Penyebaran Pamflet atau Telesales, Lebih Efektif Mana untuk Penjualan?

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 25 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Penjualan produk maupun layanan perusahaan dapat dilakukan menggunakan pamflet maupun teknik telesales. Kira-kira mana yang lebih efektif?"

Untuk meningkatkan hasil penjualan produk maupun layanannya, pihak perusahaan harus menyusun strategi dengan tepat. Beberapa teknik yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dapat berupa penyebaran pamflet. Namun, perkembangan saat ini juga memunculkan solusi berupa telesales, yaitu penjualan produk yang dilakukan melalui saluran telepon. Lalu, mana di antara keduanya yang lebih efektif untuk penjualan produk maupun layanan perusahaan? Untuk mengetahuinya, simak artikel di bawah ini.

Tujuan dari Penggunaan Pamflet dalam Penjualan

Inilah beberapa tujuan dari penggunaan pamflet dalam melakukan penjualan produk maupun layanan perusahaan:

  • Penyebaran Informasi

Dengan menyediakan informasi yang relevan dan menarik dalam pamflet, Anda dapat memperkenalkan produk, acara, atau layanan kepada calon pelanggan dengan jelas dan mudah dipahami.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Pamflet juga akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand perusahaan Anda. Anda juga harus mencantumkan logo, slogan, dan elemen desain yang mencerminkan identitas perusahaan sehingga mudah diingat dan dikenali oleh para pelanggan.

  • Mengarahkan Pelanggan ke Lokasi Tertentu

Pamflet juga seringkali mencantumkan alamat fisik atau informasi kontak perusahaan. Dengan ini, pelanggan akan lebih mudah untuk menghubungi bahkan datang langsung ke alamat perusahaan Anda.

  • Mendorong Tindakan dari Pelanggan

Selain menyampaikan informasi, pamflet juga dapat mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi website Anda, mendaftar acara, atau membeli produk Anda.

Apa Itu Konsep dari Telesales?

Telesales merupakan sebuah metode pemasaran yang dilakukan dengan teknologi telekomunikasi, misalnya saluran telepon. Metode ini mengharuskan agen atau pihak sales perusahaan untuk menghubungi calon konsumen untuk menawarkan produk atau layanan secara langsung.

Baca juga: 5 Perbedaan Telesales dan Telemarketing yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Kelebihan Teknik Telesales untuk Tingkatkan Penjualan

  • Interaksi Langsung

Teknik telesales memudahkan perusahaan untuk dapat berinteraksi langsung dengan calon konsumen. Dengan gini, agen atau sales bisa menjelaskan produk atau layanan dengan lebih mendalam serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh calon pelanggan.

  • Personalisasi Penawaran

Dalam telesales, agen atau sales dapat melakukan personalisasi penawaran sesuai dengan kebutuhan dan preferensi calon pelanggan. Dengan ini, persentase berhasilnya penjualan akan meningkat.

  • Mengatasi Keberatan Konsumen

Teknik telesales memungkinkan agen atau sales untuk mengatasi keberatan atau keraguan yang berasal dari calon pelanggan. Hal ini dapat membantu mengubah calon konsumen menjadi pelanggan yang sebenarnya.

  • Mengukur Efektivitas

Dengan teknik telesales, perusahaan dapat mengukur tingkat keberhasilan kampanye pemasaran secara akurat. Hal ini dilakukan dengan menganalisis data terkait tingkat penjualan, tingkat keberhasilan penawaran, dan respon calon konsumen.

Lebih Efektif Mana: Penyebaran Pamflet atau Teknik Telesales?

Dalam mencari cara yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan, penting bagi Anda untuk membandingkan antara penyebaran pamflet dan teknik telesales:

  • Penyebaran Pamflet

Penyebaran pamflet dapat menjangkau orang secara luas, terutama di lokasi strategis. Namun, pamflet tidak dapat memberikan interaksi langsung dengan calon pelanggan dan sulit untuk mengukur efektivitas kampanye secara akurat.

  • Teknik Telesales

Sementara itu, teknik telesales unggul dalam mengadakan interaksi langsung antara agen dengan calon pelanggan, personalisasi penawaran, dan kemampuan untuk mengatasi keberatan pelanggan. Selain itu, teknik ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengukur efektivitas kampanye dengan lebih baik.

Baca juga: 6 Langkah Sukses Penjulan Telesales

Gunakan Bantuan Sociomile untuk Memudahkan Kinerja Para Agen Telesales

Dengan mempertimbangkan kelebihan teknik telesales dalam meningkatkan penjualan, maka teknik ini dinilai cenderung lebih efektif daripada penyebaran pamflet. Namun, perlu diingat juga bahwa setiap perusahaan memiliki perbedaannya masing-masing dari segi kebutuhan dan karakteristiknya sehingga strategi pemasaran juga harus disesuaikan. Anda juga bisa mengkombinasikan kedua teknik ini untuk mencapai cara yang lebih optimal.

Sesuai dengan konsep namanya, telesales membutuhkan platform pendukung komunikasi lewat suara dengan para pelanggannya. Salah satu di antaranya adalah Sociomile, sistem CRM yang mendukung integrasi media sosial hingga komunikasi lewat telepon. Sistem ini mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dan voice sehingga para agen telesales cukup mengaksesnya dari satu dashboard utama saja.

Sociomile juga mendukung panggilan inbound dan outbound untuk layanan call center sehingga layanan ini juga dapat difungsikan untuk pengajuan keluhan para pelanggan perusahaan Anda. Apalagi, agen dapat mengakses platform ini dari rumahnya masing-masing berkat adanya teknologi IP PBX Telephony. Segeralah hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan solusi terbaik yang mendukung peningkatan penjualan produk perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami