Pahami Peran dan Etika Telesales Supaya Terlihat Profesional

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock

"Artikel ini akan membahas peran penting telesales dalam bisnis dan bagaimana etika yang harus diterapkan oleh seorang agen telesales"

Telesales memainkan peran penting dalam strategi pemasaran dan penjualan produk maupun layanan perusahaan. Hal ini disebabkan karena para agen bertugas secara langsung menjalin hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhannya, dan membantu dalam proses pembelian. Namun, disamping itu agen telesales juga perlu memahami pentingnya menjaga etika dalam interaksi dengan pelanggan. Sebelum memahami bagaimana agen telesales seharusnya beretika, Anda akan diperkenalkan dahulu dengan istilah telesales itu sendiri.

Pengertian Telesales

Telesales merupakan sebuah metode pemasaran produk atau layanan yang dilakukan melalui komunikasi jarak jauh. Metode ini melibatkan sales atau tim penjualan untuk memperkenalkan produk atau layanan, menjelaskan manfaatnya, melakukan negosiasi, dan mengarahkan pelanggan menuju pembelian. Telesales juga dapat menjadi cara alternatif yang efisien untuk mencapai pelanggan dengan jarak yang jauh. Cara ini dapat mengurangi biaya operasional serta mempercepat proses penjualan.

Baca juga: Hal-Hal yang Mendasari Keberhasilan Seorang Telesales

Peran Telesales dalam Dunia Bisnis

Berkat manfaat yang diberikannya, telesales memiliki peran yang penting dalam dunia bisnis. Berikut adalah beberapa peran utama dari seorang telesales:

  • Menghubungi dan Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Agen telesales bertugas menghubungi atau calon pelanggan melalui telepon atau bentuk komunikasi jarak jauh lainnya. Agen telesales juga diwajibkan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada. Hal ini dilakukan dengan berinteraksi dengan pelanggan secara teratur, mendengarkan kebutuhan mereka, dan memberikan dukungan yang diperlukan.

  • Mempresentasikan Produk atau Layanan

Dari panggilan yang dilakukan, agen diharuskan memperkenalkan produk atau layanan perusahaan kepada calon pelanggan. Informasi tentang produk tersebut dapat berupa fitur, manfaat, keunggulan, hingga harganya. Agen harus berusaha meyakini pelanggan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar layak dibeli.

  • Meningkatkan Penjualan

Untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan, agen telesales bisa menggunakan keterampilan persuasif dan negosiasi. Dengan dua keterampilan itu, target penjualan akan lebih mudah tercapai.

  • Mendapatkan Informasi Pelanggan

Agen telesales dapat mengumpulkan informasi penting dari pelanggan yang berpotensi, seperti preferensi, kebutuhan, dan masalah yang mungkin dihadapi. Semua informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi penjualan di masa depan.

  • Menyediakan Dukungan dan Layanan Pelanggan

Selain menjual produk atau layanan, agen telesales juga dapat memberikan dukungan dan layanan pelanggan. Dukungan yang diberikan contohnya memberikan solusi untuk masalah, menjawab pertanyaan, memberikan informasi tambahan, dan memfasilitasi permintaan atau kebutuhan pelanggan.

  • Melaporkan dan Menganalisis Data

Terakhir, agen telesales diharuskan melaporkan hasil penjualan, peluang baru, dan tren pasar kepada manajemen. Mereka juga bertugas menganalisis data penjualan untuk meningkatkan strategi penjualan perusahaan.

Etika yang Harus dimiliki Agen Telesales 

Seorang telesales harus memerhatikan etika untuk menjaga integritas perusahaan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam telesales:

  • Kehormatan dan Penggunaan Data Pelanggan dengan Bijak

Telesales wajib menghormati privasi dan keputusan setiap pelanggannya. Lindungi informasi pribadi dan data pelanggan yang diberikan kepada perusahaan. Pastikan semua data pelanggan disimpan dengan aman. Hindari juga menggunakan informasi pribadi yang diperoleh secara tidak sah atau berbagi data pelanggan tanpa izin.

  • Keterbukaan dan Kejujuran

Berikan informasi yang jelas secara jujur mengenai harga, kebijakan pengembalian barang, dan ketentuan lainnya dalam produk atau layanan yang ditawarkan. Hindari menggunakan taktik penjualan yang manipulatif. 

  • Pendekatan Menghargai dan Bersahabat

Jaga sikap profesional dan ramah dalam berinteraksi dengan pelanggan. Dengarkan dengan seksama dan hormati kebutuhan serta kekhawatiran mereka. Hindari menggunakan bahasa yang agresif, menyinggung, atau merendahkan. Bekerjalah untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

  • Izin Pelanggan

Pastikan agen telesales hanya menghubungi pelanggan yang memberikan izin atau berminat untuk menerima komunikasi lanjutan. Penting bagi agen untuk selalu menghormati preferensi mereka.

  • Penanganan Keluhan dan Masalah

Tanggapi keluhan atau masalah pelanggan dengan cepat dan profesional. Dengarkan dengan empati, berikan solusi yang memadai, dan ikuti prosedur penyelesaian masalah yang telah ditetapkan.

Baca juga: Menerapkan Teknik Marketing yang Tepat untuk Telesales

Agen Telesales dengan Kualitas Terbaik Bisa Anda Dapatkan di Ivosights!

Sekarang Anda sudah tau bagaimana agen telesales berperan penting dalam dunia bisnis. Tanpa adanya perantara berupa telesales, bisnis akan kesulitan untuk mencapai target penjualan dan menjalin hubungan baik dengan para pelanggannya. Tertarik menggunakan jasa telesales? Kebetulan sekali, Ivosights menyediakan layanan telesales dengan kualitas terbaik.

Performa para agen telesales akan terbantu dengan layanan Sociomile, sistem contact center. Selain mengintegrasikan beberapa platform dalam satu dashboard, Sociomile juga menyediakan fitur agents monitoring secara real time. Yuk, dapatkan layanan CRM Sociomile ini hanya dari Ivosights, sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami