Anda juga bisa lebih terampil dan lebih produktif lagi untuk mengatasi permsalaahan selain dari menangani customer itu sendiri. Sociomile from Ivosights adalah salah satu hal yang dapat menjadi referensi Anda untuk meningkatkan relation marketing yang mutakhir dan komprehensif.  Karena mengintegrasikan 13 channel marketing dengan satu dashboard saja.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.