Telesales: Pekerjaan dan Kualifikasinya

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 23 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Telesales memiliki peran penting untuk perusahaan dalam meningkatkan penjualan. Kami akan jelaskan lebih lanjut tentang pekerjaan dan kualifikasi agen telesales"

Ada banyak kekeliruan umum dari masyarakat tentang telesales. Hal itu karena telesales merupakan bagian dari agen pemasaran yang berfungsi dalam menjual produk atau layanan jasa. Karenanya, banyak orang menyamaratakan setiap penjualan yang dilakukan oleh agen perusahaan merupakan telesales. Pemikiran tersebut tentu saja salah karena telesales memiliki pekerjaannya sendiri serta kualifikasi yang berbeda dari agen pemasaran lain. Selain itu, telesales seringkali dikait-kaitkan dengan agen telemarketing. Memang, dari segi pekerjaan kedua bidang tersebut terlihat memiliki peran dan fungsi yang serupa untuk perusahaan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kedua pekerjaan ini berbeda dan ditangani oleh karyawan yang berbeda pula. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail tentang pekerjaan dan kualifikasi telesales. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pekerjaan Telesales

Apa pekerjaan yang dilakukan telesales sehari-hari? Berikut adalah penjelasannya:

  • Direct Sales

Pekerjaan telesales yang paling utama dari beberapa jobdesk mereka adalah menghubungi pelanggan dan memberi tahu mereka tentang produk dan layanan baru perusahaan. Mereka biasanya menggunakan database untuk mengidentifikasi pelanggan yang telah membeli produk perusahaan. Direct sales sangat dibutuhkan perusahaan untuk membuat kemungkinan peningkatan penjual meningkat dalam waktu dekat.

Biasanya, agen telesales menggunakan skrip dan metode penjualan langsung yang dapat menjawab semua kebutuhan pelanggan. Nah, tujuannya dengan penjualan langsung ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya operasional tim penjualannya. Selain itu, direct sales juga memiliki dampak positif dalam berinteraksi dengan pelanggan karena mampu menerima tanggapan yang cepat seperti persetujuan pembelian barang ataupun penolakan.

Baca Juga: Intip Kelebihan dan Kekurangan Direct Sales pada Telesales

  • Lead Generation

Lead generation adalah tugas utama lainnya dari agen telesales mana pun yang memiliki fungsi untuk memengaruhi kesuksesan tim penjualan perusahaan. Mengapa ini dapat terjadi? Hal ini karena fokus pada lead generation sangat efektif dalam meningkatkan jumlah konversi pelanggan baru. Pekerjaan agen telesales yang satu ini juga mampu menembus target perusahaan untuk mengajak banyak pelanggan baru untuk yakin dan tertarik secara positif untuk membeli produk perusahaan.

Dalam praktiknya, agen telesales harus menghubungi pelanggan potensial yang telah menanggapi iklan atau kampanye pemasaran perusahaan mereka. Karyawan perusahaan juga harus mengajukan beberapa pertanyaan kepada calon pelanggan tentang minat mereka untuk membeli produk perusahaan tersebut. Setelah itu, agen telemarketing kemudian dapat meneruskan ketertarikan dan keinginan pembeli kepada tim penjualan untuk diproses lebih lanjut.

  • Customer Service

Costumer service adalah pekerjaan lainnya dari telesales yang memiliki peran sangat penting. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa perwakilan lapangan telesales perlu bertanggung jawab atas layanan pelanggan. Faktanya, inisiatif ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggannya. Telesales ditugaskan untuk memverifikasi detail dan memperbarui catatan kontak. 

Telesales dalam posisi ini juga harus memberi tahu pelanggan tentang produk dan layanan baru yang relevan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Jika pelanggan Anda memiliki pertanyaan tentang pengiriman atau kualitas produk, telesales dapat memberikan jawaban detail tentang itu. Selain itu, telesales juga  harus menghubungi pelanggan setelah menyelesaikan proses penjualan untuk meninjau pengalaman pembelian pelanggan.

  • Order Processing

Tidak jarang manajer penjualan menugaskan karyawan telesales untuk menangani pesanan produk, atau yang disebut pemenuhan pesanan, dari pelanggan perusahaan. Inisiatif ini dilakukan untuk mengurangi waktu yang dihabiskan tim penjualan untuk pembelian berulang dan fokus membangun hubungan bisnis baru dengan pelanggan. Telesales juga dapat menawarkan produk atau layanan tambahan nanti saat pelanggan memesan melalui telepon.

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Dilakukan Telesales Saat Jaringan Contact Center Jelek

Kualifikasi Agen Telesales

  • Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Komunikasi dalam dunia bisnis merupakan hal paling utama agar penjualan yang dilakukan bisa meningkat dan mendapatkan banyak pelanggan setia baru. Selain itu, komunikasi yang baik juga bisa menumbuhkan rasa percaya pelanggan terhadap suatu produk atau perusahaan. Untuk itu, kualifikasi utama untuk agen telesales adalah kemampuan mereka dalam berkomunikasi.

Kemamnpuan berkomunikasi yang baik harus dilakukan oleh agen telesales karena mereka memiliki banyak interaksi dengan pelanggan. Kemampuan berkomunikasi yang baik juga akan mendatangkan rasa nyaman dari pelanggan karena adanya komunikasi baik yang terjalin antara kedua belah pihak. Akan menjadi masalah yang serius jika komunikasi yang terjalin tidak baik dan malah akan mengurangi kesempatan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru.

  • Kemampuan dalam Menjelaskan Produk

Dalam memasarkan produk atau layanan jasa perusahaan, agen telesales harus memiliki kemampuan dasar yang baik dalam menjelaskan produk. Ada banyak produk atau layanan jasa dari perusahaan yang memiliki fungsi atau manfaat yang sulit dimengerti jika hanya sekedar membacanya dalam deskripsi produk.

Untuk itu, kemampuan dalam menjelaskan produk merupakan hal penting untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Jangan sampai ada agen telesales yang tidak mampu menjelaskan produk dengan baik karena kurang dapat melatih kata-katanya dan berakhir membingungkan pelanggan. Untuk itu, sebagai agen telesales, sudah sebaiknya Anda melakukan latihan dalam melakukan penjelasan tentang suatu produk.

  • Kemampuan Persuasif

Penjualan produk tentu tidak akan dapat meningkat jika agen telesales tidak memiliki kemampuan persuasif yang jitu. Selain itu, kemampuan persuasif ini dimaksudkan agar pembeli dapat melakukan pembelian secara cepat agar meningkatkan penjualan perusahaan. Terlebih, kemampuan persuasif sangat dibutuhkan agar kemampuan penjualan dan kinerja karyawan telesales dapat meningkat dan terlihat jelas untuk dievaluasi.

Telesales memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna bagi perusahaan. Keberadaannya membuat peningkatan penjualan berjalan dengan baik bagi perusahaan. Itulah beberapa penjelasan tentang apa saja yang dilakukan oleh agen telesales dan apa kualifikasinya jika Anda ingin menjadi telesales untuk jenjang karir kedepannya. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami