Intip Kelebihan dan Kekurangan Direct Sales pada Telesales

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Direct sales merupakan proses penjualan suatu produk secara langsung tanpa pihak orang ketiga"

Dalam dunia telesales, petugas sales memiliki beberapa peran penting yang harus dijalani seperti misalnya melakukan lead generation yang berfungsi untuk meningkatkan konversi pelanggan baru, menjadi customer service, hingga melakukan order processing. Pada artikel ini kamu akan mempelajari salah satu deskripsi kerja telesales yang paling penting yakni menjalankan direct sales! Deskripsi kerja yang satu ini adalah kualifikasi jelas yang harus dimiliki seorang telesales. Penerapannya juga membutuhkan usaha ekstra agar bisa berhasil mencapai target yang memuaskan. Lalu, apa, sih, sebenarnya direct sales itu? Bagaimana cara efektif menjalankan direct sales? Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Apa Itu Direct Sales?

Direct sales diartikan sebagai proses penjualan suatu produk secara langsung tanpa pihak orang ketiga. Dengan kata lain, sales adalah orang yang akan langsung mendatangi langsung target pasar atau konsumennya untuk menjual, mengenalkan, dan menawarkan produk tertentu. Maka bukan hal yang aneh jika petuga telesales wajib mampu melakukan direct sales karena pada hakikatnya taleseles sangat mungkin melakukan outbound.

Yang perlu diingat, direct sales tidaklah sama dengan direct marketing. Jika dalam direct marketing biasanya perusahaan akan berusaha mengiklankan produknya langsung ke pelanggan melalui iklan, email, brosur, dan lain-lain, maka direct selling adalah ketika distributor berhadapan langsung dengan konsumen.

Kelebihan Direct Sales

Mempelajari direct sales rasanya tidak cukup jika belum mengenal kelebihan-kelebihannya. Apa sajakah kelebihan dan potensi yang ditawarkan dari teknik direct sales? Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang bisa kamu catat!

  • Bisnis Lebih Mampu Berkembang

Konsep direct sales memungkinkan penjual untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen. Sebagai sales yang ingin berkembang, cara ini akan membuatmu mudah mendapat kritik serta saran membangun langsung dari konsumen karena kontak langsung dari teknik direct sales.

  • Membangun Kepercayaan Pelanggan

Strategi pemasaran yang satu ini adalah kunci sukses untuk menjaga hubungan di antara pelanggan dan penjual. Secata efektif, pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan penjual tanpa perantara lagi. Melalui direct sales, selain kritik dan saran bisa mengembangkan bisnis, sebagai gantinya rasa percaya pelanggan juga meningkat dengan baik.

  • Biaya Pemasaran yang Murah

Direct sales atau penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dengan biaya rendah. Menerapkan metode ini sudah dipastikan bisa menghindari perusahaan dari biaya iklan, pemasaran dan overheard.  berbiaya rendah.

  • Model Bisnis yang Menguntungkan

Menurut World Direct Sales Association, direct sales terbukti telah menjadi model bisnis yang cukup menjanjikan mengingat pertumbuhannya terus membesar tiap tahun. Tentunya kamu tidak ingin bergelut di dalam suatu bisnis yang merugikan dan berpotensi gagal, maka model bisnis ini bisa kamu coba untuk meningkatkan keuntungan!

Kekurangan Direct Sales

Seperti halnya berbisnis yang lekat dengan konsep untung rugi, direct sales juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Kekurangan tersebut sebenarnya memiliki solusi dan masih bisa diatasi jika akarnya sudah diketahui dan dipelajari dengan jelas. Berikut adalah kekurangan direct sales yang perlu kamu ketahui!

  • Membutuhkan Waktu

Jika ada satu kekurangan dari teknik direct sales, maka itu terletak pada konsumsi waktu. Hasil dari teknik direct sales tidak bisa langsung kamu rasakan sebab teknik juga membutuhkan terbangunnya kepercayaan konsumen terhadap kita terlebih dahulu. Apabila konsumen tidak percaya pada kita, maka direct sales hanya akan menjadi iklan lewat bagi mereka. Direct sales tidak bisa dilakukan secara instan sehingga akan memakan banyak waktu dan tenaga penjual untuk gambling.

  • Membutuhkan Konsistensi

Dengan banyaknya waktu dan tenaga yang harus dikerahkan untuk mendapatkan pelanggan, direct sales baru bisa dikatakan berhasil jika sudah dilakukan dengan konsisten berjangka waktu panjang. Kebanyakan keberhasilan direct sales memang datang dari loyalitas pelanggan yang sudah percaya pada konsistensi penjual membesarkan bisnisnya.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan teknik pemasaran direct sales. Setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki teknik ini, bisa disimpulkan bahwa salesman atau orang-orang yang bergerak dalam hal penjualan merupakan satu ujung tombak penting dalam pemasaran. Ini bisa menjadi tugas bagi semua perusahaan untuk meningkatkan kualitas seorang salesman demi keberhasilan direct sales.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami