Mau Berkarier sebagai Telesales? Simak Tipsnya!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 20 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Berkarir sebagai telesales itu susah-susah gampang, lho! Simak tipsnya di bawah ini"

Meskipun terlihat hanya sebatas menawarkan produk atau layanan jasa sebuah perusahaan, pekerjaan telesales juga memiliki tips dan hal-hal yang perlu dikuasai. Bukan hanya sekedar layanan perusahaan untuk bagian pemasaran, telesales juga diharapkan untuk meningkatkan penjualan. Ini tentu tidak mudah dan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengerjakannya. Telesales juga memegang harapan besar untuk perusahaan dalam menggaet pelanggan setia. Pelatihan yang lama juga membuat pekerjaan ini membutuhkan kesempurnaan dalam berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan perusahaan juga tidak sedikit dalam memperkerjakan telesales. Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut tentang berkarir sebagai telesales dan tips-tips untuk pekerjaan ini.

Karir sebagai Telesales

Di era modern saat ini, perusahaan membutuhkan banyak tenaga untuk memasarkan produk. Selain itu, luasnya peluang untuk mendapatkan keuntungan lewat media sosial juga memberikan banyak ide bagi perusahaan untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ingin bergelut di bidang telesales! Luasnya jenjang karir pada pekerjaan ini membuat telesales masih dibutuhkan oleh perusahaan.

Perlu Anda ketahui bahwa telesales memiliki banyak tingkatan dalam sebuah perusahaan seperti staf, supervisor, hingga manajer. Ini membuka peluang yang sangat besar bagi Anda yang suka dalam bida menawarkan produk atau layanan jasa serta senang berinteraksi dengan banyak orang. Berkarir sebagai telesales juga memberikan peluang untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan tenaga pekerjaan ini. Jadi, tidak perlu khawatir dan berpikir bahwa menjadi telesales tidak memiliki masa depan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Telesales

Tips Menjadi Telesales

  • Kenali Dulu Minat dan Bakat

Meskipun hanya terlihat sebagai pekerjaan yang menawarkan barang atau layanan jasa, menjadi telesales ternyata tidak semudah itu, lho! Ada banyak hal yang harus dikuasai agar pekerjaan yang dijalani tidak menjadi beban dan memberatkan pekerjanya. Tips pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi telesales adalah mengenali terlebih dahulu minat dan bakat yang ada pada diri Anda.

Gali potensi yang ada dalam diri Anda terhadap suatu produk atau bisnis. Kenali terlebih dahulu apa yang Anda inginkan jika menjadi telesales. Pikirkan fokus bisnis apa yang cocok untuk Anda, misalnya Anda ingin bergelut dalam bidang makanan, perbankan, atau mungkin bisnis perhotelan. Dengan begini, Anda dapat dengan mudah menjalani pekerjaan sehingga cocok untuk kepribadian dan bakat yang Anda miliki.

  • Dapat Bersosialisasi dengan Baik

Adalah suatu yang mustahil jika seorang telesales tidak dapat bersosialisasi dengan baik. Saat bekerja, telesales tentu harus melakukan banyak sosialisasi dengan atasan maupun pelanggan. Tanpa adanya kemampuan sosialisasi yang baik, pekerjaan ini tidak bisa dijalankan dengan baik. Sosialisasi yang baik juga akan mendatangkan pelanggan dan akan meningkatkan penjualan bagi perusahaan.

Untuk itu, pikirkan matang-matang apakah Anda dapat bersosialisasi dengan baik atau tidak jika bekerja sebagai telesales. Beberapa orang mungkin akan merasa energinya terkuras saat berinteraksi terlalu banyak dengan orang lain, hal ini tentu menjadi efek negatif untuk diri Anda sendiri jika terjadi seusai bekerja. Pastikan bahwa Anda sebagai telesales mampu bersosialisasi secara layak agar produk yang ditawarkan pun dapat lebih cepat terjual.

Baca Juga: 5 Skill Wajib Dimiliki Agen Telesales untuk Menggaet Hati Pelanggan

  • Mampu Berkomunikasi dengan Orang Lain

Tips lain untuk menjadi telesales adalah mampu berkomunikasi dengan orang lain. Setiap orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang berbeda-beda, tetapi hal ini harus menjadi poin utama bagi seorang telesales karena pekerjaannya selalu menyangkut komunikasi dengan orang lain. Jika Anda bukanlah tipe yang mampu berkomunikasi dengan orang lain secara baik, maka pikirkanlah matang-matang untuk mengambil pekerjaan ini.

Jangan sampai Anda kewalahan sendiri dalam menghadapi keluhan dan kritikan pelanggan dan malah menurunkan kinerja pekerjaan Anda sendiri sebagai telesales. Pikirkan juga apakah Anda mampu menangani pelanggan yang cerewet saat ditawarkan produk atau layanan jasa perusahaan. Jangan sampai kesulitan dalam menjawab pertanyaan pelanggan dan membuat mereka tidak puas dengan layanan perusahaan.

  • Mampu Meriset dan Mengolah Data

Tips untuk lain untuk Anda yang ingin berkarir dalam bidang telesales adalah mampu meriset dan mengolah data. Kemampuan yang satu ini sangat berguna dan penting bagi Anda untuk meningkatkan kinerja serta melihat target pasar agar tidak salah sasaran dalam menjual sebuah produk atau jasa. Selain itu, tips yang satu ini juga berguna bagi telesales untuk melihat potensi pelanggan yang setia pada perusahaan.

Kemampuan meriset dan mengolah data dilakukan pada momen sebelum menelepon pelanggan. Telesales akan melihat dan mengecek data-data calon pelanggan untuk disortir sesuai kebutuhan mereka. Tentu saja telesales tidak menelepon sembarang orang untuk ditawarkan, mereka akan menelepon orang-orang yang berpotensi untuk melakukan pembelian terhadap apa yang mereka tawarkan. Maka dari itu, sebelum melamar pada bidang ini, pastikan bahwa Anda mampu meriset dan mengolah data agar memudahkan Anda dalam mempraktekkan pekerjaan ini.

  • Mau Menghafal

Meskipun tidak selalu menjelaskan tentang suatu produk atau layanan jasa. Telesales memiliki kewajiban untuk menjelaskan produk atau layanan jasa kepada pelanggan lewat panggilan telepon. Tips menjadi telesales yang terakhir adalah keamuan yang tinggi dalam menghafal serta mengingat. Ini akan sangat membantu jika Anda tidak sempat menyiapkan atau menulis catatan sebelum melakukan panggilan telepon.

Meskipun terkadang berbeda dari apa yang dipelajari, pekerjaan memang memiliki tantangannya masing-masing. Untuk itu dibutuhkan keahlian dan tips-tips khusus agar orang yang melamar pekerjaan tersebut sesuai dan merasa cocok saat mengerjakannya, begitu pula dengan telesales. Itulah beberapa penjelasan singkat tentang berkarir sebagai telesales serta tips-tips yang berguna untuk Anda jika ingin menggeluti bidang ini. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami