Selain Agen Telesales, Ini Pilihan Karir di Dunia Telesales!

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Kamis, 02 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Selama ini, masih banyak orang yang mengira bahwa pekerjaan di dunia telesales hanya sekedar agen telesales saja. Padahal juga terdapat profesi lainnya, loh"

Profesi telesales adalah pekerjaan yang melibatkan penjualan produk atau layanan melalui telepon. Seorang agen telesales bertugas menghubungi calon pelanggan potensial, menjelaskan produk atau layanan yang dijual, dan membujuk calon pelanggan untuk membeli atau berlangganan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan memperluas jangkauan pasar. Selama ini, masih banyak orang yang mengira bahwa pekerjaan di dunia telesales hanya sekedar agen telesales saja. Padahal, selain agen telesales, juga terdapat profesi lain di dunia telesales, loh. Dalam artikel ini, Ivosights akan menjabarkan apa saja pekerjaan di dunia telesales yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan karier. Simak uraian dibawah ya

Apa Itu Dunia Telesales?

Profesi telesales adalah pekerjaan yang melibatkan penjualan produk atau layanan melalui telepon. Seorang agen telesales bertugas menghubungi calon pelanggan potensial, menjelaskan produk atau layanan yang dijual, dan membujuk calon pelanggan untuk membeli atau berlangganan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan memperluas jangkauan pasar.

Pilihan Karier di Dunia Telesales

Berikut adalah 10 pilihan karier dalam dunia telesales beserta penjelasannya:

  1. Telesales Executive - melakukan penjualan produk atau layanan melalui telepon.
  2. Telemarketing Supervisor - mengawasi dan memimpin tim telesales.
  3. Customer Service Representative - menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan melalui telepon.
  4. Sales Manager - mengelola dan mengembangkan bisnis melalui penjualan telepon.
  5. Lead Generation Specialist - mencari calon pelanggan potensial melalui telepon.
  6. Outbound Sales Agent - melakukan penjualan produk atau layanan kepada pelanggan melalui telepon.
  7. Telesales Trainer - memberikan pelatihan dan pengembangan kepada tim telesales.
  8. Telefundraiser - mengumpulkan dana melalui telepon untuk organisasi amal.
  9. Telesales Coordinator - mengkoordinasikan dan memantau aktivitas tim telesales.
  10. Market Research Caller - melakukan riset pasar melalui telepon.

Baca Juga: Profesi Agen Telesales: Deskripsi Kerja, Kualifikasi hingga Gajinya

Ruang lingkup pekerjaan dalam dunia telesales meliputi aktivitas penjualan, pelayanan pelanggan, pemasaran, dan riset pasar melalui kontak telepon. Keterampilan yang diperlukan termasuk komunikasi yang baik, persuasi, dan manajemen waktu.

Setiap pekerjaan dalam dunia telesales memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, namun umumnya memerlukan keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk bekerja dengan target. Kemampuan untuk bekerja dengan tekanan dan mengatasi kegagalan juga penting dalam dunia telesales.

Untuk bekerja dalam bidang telesales, seorang individu biasanya membutuhkan setidaknya pendidikan menengah atau sederajat. Banyak perusahaan juga mencari kandidat dengan pengalaman dalam penjualan dan/atau pelayanan pelanggan. Terkadang, perusahaan juga membutuhkan bahasa asing seperti bahasa Inggris atau bahasa lain yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan global.

Dunia telesales sangat kompetitif dan memerlukan kerja keras dan dedikasi untuk mencapai kesuksesan. Namun, bagi individu yang memiliki kemampuan dan tekad yang kuat, bidang ini dapat menawarkan peluang karir yang menjanjikan dan peningkatan gaji yang baik.

Berkarier di Dunia Telesales, Apa yang Perlu Disiapkan?

Untuk memulai karier dalam dunia telesales, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Pelajari tentang industri: Baca buku, artikel, dan laporan tentang dunia telesales dan perusahaan yang beroperasi di dalamnya.
  2. Cari lowongan kerja: Cari lowongan kerja di perusahaan-perusahaan yang beroperasi di dalam dunia telesales.
  3. Buat CV yang menarik: Buat CV yang menarik dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Sertakan pengalaman dan keterampilan yang relevan.
  4. Melatih keterampilan komunikasi: Latih keterampilan komunikasi dan persuasi untuk membantu Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan.
  5. Hadiri wawancara: Hadiri wawancara kerja dan berikan jawaban yang jelas dan terarah untuk setiap pertanyaan.
  6. Pelajari produk atau layanan: Pelajari produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan dan bagaimana mereka dapat membantu pelanggan.
  7. Dapatkan pelatihan: Dapatkan pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan untuk memahami dan melakukan tugas-tugas Anda dengan baik.
  8. Berlatih: Latihlah dengan membuat panggilan dan melakukan presentasi produk atau layanan.
  9. Tingkatkan kemampuan: Terus tingkatkan kemampuan dan keterampilan Anda untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 5 Skill Wajib Dimiliki Agen Telesales untuk Menggaet Hati Pelanggan

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda akan memiliki pondasi yang kuat untuk memulai karir Anda dalam dunia telesales dan memiliki peluang untuk berkembang dan sukses.

Tertarik Memiliki Layanan Telesales Profesional di Perusahaan Anda?

Perlu diingat bahwa tool validasi data telesales yang digunakan bisa saja berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kondisi perusahaan yang menggunakannya. Namun, Anda dapat menggunakan layanan Sociomile dari Ivosights yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami