Profesi Agen Telesales: Deskripsi Kerja, Kualifikasi hingga Gajinya

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Agen telesales tidak hanya berperan sebagai penghubung antara pelanggan dengan perusahaan, tetapi juga memudahkan proses telemarketing"

Berbicara mengenai telesales maka kita juga berbicara mengenai agen telesales. Salah satu profesi yang bisa diemban pada telesales adalah agen telesales. Pekerjaan yang umumnya menjadi ujung tombak kesuksesan telemarketing ini memang masih diminati banyak orang. Agen telesales tidak hanya berperan sebagai penghubung antara pelanggan dengan perusahaan, tetapi juga memudahkan proses telemarketing.

Nah, pada artikel ini, kamu akan mengetahui detail pekerjaan seorang agen telesales! Mulai dari deskripsi kerja, kualifikasi hingga gajinya! Buat kamu yang penasaran karena ingin menjadi seorang agen telesales, jangan lewatkan artikel ini!

Apa itu Agen Telesales?

Pada suatu bisnis telemarketing, agen telesales sangatlah dibutuhkan. Perannya adalah sebagai komunikator atau penghubung antara perusahaan dan pelanggan atau pihak luar lain yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Agen telesales harus memberikan layanan, biasanya melalui telepon, berupa tanggapan terhadap keluhan, keberatan, pertanyaan, dan masih banyak lagi.

Deskripsi Pekerjaan Agen Telesales

Nah, setelah kamu mengetahui fungsi dari seorang agen telesales, kamu juga harus memahami deskripsi pekerjaan seorang agen telesales. Di bawah ini adalah deskripsi pekerjaan agen telesales yang perlu kamu ketahui!

  • Memberikan Informasi kepada Pelanggan

Seorang agen telesales wajib memiliki kemampuan memberi informasi kepada pelanggan baik itu mengenai produk perusahaan maupun jasa perusahaan. Selain itu, pekerjaan ini mengandalkan kemampuan komunikasi sehingga sudah tidak heran jika salah satu kualifikasi wajib seorang agen telesales adalah mampu memberikan informasi.

  • Menjaga Citra Perusahaan

Selain memberikan informasi, seorang agen telesales juga berkewajiban menjaga citra dan nama baik perusahaan. Oleh karena itu seorang agen telesales perlu memberikan pelayanan yang ramah, sopan, serta profesional demi menjaga citra perusahaan.

  • Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Seorang agen telesales yang terus berkomunikasi dengan pelanggan adalah orang yang paling berpotensi menarik perhatian pelanggan sehingga tentunya seorang agen telesales juga wajib menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan agar mereka percaya pada kita

  • Memberikan Solusi kepada Pelanggan

Selain menjaga hubungan dengan pelanggan, seorang agen telesales juga bekerja untuk menjawab pertanyaan dari semua pelanggan. Agen telesales harus mampu memberikan solusi terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan seperti kebijakan, prosedur, aturan, produk, hingga jasa. Hal ini wajib dilakukan karena bisa membantu menjaga loyalitas pelanggan dan citra baik perusahaan.

  • Menjadi Perantara Pelanggan dan Perusahaan

Tugas lain dari seorang agen telesales adalah tentunya menjadi perantara langsung dari pelanggan dan perusahaan. Jika seorang agen telesales menerima keluhan dari seorang pelanggan, makai a berkewajiban meneruskan keluhan tersebut pada pihak manajemen perusahaan sehingga perbaikan dapat dilakukan.

Kualifikasi Menjadi Agen Telesales

  • Keterampilan Mengelola Waktu

Seorang agen telesales harus mampu melayani pelanggan dengan baik tanpa membuang-buang waktu. Agen telesales harus mengatur waktu sesuai jam kerja yang berlaku di perusahaan secara efektif. Selain menjaga hubungan dengan seorang pelanggan, agen telesales yang pintar mengelola waktu agar tidak tersita oleh pelanggan adalah suatu kelebihan.

  • Kemampuan Membaca Pelanggan

Kemampuan yang satu ini menjadi kualifikasi yang sangat penting dalam proses personalisasi dan memberikan pengalaman pribadi pada pelanggan. Seorang agen telesales yang mudah membaca pelanggan tentu akan memudahkan seluruh pekerjaannya juga.

  • Keterampilan Persuasif

Agen telesales bukan cuma melayani pelanggan, tetapi juga harus bisa menjual produk atau jasa perusahaan. Hal ini memungkinkan seorang agen telesales berketerampilan persuasif. Satu kualifikasi ini akan sangat menguntungkan perusahaan.

  • Berbahasa dengan Komunikasi yang Baik

Tentunya kualifikasi yang satu ini bersifat wajib jika kamu tertarik menjadi seorang agen telesales. Hal ini karena agen telesales akan banyak berbicara entah itu kepada pelanggan ataupun perusahaan. Pastikan kalau kamu ingin menjadi seorang agen telesales kamu juga menyukai berbahasa dan berkomunikasi dengan banyak orang.

  • Pendidikan S1 Komunikasi atau Sejenis

Menjadi seorang agen telesales sebenarnya tidak memerlukan pendidikan khusus, akan tetapi biasanya untuk menjadi agen telesales dibutuhkan mereka yang lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi karena pada program studi ini dipelajari ilmu-ilmu yang membekali deskripsi kerja agen telesales. Namun, untuk beberapa perusahaan, agen telesales juga bisa datang dari lulusan berjurusan Ilmu Administrasi, Manajemen, Bisnis dan Jurusan relevan lainnya.

Gaji Agen Telesales

Seorang agen telesales umumnya dibutuhkan pada hampir seluruh bidang layanan publik seperti perusahaan komunikasi, perbankan, jasa transportasi, bahkan e-commerce. Untuk variasi gaji agen telesales tentunya berbeda-beda tergantung jenis layanan yang kamu kerjakan. Akan tetapi, umumnya rentang gaji seroang agen telesales adalah sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000. Cukup menjanjikan, bukan?

Nah itu dia semua detail pekerjaan seorang agen telesales yang bisa kamu pelajari. Saat ini kamu sudah mengetahui serba-serbi mengenai agen telesales. Jika tertarik menjadi agen telesales, pastikan kamu menyiapkan seluruh kualifikasinya, ya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami