5 Solusi Agar Kegiatan Telesurvey Lebih Menarik

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 10 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesurvey. Shutterstock.

"Kegiatan telesurvey yang dilakukan menggunakan panggilan suara mungkin terdengar biasa dan membosankan. Simak beberapa cara agar kegiatan telesurvey lebih menarik"

Telesurvey sudah sering menjadi kegiatan wajib perusahaan dalam mencari kritik dan masukan dari pelanggan. Kegiatan yang satu ini juga dilakukan agar perusahaan bisa mendapatkan pengetahuan tentang kepuasan pelanggan mengenai produk dan layanan jasa yang perusahaan miliki. Dengan menggunakan aktivitas ini, perusahaan juga bisa meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan pelanggan. Selain untuk lebih dekat, aktivitas ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Lebih lanjut, telesurvey dilakukan dalam beberapa waktu sekali untuk memantau kepuasan pelanggan. Seringkali, kegiatan ini dilakukan saat perusahaan ingin meluncurkan produk atau layanan jasa terbaru tetapi ingin melihat terlebih dahulu target pasar mereka di kalangan pelanggan. Kegiatan ini dilakukan melalui panggilan telepon yang dilangsungkan oleh agen telesurvey perusahaan dan berlangsung dalam beberapa menit. 

Dalam kegiatan telesurvey ini, agen perusahaan akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar produk atau layanan jasa kepada pelanggan untuk mereka nilai seberapa puas pelanggan terhadap produk atau layanan jasa tersebut. Biasanya, di akhir pertanyaan, agen telesurvey akan menanyakan saran atau masukan kepada pelanggan untuk perusahaan yang nantinya akan disortir dan dipilih kembali apakah saran dan masukan tersebut bisa diaplikasikan untuk progress perusahaan kedepannya.

Baca Juga: 3 Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan: Salah Satunya dengan Telesurvey!

Telesurvey Saat Ini

Meskipun telesurvey merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan performa dan kinerja perusahaan, kegiatan yang satu ini seringkali tidak mendapatkan respon yang baik dari pelanggan. Agen telesurvey harus memilih banyak data dan informasi agar responden yang mereka pilih sesuai dan memiliki kemungkinan besar untuk menjawab panggilan telepon.

Hal ini karena ada beberapa kemungkinan yang menjadi alasan mengapa panggilan telepon dari perusahaan diabaikan oleh responden, salah satunya adalah karena panggilan telesurvey sudah ketinggal zaman dan terkesan kuno untuk dilakukan pada masa kini. Banyaknya perkembangan teknologi yang membuat komunikasi sesama manusia tidak lagi terpaku pada telepon saja, melainkan bisa melalui aplikasi bertukar pesan, media sosial, hingga games

Untuk itu, kegiatan telesurvey yang dilakukan melalui panggilan telepon saat ini kurang diminati dan hanya membuat perusahaan kekurangan responden. Maka dari itu, banyak perusahaan yang memutar otak untuk melakukan telesurvey tetapi melalui platform dan kondisi yang berbeda. Selain untuk mendapatkan responden yang tepat, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi biaya yang sebenarnya cukup mahal untuk dilakukan menggunakan saluran telepon konvensional saat melakukan telesurvey pada umumnya.

5 Solusi Agar Telesurvey Lebih Kelihatan Menarik

Setelah mengetahui alasan mengapa kegiatan panggilan telesurvey kurang diminati pada masa kini, mari kita bahas lebih lanjut beberapa solusi agar kegiatan telesurvey lebih kelihatan menarik bagi pelanggan serta membuat keuntungan bagi perusahaan saat melakukannya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

  • Dengan Barcode

Barcode adalah representasi angka dan karakter yang dapat dibaca mesin. Saat ini, garis-garis seperti yang ditunjukkan di bawah pada kemasan produk yang dijual di supermarket, minimarket, dan toko lainnya ada di mana-mana. Namun, Anda dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membuat barcode menjadi salah satu solusi agar telesurvey lebih kelihatan menarik untuk dilakukan.

Jika perusahaan atau bisnis Anda bergerak dibidang makanan atau minuman, buatlah kemasan produk yang menarik agar pelanggan ingin dan tertarik untuk membelinya. Selanjutnya, siapkan barcode di bungkus depan produk makanan atau minuman tersebut sehingga pelanggan mampu melihat dengan jelas barcode tersebut. Jangan lupa untuk menulis keterangan barcode yang bertujuan untuk melakukan telesurvey. Anda dapat mengarahkan barcode tersebut langsung ke halaman survei perusahaan sehingga lebih mudah untuk pelanggan dalam mengisi survei.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Telesurvey: Survei Berbasis Telepon

  • Sisipkan Bonus atau Promo

Pelanggan tentu saja senang dan tertarik jika mendapatkan promo atau bonus untuk sebuah produk atau layanan jasa. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan responden bagi perusahaan sehingga dapat dilihat dan dipastikan bahwa orang-orang yang menginginkan promo atau bonus harus melakukan telesurvey terlebih dahulu.

Promo atau bonus dapat menjadi hal yang menarik dan membuat perusahaan untung karena sudah pasti pelanggan menginginkan hal-hal tersebut. Namun, perlu diperhatikan untuk budget dan biaya yang harus disiapkan karena jika terlalu banyak tentu akan membuat perusahaan malah rugi. Batasi pemberian bonus atau promo sehingga hanya bisa didapatkan oleh beberapa responden saja.

  • Menggunakan WhatsApp Business

Siapa yang tidak tahu aplikasi WhatsApp? Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara pengguna WhatsApp terbanyak. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menggaet banyak responden untuk melakukan telesurvey. Alih-alih menggunakan aplikasi WhatsApp biasa, perusahaan dapat menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan kegiatan telesurvey ini. Manfaat yang didapatkan perusahaan adalah banyaknya kemungkinan mendapatkan responden yang banyak karena WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menarik perhatian responden.

  • Survei Menggunakan Google

Google memiliki banyak fitur dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan kegiatan telesurvey. Buatlah survei yang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ada dalam kegiatan telesurvey pada umumnya dan buatlah menjadi link yang bisa diakses oleh siapa saja sebagai responden. Banyak keuntungan dalam melakukan hal ini, beberapa di antaranya adalah perusahaan dapat melihat jumlah responden yang sudah menjawab pertanyaan serta tidak diperlukannya biaya saat melakukan aktivitas ini.

  • Melalui Platform Media Sosial

Media sosial memang menjadi platform terbaik untuk mendapatkan responden untuk melakukan telesurvey. Perusahaan dapat memanfaatkan media sosial milik perusahaan sendiri dan bisa menggunakannya untuk menarik responden sebanyak-banyaknya.

Jangan khawatir jika kegiatan telesurvey menjadi hal yang membosankan karena bisa dialokasikan dan dipikirkan jalan keluar serta solusinya dengan menggunakan kegiatan atau hal yang lebih menarik. Itulah 5 solusi agar kegiatan telesurvey menjadi lebih menarik. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami